Astaxanthin

Pengertian Astaxanthin

Astaxanthin adalah salah satu jenis karotenoid. Karotenoid merupakan pigmen alami yang menyebabkan tanaman atau hewan memiliki warna merah atau merah muda.

Pigmen ini paling umum ditemukan dalam salmon, tapi terdapat jenis alga tertentu yang memiliki kandungan astaxanthin tertinggi. Sumber alami lain untuk pigmen larut lemak ini adalah berbagai makanan laut, seperti udang serta lobster.

Sebagai antioksidan, astaxanthin dipercaya memiliki berbagai manfaat. Misalnya untuk melawan efek radikal bebas, menjaga ketahanan tubuh, serta memelihara kesehatan.

alodokter-astaxanthin

Tentang Astaxanthin

Golongan Suplemen
Kategori Obat bebas
Manfaat
  • Memelihara kesehatan, daya tahan tubuh, dan sistem kekebalan tubuh
  • Mencegah kerusakan sel-sel akibat radikal bebas
  • Pengobatan suportif terhadap gangguan mata
Dikonsumsi oleh Dewasa
Bentuk obat Kapsul dan obat cair

Astaxanthin dapat dibeli secara bebas di apotek dan tersedia dalam berbagai merek. Tetapi Anda sebaiknya mendiskusikan kebutuhan dan manfaat suplemen ini dengan dokter sebelum menggunakannya.

Peringatan:

  • Bagi wanita yang berencana hamil, sedang hamil dan sedang menyusui, konsultasilah dengan dokter sebelum menggunakan suplemen astaxanthin.
  • Harap berhati-hati dalam mengonsumsi suplemen astaxanthin jika menderita gangguan sistem kekebalan tubuh, osteoporosis, kadar kalsium yang rendah, gangguan pada kelenjar paratiroid, gangguan hormon, hipotensi, serta mengonsumsi obat antihipertensi atau imunosupresan.
  • Jika terjadi alergi atau overdosis, segera temui dokter.

Dosis Astaxanthin

Dosis penggunaan suplemen astaxanthin bisa berbeda-beda untuk tiap orang dan tergantung mereknya. Baca aturan pemakaian yang tertera pada kemasan suplemen dan ikuti petunjuk mengenai dosis serta jangka waktu yang aman untuk dikonsumsi terus menerus. Bentuk suplemen yang digunakan juga akan berpengaruh pada dosis. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker jika Anda ragu.

Mengonsumsi Astaxanthin dengan Benar

Pasien dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan secara teratur ke dokter. Langkah ini akan membantu dokter untuk memastikan perkembangan kondisi pasien serta keefektifan suplemen ini.

Astaxanthin sebaiknya dikonsumsi dengan makanan. Jika Anda mengonsumsi obat atau suplemen selain astaxanthin, jangan lupa untuk memberitahukannya pada dokter.

Pasien yang lupa mengonsumsi suplemen astaxanthin disarankan segera meminumnya begitu teringat. Jangan menggandakan dosis astaxanthin pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Astaxanthin

Jika dikonsumsi secara alami atau dengan takaran yang direkomendasikan, astaxanthin jarang menyebabkan efek samping. Pastikan untuk membaca bahan yang terkandung pada tiap obat suplemen. Jangan mengonsumsi lebih dari satu suplemen yang mengandung astaxanthin pada waktu yang sama untuk menghindari overdosis.