Keluhan sakit punggung sebelah kanan atau kiri jangan dianggap sepele. Terlebih, bila sudah disertai dengan gejala lain, seperti nyeri perut. Pasalnya, kondisi ini bisa menandakan adanya suatu gangguan kesehatan.

Sakit punggung sebelah kanan atau kiri bisa disebabkan oleh beberapa hal. Umumnya, keluhan ini terjadi karena cedera otot atau ligamen akibat terjatuh atau sering mengangkat benda yang terlalu berat yang menyokong tulang belakang.

Gejala Sakit Punggung Sebelah Kanan atau Kiri yang Perlu Diwaspadai - Alodokter

Selain cedera, munculnya rasa sakit pada salah satu sisi punggung juga bisa disebabkan oleh gangguan saraf dan tulang belakang, radang sendi tulang belakang, atau gangguan pada ginjal.

Sakit Punggung Sebelah Kanan atau Kiri yang Perlu Diwaspadai

Sakit punggung sebelah kanan ataupun kiri perlu diwaspadai jika muncul bersamaan dengan beberapa gejala berikut ini:

 1. Nyeri menjalar ke bagian tubuh lain

Jika rasa nyeri menyebar hingga ke area paha, lutut, dan kaki kondisi ini kemungkinan disebabkan oleh saraf terjepit (HNP) atau skiatika. Selain menjalar ke anggota gerak tubuh bagian bawah, nyeri punggung akibat saraf terjepit juga bisa menjalar ke dada dan lengan.

 2. Mati rasa

Jika nyeri punggung muncul bersamaan dengan gejala kesemutan atau mati rasa pada lengan, tangan, paha, atau kaki, maka kondisi ini perlu segera diperiksakan ke dokter.

Keluhan tersebut bisa jadi disebabkan oleh kelainan atau gangguan saraf yang berat pada tulang belakang, seperti HNP, penyempitan rongga tulang belakang, serta tumor pada saraf atau rongga tulang belakang.

3. Nyeri saat buang air kecil

Nyeri punggung sebelah kanan atau kiri yang menyebabkan nyeri saat buang air kecil bisa jadi menandakan adanya batu ginjal.

Apabila gejala tersebut muncul beserta gejala lain, seperti demam, pipis berdarah, dan sulit menahan buang air kecil, bisa jadi hal tersebut merupakan gejala infeksi pada saluran kemih dan bagian di sekitarnya, misalnya infeksi ginjal, infeksi panggul, atau infeksi kandung kemih.

4. Sulit bergerak

Jika sakit punggung muncul beserta kelemahan atau kelumpuhan pada salah satu kaki atau keduanya, bahkan hingga membuat Anda merasa sulit bangkit dari kursi atau tempat tidur, maka ini bisa jadi merupakan gejala dari sindrom cauda equina.

Selain itu, sindrom cauda equina juga dapat membuat penderitanya kesemutan atau mati rasa di punggung yang menjalar hingga ke kaki, sulit mengontrol buang air kecil atau besar, hingga susah ereksi.

5. Nyeri saat membungkuk

Bila sakit punggung sebelah kanan atau kiri terasa semakin nyeri saat batuk atau membungkuk, bisa jadi keluhan ini disebabkan oleh spasme otot tulang belakang, cedera pada otot atau sendi tulang belakang, saraf terjepit, atau radang sendi tulang belakang.

6. Nyeri perut

Jangan abaikan bila sakit punggung sebelah kanan atau kiri terasa menjalar sampai ke perut. Apalagi, jika hingga menyebabkan mual muntah dan nyeri semakin berat ketika perut ditekan. Keluhan ini merupakan gejala dari radang usus buntu yang harus segera diperiksakan ke dokter.

Jika sudah parah, radang usus buntu bisa menyebabkan usus buntu pecah dan menyebabkan peritonitis. Kondisi ini dapat mengancam nyawa bila tidak ditangani dengan segera.

Penanganan Sakit Punggung Sebelah Kanan atau Kiri

Sakit punggung sebelah kanan atau kiri yang disebabkan oleh ketegangan otot atau cedera ringan dapat diatasi dengan cara-cara sederhana, seperti:

  • Kompres hangat pada punggung atau mandi air hangat.
  • Gunakan koyo, balsam, atau obat antinyeri, seperti paracetamol, untuk meredakan nyeri.
  • Lakukan stretching atau peregangan punggung, seperti yoga khusus untuk nyeri punggung.
  • Perbaiki postur tubuh, hindari kebiasaan membungkuk, dan biasakan untuk duduk dan berdiri tegap.
  • Perbanyak istirahat dan hindari mengangkat beban yang berat.

Apabila gejala sakit punggung sebelah kanan tidak kunjung hilang, semakin berat, atau disertai dengan beberapa gejala lain yang disebutkan di atas, maka Anda sebaiknya memeriksakan keluhan tersebut ke dokter.

Untuk menentukan penyebabnya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, seperti Roentgen, CT-scan, atau MRI tulang belakang. Setelah penyebab diketahui, dokter dapat melakukan beberapa penanganan medis untuk mengatasi sakit punggung yang Anda rasakan, seperti:

Fisioterapi

Fisioterapi dapat dilakukan untuk meredakan gejala sakit tulang belakang yang disebabkan oleh cedera, saraf terjepit, atau kelainan pada tulang belakang. Jenis fisioterapi yang bisa dilakukan adalah terapi listrik, terapi panas, penggunaan korset khusus, pijatan, hingga senam atau gerakan tertentu.

Pemberian obat-obatan

Apabila nyeri yang dirasakan cukup berat, dokter mungkin akan meresepkan OAINS, seperti ibuprofen, kalium diklofenak, dan meloxicam, untuk meredakan nyeri.

Jika nyeri punggung disebabkan oleh spasme atau ketegangan otot yang berat, dokter dapat memberikan obat pelemas otot. Sedangkan nyeri yang disebabkan oleh kelainan saraf akan diresepkan obat-obatan antikejang dan antidepresan.

Operasi

Langkah operasi biasanya perlu dilakukan apabila metode penanganan lain tidak berhasil mengatasi nyeri punggung.

Namun, selain karena alasan tersebut, sakit punggung sebelah kanan juga mungkin akan perlu ditangani dengan operasi apabila disebabkan oleh cedera berat pada saraf atau tulang belakang, tumor tulang belakang, atau batu ginjal yang berukuran besar.

Nyeri punggung biasanya bisa mereda sendiri dengan perawatan di rumah. Namun, keluhan ini tetap tidak boleh disepelekan. Jika Anda mengalami sakit punggung sebelah kanan atau kiri yang tidak kunjung mereda, muncul beserta keluhan lain, atau semakin parah, segeralah periksakan ke dokter.