Saat Si Kecil sudah memasuki usia 6 bulan, ia akan mulai makan MPASI. Bunda pasti ingin memastikan ia selalu mendapat nutrisi yang terbaik. Namun, bagaimana bila Bunda dan Si Kecil sedang travelling? Yuk, simak tipsnya di bawah ini.

Sejak lahir hingga berusia 6 bulan, asupan nutrisi bayi cukup hanya dari ASI atau susu formula saja. Setelah berusia di atas 6 bulan, bayi membutuhkan lebih banyak energi. Oleh karena itu, Bunda dianjurkan untuk memberikan makanan pendamping ASI atau MPASI.

Tips Menyiapkan MPASI Saat Travelling - Alodokter

Ini Tips Menyiapkan MPASI Saat Travelling

Memberi makan Si Kecil ketika Bunda dan keluarga sedang dalam perjalanan ke suatu tempat bisa jadi memusingkan. Di rumah, Bunda didukung dengan alat dan bahan yang lengkap untuk memasak makanan Si Kecil, lain halnya bila Bunda berada di suatu tempat baru.

Agar menyiapkan MPASI untuk buah hati tidak jadi merepotkan, tips di bawah ini cocok untuk Bunda terapkan ketika pergi berlibur. Ini tips-tipsnya:

1. Bawa makanan instan khusus bayi

Ketika bepergian, Bunda bisa membawa MPASI instan dengan aneka rasa. Pilihlah rasa yang disukai Si Kecil agar ia lahap. Pastikan Bunda tidak lupa membawa termos yang berisi air hangat untuk melarutkan bubur bayi ini, ya.

Bunda juga harus memerhatikan tekstur MPASI. Pastikan MPASI instan yang diberikan pada Si Kecil memiliki tekstur yang sesuai usianya. Dikhawatirkan, Si Kecil jadi tidak mau makan karena bubur yang Bunda berikan tidak cocok untuknya.

Bayi yang baru saja mengenal MPASI dianjurkan untuk mengonsumsi makanan padat yang dihancurkan hingga halus menjadi bubur atau puree. Sedangkan bila Si Kecil sudah mahir mengunyah, Bunda bisa mulai menaikkan tekstur makanan menjadi agak kasar dan tidak sehalus puree.

2. Jangan bawa banyak peralatan

Bila Si Kecil tidak terlalu suka bubur bayi instan, Bunda bisa membeli bahan makanan dan membuat bubur bayi sendiri di tempat liburan. Namun, bukan berarti Bunda harus membawa semua peralatan dapur saat berlibur. Pastikan Bunda membawa peralatan seperlunya saja, ya.

Bunda bisa membawa magic jar atau blender yang berukuran kecil agar tidak berat ketika dibawa bepergian. Jangan lupa juga pisau kecil untuk memudahkan Bunda memotong bahan makanan.

Selain itu, bawa peralatan makan Si Kecil dan celemek bayi agar makanan tidak mengotori baju Si Kecil ketika ia makan. Celemek yang terbuat dari kain juga bisa memudahkan Bunda mengelap sisa makanan yang tersisa di pinggir mulut bayi.

3. Siapkan MPASI beku dan buah-buahan segar

Bila Bunda khawatir tidak bisa memasak di tempat liburan nanti, Bunda dapat memasaknya terlebih dahulu di rumah, apalagi kalau tempat tujuan travelling Bunda menyediakan kulkas. Caranya sama seperti saat Bunda memasak makanan bayi sehari-hari, kok.

Sebelum memasak makanan untuk travelling, cuci bersih segala bahan yang akan dimasak. Selanjutnya, masaklah makanan sesuai keinginan Bunda, dan pastikan makanan tersebut telah benar-benar matang sebelum diangkat. Setelah itu, tempatkan makanan tersebut ke dalam wadah kecil yang bersih dan tertutup rapat dan bekukan di lemari es.

Selama perjalanan, Bunda harus menyimpan MPASI beku di dalam cooler bag yang berisi es agar suhunya tetap terjaga dan tidak cair. Bunda bisa langsung menaruhnya di lemari es setelah tiba di tempat tujuan.

MPASI beku ini bisa langsung digunakan ketika dibutuhkan. Untuk mencairkan makanan beku, Bunda bisa menggunakan microwave atau direndam di wadah berisi air hangat selama 10–20 menit.

Selain MPASI beku, Bunda juga bisa membawa buah-buahan segar, seperti pisang, alpukat, jeruk, atau apel. Buah-buah ini mudah untuk dijadikan puree atau camilan yang menyehatkan untuk Si Kecil.

4. Cari penjual MPASI homemade di tempat tujuan

Sebelum pergi berlibur, Bunda bisa mencari tahu terlebih dahulu apakah di lokasi liburan terdapat penjual MPASI atau makanan bayi homemade atau tidak. Bila ada dan memang terjaga kebersihannya, tidak ada salahnya Bunda membeli MPASI tersebut untuk Si Kecil.

Masalah pemberian MPASI Si Kecil jangan sampai menjadi penghalang Bunda dan keluarga untuk pergi berlibur. Sesekali waktu, keluarga butuh berlibur, lho. Namun, jangan sampai saat liburan Si Kecil jadi kekurangan makanan sehat, ya. Walau agak repot, Bunda tetap bisa kok memberikan Si Kecil MPASI yang sehat. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, pergi berlibur!