Bencana sulit diperkirakan dan bisa datang kapan saja. Hal ini membuatmu perlu untuk memiliki tas siaga bencana agar kamu siap dan sigap menghadapi keadaan darurat.

Saat terjadi bencana, hal yang paling penting adalah menyelamatkan nyawa. Namun, kamu juga perlu untuk membawa barang-barang penting agar selama keadaan darurat atau selama evakuasi, kamu dan keluarga memiliki perbekalan untuk bertahan hidup.

Yuk, Mulai Menyiapkan Tas Siaga Bencana untuk Berjaga-jaga - Alodokter

Barang-barang penting yang perlu dibawa harus sudah kamu masukkan jauh-jauh hari dalam tas siaga bencana. Tujuannya agar tas tersebut bisa langsung kamu bawa begitu bencana tiba atau sewaktu-waktu dibutuhkan.

Isi Tas Siaga Bencana

Masukkan semua benda yang perlu dibawa ke dalam tas tahan air, yang disimpan di tempat yang mudah diraih dan diketahui seluruh anggota keluarga. Sebaiknya, barang-barang yang kamu masukkan ke dalam tas siaga bencana terbungkus dalam kantong plastik tertutup.

Kamu perlu menyediakan tas siaga bencana tidak hanya di rumah, tapi juga di tempat kerja dan kendaraan pribadi karena tidak ada yang tahu kapan bencana akan terjadi.

Secara umum, terdapat daftar barang yang harus masuk ke dalam tas bencana. Namun, jenis barang yang perlu kamu persiapkan bergantung pada kebutuhan pribadi serta disesuaikan dengan jenis bencana dan risiko yang mungkin dihadapi.

Berikut adalah beberapa barang penting yang perlu dimasukkan ke dalam tas siaga bencana:

1. Makanan untuk bertahan hidup

Masukkan makanan siap santap setidaknya untuk 3 hari, agar kamu bisa bertahan hidup sampai bantuan datang. Hindari makanan pedas atau asin karena makanan seperti ini bisa membuat kamu mudah haus, padahal cadangan air pada saat bencana biasanya terbatas.

Selain makanan, masukkan pula air minum setidaknya untuk tiga hari, sebanyak 3 liter per orang setiap harinya.

Karena makanan dan minuman memiliki tanggal kedaluwarsa, cek secara berkala tanggal tersebut atau ganti dengan yang baru setidaknya setiap 3 bulan sekali.

Untuk mempermudah membuka makanan dan minuman, kamu sebaiknya juga memasukkan pembuka botol dan kaleng, gunting, serta cutter atau pisau lipat.

2. Obat-obatan

Jangan lupa untuk membawa kotak P3K berisi: obat-obatan, cairan pembersih luka, salep antibiotik, dan plester. Jika kamu atau keluarga ada yang menderita penyakit tertentu, jangan lupa untuk memasukkan obatnya ke dalam tas siaga bencana.

Sama halnya dengan makanan dan minuman, kamu juga harus mengecek tanggal kedaluwarsa dari obat-obatan tersebut dan segera ganti jika sudah masa pakainya hampir habis.

3. Pakaian ganti

Jangan lupa untuk memasukkan pakaian ganti setidaknya satu pasang. Selain pakaian, masukkan pula selimut atau kantung tidur, sarung tangan, masker sekali pakai atau masker N95, topi, handuk, jas hujan, dan pembalut.

Bagi yang punya bayi, jangan lupa untuk memasukkan perlengkapan pentingnya, seperti botol, susu, makanan bayi, dan popok ke dalam tas siaga bencana. Jika kamu tinggal dengan orang tua atau lansia, siapkan pula popok untuk orang dewasa.

4. Alat komunikasi

Pastikan kamu juga membawa alat komunikasi, seperti telepon seluler, untuk digunakan saat bencana. Jangan lupa untuk menyimpan nomor telepon keluarga, nomor telepon darurat, dan nomor penting lainnya.

Pastikan kamu juga memasukkan peta, pengisi daya (charger) ponsel, peluit, kompas, tali, dan senter tahan air beserta baterai cadangannya, karena barang-barang ini juga mungkin untuk dibutuhkan.

5. Surat-surat berharga atau benda-benda penting

Pastikan dokumen atau kartu penting, seperti surat tanah, ijazah, kartu asuransi, serta fotokopi KTP, SIM, dan Kartu Keluarga masuk ke dalam tas siaga bencana. Jangan lupa pula untuk memasukkan duplikat kunci kendaraan, kunci rumah, serta uang tunai secukupnya ke dalam tas ini.

6. Kebutuhan pendukung

Selain barang-barang yang telah disebutkan, sebaiknya perlengkapan ini juga turut dimasukkan ke dalam tas siaga bencana:

  • Perlengkapan mandi
  • Perlengkapan aktivitas anak, seperti buku mewarnai atau game board
  • Tisu kering dan basah
  • Jarum dan benang
  • Disinfektan

Yuk, siapkan tas siaga bencana mulai sekarang. Jika masih ada kesempatan, sebelum evakuasi kamu perlu mencabut semua aliran listrik dan mematikan gas. Jika memungkinkan, bawa serta hewan peliharaan yang sudah diberi tanda pengenal.