Ulkus diabetikum merupakan kondisi yang kerap dialami oleh penderita diabetes. Kondisi ini ditandai dengan munculnya luka yang disertai keluarnya cairan berbau tidak sedap dari kaki. Ulkus diabetikum termasuk salah satu komplikasi diabetes yang berbahaya dan perlu segera ditangani dokter.

Ulkus diabetikum terjadi akibat kerusakan saraf dan pembuluh darah yang disebabkan oleh tidak terkontrolnya kadar gula darah, sehingga memicu munculnya luka. Luka paling sering terjadi di bagian bawah ibu jari atau telapak kaki bagian depan.

Ulkus Diabetikum, Luka pada Kaki yang Perlu Segera Diobati - Alodokter

Untuk kondisi yang sudah parah, kerusakan saraf bisa meluas hingga ke tulang sehingga dokter perlu melakukan prosedur amputasi kaki.

Memahami Penyebab Ulkus Diabetikum

Penyebab ulkus diabetikum adalah sirkulasi darah yang buruk, sehingga aliran darah tidak mengalir ke kaki dengan baik. Selain itu, kadar glukosa yang tinggi juga dapat memicu kerusakan saraf pada kaki sehingga menyebabkan kaki mati rasa. Kondisi ini memudahkan terbentuknya luka pada kaki dan menyulitkan proses penyembuhan luka tersebut.

Selain itu, ada juga beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya ulkus diabetikum, di antaranya:

  • Gangguan bentuk kaki, seperti tulang menonjol (bunion)
  • Kapalan di kaki
  • Gangguan penglihatan
  • Kelebihan berat badan
  • Kebiasaan merokok atau konsumsi minuman beralkohol.

Setiap penderita diabetes berisiko mengalami ulkus diabetikum. Namun, sebagian besar terjadi pada pria yang sudah berusia lanjut.

Cara Pengobatan Ulkus Diabetikum

Penderita diabetes yang mengalami ulkus diabetikum dianjurkan untuk menjalani pola hidup sehat dan mengonsumsi obat-obatan yang telah diresepkan dokter guna menjaga kadar gula darah, tekanan darah, serta kadar kolesterol dalam tubuh.

Gula darah yang terkontrol berperan penting dalam mendukung proses penyembuhan ulkus diabetikum serta mencegah komplikasi diabetes lainnya, misalnya gagal ginjal dan kerusakan retina mata.

Selain itu, dokter juga dapat melakukan beberapa langkah berikut untuk menangani ulkus diabetikum:

Membalut dengan perban

Untuk merawat ulkus diabetikum sekaligus mencegah dan mengatasi infeksi pada luka, dokter akan memberi petunjuk terkait cara merawat luka diabetes. Salah satu langkah yang umum dilakukan dokter adalah menutup luka ulkus diabetikum dengan perban dan menggantinya secara rutin.

Memberikan obat-obatan

Dokter akan meresepkan obat antibiotik untuk mencegah atau mengatasi infeksi, serta antiplatelet untuk melancarkan aliran darah. Dokter juga akan memberikan obat-obatan untuk membantu mengendalikan kadar gula darah, yaitu obat antidiabetes atau insulin.

Menghilangkan kulit dan jaringan mati (debridement)

Dokter mungkin akan merawat ulkus diabetikum dengan prosedur yang disebut debridement. Debridement adalah prosedur untuk membuang kulit dan jaringan yang mati. Ada banyak metode debridement yang dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan metode bedah.

Dokter juga akan mengupayakan perbaikan aliran darah pada kaki. Terapi yang dilakukan bisa berupa terapi oksigen hiperbarik. Jika dirasa perlu, dokter akan menyarankan penggunaan sepatu atau alas kaki khusus untuk mengurangi tekanan pada kaki serta penggunaan tongkat atau kursi roda untuk sementara.

Langkah Pencegahan Ulkus Diabetikum

Meski setiap penderita diabetes memiliki kemungkinan mengalami ulkus diabetikum, namun kondisi ini dapat dihindari dengan beberapa langkah pencegahan sebagai berikut:

  • Periksa kaki secara rutin untuk melihat apakah ada retakan atau kapalan yang memungkinkan munculnya luka.
  • Bersihkan kaki dengan menggunakan sabun dan air hangat, terutama di antara jari-jari kaki, kemudian keringkan secara menyeluruh.
  • Potonglah kuku secara rutin.
  • Gunakan sepatu dengan ukuran yang nyaman dan berbahan lembut, serta segera ganti kaus kaki apabila sudah terasa basah atau berkeringat.

Hal yang tidak kalah penting adalah menjaga tingkat gula darah agar tetap dalam kondisi normal. Perhatikan pola makan yang tepat dan konsumsi obat yang telah disarankan oleh dokter. Anda juga dianjurkan untuk memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin ke dokter untuk memantau kadar gula darah Anda.

Jika Anda merasakan gejala masalah pada kaki atau tanda-tanda munculnya ulkus diabetikum, segera konsultasi ke dokter agar penanganan yang tepat dapat segera dilakukan.