5 Makanan Yang Harus Ada di Piring Buat Kamu Yang Ingin Menjadi Ayah

Makanan ikut ambil bagian penting dalam menunjang kesuburan lelaki untuk bisa menghamili. Sebagian laki-laki mengalami penurunan kesuburan sebagai dampak dari pola makan yang buruk. Menurunnya kesuburan akan membuat calon ayah memerlukan waktu lebih lama untuk bisa memiliki anak.

Oleh karena itu, penting untuk menerapkan pola makan sehat dan seimbang untuk mendongkrak kualitas sperma. Meskipun belum banyak penelitian tentang bagaimana diet meningkatkan kesuburan lelaki, namun tidak ada ruginya bila calon ayah mencoba memenuhi kebutuhan nutrisi untuk membantu kondisi sperma. Hal ini pada gilirannya meningkatkan peluang lelaki untuk bisa memiliki momongan.

5 Makanan Yang Harus Ada Di Piring Buat Kamu Yang Ingin Menjadi Ayah - Alodokter

Lalu apa saja makanan yang direkomendasikan bagi para calon ayah? Berikut adalah beberapa makanan beserta kandungan gizi yang bisa diutamakan.

Makanan yang mengandung folat

Sebagaimana idealnya kebutuhan seorang calon ibu, calon ayah juga membutuhkan asupan folat atau vitamin B9. Sebuah studi menunjukkan bahwa lelaki yang kekurangan folat dapat mengalami kendala untuk memproduksi sperma yang sehat. Selain itu, ada sejumlah kecil temuan yang mengaitkan antara konsumsi makanan yang kaya folat dengan produksi sperma dengan jumlah yang lebih tinggi.

Konsumsi asam folat harian yang dianjurkan adalah sebanyak 400 mikrogram. Kamu bisa memenuhi kebutuhan folat dari polong-polongan (misalnya kacang tanah, kacang hijau, dan kedelai), sereal, kentang, serta jus jeruk. Beberapa jenis sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, dan kecambah juga bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan folat.

Makanan yang kaya vitamin C dan antioksidan lain

Nutrisi ini membantu mencegah sperma cacat dan meningkatkan pergerakan sperma. Antioksidan dapat membantu meningkatkan kualitas sperma dengan mengurangi jumlah radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan membran sel. Dalam beberapa penelitian, pria yang pola makannya rendah kandungan antioksidan cenderung memiliki kualitas sperma yang buruk.

Antioksidan antara lain berasal dari vitamin C, vitamin E, serta beta karoten (suatu jenis vitamin A). Kamu bisa meminum secangkir jus jeruk per hari karena mengandung sekitar 124 mg vitamin C. Kamu juga bisa mengonsumsi apel dan anggur.

Makanan yang mengandung vitamin D

Satu studi menunjukkan bahwa laki-laki yang kekurangan vitamin D memiliki sperma yang kurang bergerak gesit. Walaupun temuan ini masih memerlukan penelitian lebih mendalam, sudah sepatutnya kita mencukupi kebutuhan vitamin D harian.

Sebenarnya tubuh kita membuat vitamin D dengan mengolah sinar matahari yang diterima, tetapi makanan yang kaya vitamin D juga bisa membantu mencukupi kebutuhan kita. Nutrisi tersebut bisa diperoleh dari ikan yang berminyak serta makanan yang sudah diperkaya dengan vitamin D, seperti beberapa jenis sereal sarapan maupun margarin. Kamu dapat membaca kandungan gizi makanan pada label di kemasan.

Makanan yang mengandung zinc dan selenium

Kekurangan zinc dapat membuat sperma menggumpal dan berkontribusi kepada infertilitas atau tidak subur (mandul). Data lainnya menunjukkan bahwa rendahnya kadar zinc dan selenium dikaitkan dengan kualitas sperma yang buruk dan penurunan kemampuan sperma untuk bergerak.

Kamu dapat memvariasikan makanan yang mengandung zinc tiap harinya untuk memenuhi 11 mg kebutuhan zinc. Kamu dapat memperoleh 2,38 mg zinc dari 85 gram daging ayam. Enam buah tiram ukuran sedang dapat menyumbang 11 mg zinc. Sedangkan mengonsumsi 85 gram daging sapi tenderloin menyumbang 4,8 mg zinc. Pilihan lainnya adalah satu cangkir kacang panggang untuk 3,5 mg zinc. Sementara itu, makanan sumber selenium antara lain ikan, daging, telur, dan roti.

Suplemen multivitamin

Multivitamin dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian yang begitu beragam secara instan, menjadikannya lebih praktis dalam memilih vitamin yang dibutuhkan. Namun, bukan berarti suplemen multivitamin dapat menggantikan fungsi makanan. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui suplemen multivitamin yang sesuai untuk kebutuhanmu.

Selain memerhatikan pola makan, lelaki juga perlu rutin berolahraga, mencegah stres berlebihan, serta setia pada satu pasangan untuk menghindari terinfeksi penyakit menular seksual yang bisa berisiko menjadikan sperma tidak subur, seperti klamidia dan gonore.