Seks tahan lama merupakan salah satu cara untuk mencapai kepuasan dan kenikmatan seksual. Tidak sedikit pasangan yang mencoba beragam cara agar hubungan intim berlangsung lama. Ingin tahu caranya? Nah, beberapa tips berikut ini bisa Anda dan pasangan coba lakukan.

Durasi seks yang ideal umumnya berlangsung sekitar 7–13 menit. Meski demikian, durasi hubungan intim dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari usia, kelelahan, hingga kondisi emosional, seperti stres, depresi, dan gangguan cemas.

8 Tips Seks Tahan Lama untuk Mencapai Kepuasan Seksual - Alodokter

Selain itu, masalah kesehatan tertentu, misalnya gangguan hormon dan disfungsi ereksi, juga dapat berpengaruh terhadap durasi seks.

Tips agar Hubungan Seks Tahan Lama

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda dan pasangan bisa coba lakukan agar durasi seks tahan lama:

1. Menghentikan seks saat akan ejakulasi

Pria dapat menghentikan penetrasi sejenak selama 30 detik saat merasa akan ejakulasi, lalu kembali melanjutkan penetrasi ketika sensasi akan ejakulasi berkurang. Teknik ini dapat diulang beberapa kali selama berhubungan intim untuk memperpanjang durasi hubungan seks.

2. Menekan kepala penis saat ingin ejakulasi

Tips seks tahan lama dan aman berikutnya adalah dengan menekan kepala penis ketika merasa ingin ejakulasi sampai ereksi mereda. Ulangi cara ini beberapa kali sebelum ejakulasi.

3. Menerapkan gaya hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat, seperti berhenti merokok, menjaga berat badan, dan berolahraga secara rutin sangat baik untuk meningkatkan stamina tubuh. Dengan stamina tubuh yang terjaga, hubungan seks pun akan bertahan lama.

4. Melakukan senam Kegel

Senam Kegel merupakan senam yang mudah dilakukan dan bermanfaat dalam memperkuat otot panggul. Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, senam Kegel dinilai dapat meningkatkan kinerja seksual.

5. Meningkatkan asupan zinc

Zinc bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan, seperti tiram, daging, dan sereal. Mineral ini sangat baik dalam mencegah terjadinya disfungsi seksual dan penurunan kadar hormon testosteron pada pria. Nutrisi ini juga baik untuk memperbaiki kualitas sperma dan meningkatkan kesuburan.

6. Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi bawang, pisang, cabai, paprika, telur, dan makanan yang mengandung omega-3 dan vitamin B1 dapat memperlancar aliran darah ke penis. Hal tersebut bisa membuat penis berereksi dengan mudah dan tahan lama.

7. Mengonsumsi obat medis atau herba

Mengonsumsi obat medis sildenafil atau obat herba, seperti yohimbine, ginseng merah korea, epimedium, pasak bumi, dan ginkgo biloba, juga bisa menjadi solusi agar seks tahan lama.

Namun, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika Anda ingin mengonsumsi obat atau suplemen untuk membuat seks tahan lama. Berbagai obat atau suplemen tersebut bisa saja menimbulkan efek samping berbahaya atau kurang cocok dikonsumsi oleh orang dengan kondisi medis tertentu.

8. Berkonsultasi ke psikolog atau psikiater

Salah satu faktor yang memengaruhi seks tahan lama adalah faktor psikis, misalnya depresi dan stres berat. Oleh karena itu, Anda atau pasangan dapat berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater untuk mengatasi stres, rasa cemas, atau masalah psikis lain yang mengganggu kemampuan seksual.

Selain itu, jangan lupa untuk menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan untuk mencapai keharmonisan dan kepuasan seksual bersama.

Jika Anda dan pasangan mengalami kendala untuk mencapai seks tahan lama, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau psikolog. Dokter atau psikolog akan melakukan pemeriksaan, mencari tahu penyebabnya, dan memberikan penanganan yang sesuai.