Hidung mampet bisa disebabkan oleh beragam kondisi kesehatan, seperti pilek atau sinus. Kondisi seperti ini tentu sangat mengganggu. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa cara langkah mudah di rumah.

Banyak orang menganggap hidung mampet hanya disebabkan oleh penumpukkan lendir di dalam saluran hidung. Faktanya, hidung mampet terjadi karena pembengkakan atau inflamasi pada pembuluh darah di dalam rongga hidung dan sinus. Inflamasi tersebut dapat disebabkan oleh infeksi sinus, alergi, flu, atau pilek.

Cara Mengatasi Hidung Mampet di Rumah - Alodokter

Beragam Cara Mengatasi Hidung Mampet

Agar hidung mampet hilang dan Anda bisa napas kembali lega, berikut ini adalah beberapa cara ampuh yang bisa Anda lakukan di rumah:

Cukupi cairan

Saat hidung mampet karena flu, Anda dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi air putih. Kecukupan cairan dapat membantu mendorong cairan keluar dari hidung dan meredakan peradangan di sinus Anda.

Jika Anda juga mengalami sakit tenggorokan, cairan hangat seperti teh jahe juga dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman di tenggorokan.

Gunakan uap

Cara mengatasi hidung mampet berikutnya adalah dengan menggunakan uap. Uap dapat membantu mengencerkan lendir di dalam hidung. Uap bisa didapatkan dari humidifier atau melalui sebaskom air hangat.

Caranya, masak air hingga mendidih, letakkan di dalam baskom. Setelah itu, tutup bagian belakang kepala dengan handuk kecil agar lebih mudah menghirup uap yang keluar dari baskom.

Selain dengan cara ini, Anda juga bisa mendapatkan manfaat uap dengan mandi air hangat.

Meninggikan kepala

Istirahat yang cukup merupakan hal penting untuk meredakan hidung mampet. Tapi sayangnya, hidung mampet sering kali terasa makin parah saat hendak tidur.

Untuk mengatasinya, tumpuk bantal sehingga posisi kepala lebih tinggi. Cara ini dapat membantu melegakan rongga hidung.

Membilas hidung

Bilas rongga hidung menggunakan neti pot dan larutan saline. Neti pot adalah wadah berbentuk teko kecil yang digunakan untuk mengeluarkan lendir dan cairan dari saluran hidung.

Untuk larutan saline, Anda dapat membelinya di apotik atau membuatnya sendiri di rumah. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 cangkir air hangat dengan sejumput soda kue dan setengah sendok teh garam.

Selain menggunakan larutan saline untuk membilas, Anda juga dapat menyemprotkan larutan saline untuk meningkatkan kelembapan di rongga hidung.

Cara di atas bisa Anda terapkan untuk mengatasi hidung mampet. Namun jika hidung mampet terasa sangat menganggu, Anda bisa minum obat dekongestan. Dekongestan merupakan obat untuk meredakan pembengkakan rongga hidung. Jika hidung mampet merupakan gejala alergi, Anda dapat minum obat antihistamin.

Apabila hidung mampet dan penyakit yang menyertainya tidak kunjung membaik, Anda disarankan untuk memeriksakan ke dokter guna mendapat penanganan yang tepat, sesuai dengan kondisi Anda.