Meski sedang hamil, Bumil perlu meluangkan waktu untuk me time, ya. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, mulai dari berolahraga hingga merawat diri. Tidak hanya untuk ibu hamil, me time juga bisa bermanfaat untuk janin, lho.

Perubahan fisik, naik-turunnya hormon, ketakutan akan melahirkan atau keguguran, tekanan finansial atau pekerjaan, dan banyaknya nasihat dari sana-sini soal kehamilan nyatanya bisa membuat ibu hamil menjadi stres. Nah, salah satu cara yang bisa Bumil lakukan untuk meredakan stres dan memperbaiki suasana hati adalah dengan me time.

Yuk, Sempatkan Me Time Saat Hamil! - Alodokter

Kegiatan Me Time yang Cocok untuk Dilakukan Saat Hamil

Me time merupakan momen bagi seseorang untuk beristirahat dari aktivitas sehari-hari dan menyediakan waktu luang untuk diri sendiri. Sebenarnya setiap orang bebas melakukan kegiatan apa saja yang disukai saat sedang me time. Namun, ada beberapa rekomendasi kegiatan me time yang cocok dilakukan saat hamil.

Berikut ini adalah beberapa kegiatan me time yang bisa Bumil lakukan:

1. Berendam air hangat

Berendam air hangat merupakan kegiatan yang pas bagi ibu hamil untuk menikmati waktu luang sendiri. Kegiatan ini dapat membantu meredakan nyeri otot dan memberikan efek tenang, sehingga dapat mengurangi kecemasan terhadap persalinan.

Bahkan, berendam air hangat di fase awal persalinan juga diketahui bisa mempercepat proses persalinan dan mengurangi rasa sakit, lho. Bumil juga bisa menyalakan lilin aromaterapi atau musik untuk menciptakan suasana yang lebih menenangkan dan membuat Bumil menjadi lebih rileks.

2. Merawat diri

Nyatanya, tidak sedikit ibu hamil yang merasa tidak percaya diri dengan perubahan fisiknya. Nah, me time berupa perawatan kecantikan bisa menjadi terapi yang tepat untuk masalah ini!

Bumil bisa pergi ke salon untuk melakukan perawatan rambut, seperti creambath atau mengganti model rambut, serta manikur dan pedikur untuk menghasilkan kuku yang indah. Selain itu, Bumil juga bisa melakukan perawatan kulit, seperti menggunakan masker wajah atau berlulur.

3. Melakukan pijat

Pijat saat hamil diketahui mampu meredakan nyeri otot dan sendi, mengurangi pembengkakan, meningkatkan kualitas tidur, hingga meredakan stres. Nah, pijat bisa menjadi kegiatan yang cocok untuk me time Bumil.

Sebelum melakukan pijat, sebaiknya Bumil berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Pilihlah terapis atau ahli pijat khusus ibu hamil yang sudah berpengalaman dan bersertifikasi. Selain itu, pastikan minyak yang digunakan untuk memijat aman digunakan oleh ibu hamil, ya.

4. Berolahraga

Olahraga saat hamil bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot dan sendi, mencegah sembelit, dan mencegah terjadinya komplikasi kehamilan. Selain itu, olahraga juga diketahui bisa meningkatkan mood ibu hamil, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai kegiatan me time.

Bumil bisa melakukan yoga, pilates, berenang, latihan kekuatan yang berfokus pada punggung, atau hanya sekadar berjalan kaki di sekitar rumah. Pastikan olahraga yang Bumil lakukan aman dan jangan sampai berlebihan, ya.

5. Melakukan hal yang disukai

Me time bisa dilakukan dengan sekadar melakukan hal sederhana yang Bumil sukai, misalnya menulis, menonton film, atau memasak. Bumil juga bisa membaca buku-buku terkait kehamilan, melahirkan, atau merawat anak untuk menambah wawasan.

Dengan melakukan kegiatan yang disukai, Bumil akan menjadi lebih rileks dan mood pun meningkat. Namun jika Bumil terlalu lelah, berdiam diri dan tidak melakukan apa pun juga termasuk me time, lho.

6. Menghabiskan waktu bersama orang yang dikasihi

Me time bukan berarti Bumil harus sendirian saja, lho. Bumil bisa kok mengajak orang lain, seperti pasangan, saudara, atau teman, untuk melakukan aktivitas menyenangkan, seperti jalan-jalan ke mall, makan di restoran, atau hanya sekadar duduk di taman.

Bila tidak memungkinkan untuk pergi ke luar rumah, Bumil bisa menghabiskan waktu bersama pasangan di rumah untuk berbagi cerita atau menghubungi teman lewat telepon atau video call.

Me time merupakan hal penting yang tidak boleh ibu hamil lewatkan. Lakukanlah kegiatan-kegiatan di atas agar kesehatan fisik dan mental Bumil senantiasa terjaga, serta tumbuh kembang janin menjadi optimal.

Penting untuk diingat, lakukanlah kegiatan me time yang aman dan tidak membuat Bumil kelelahan, ya. Bila Bumil kebingungan untuk menentukan kegiatan me time yang sesuai dengan kondisi kesehatan Bumil, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.