Jadikan Ini Sebagai Pedoman Cemilan Sehat Untuk Anak

Banyaknya kegiatan anak, mulai dari bersekolah hingga bercengkerama dengan teman-temannya, menyebabkan ia membutuhkan porsi makanan yang mampu menyediakan asupan energi yang cukup. Untuk itu, selain asupan dari makanan utama, kita juga perlu memberikan cemilan sehat untuk anak.

Cemilan sehat untuk anak perlu disiapkan untuk memberikan bahan bakar yang cukup bagi mereka menjalani aktivitas yang padat. Berkat cemilan sehat, tingkat energi dan pikiran bisa tetap terjaga.

jadikan ini sebagai pedoman cemilan sehat untuk anak - alodokter

Umumnya, anak-anak menyukai cemilan yang didominasi oleh kandungan lemak, gula, dan garam. Untuk mengalihkan kegemaran anak dari jenis cemilan semacam itu, orang tua harus melakukannya secara bertahap.

Perubahan secara bertahap ini akan memudahkan mereka dan termasuk Anda sendiri dalam mengubah kebiasaan anak. Tujuannya adalah agar anak dapat merasakan perubahan tanpa mereka sadari. Mulailah dengan membatasi asupan cemilan untuk anak, misalnya menjadi hanya dua kali sehari, pagi satu dan sore satu.

Jangan lupa untuk mengawasi jumlah makanan ringan yang dikonsumsi. Anak-anak biasanya menyukai cokelat yang sayangnya mengandung banyak lemak dan gula. Oleh sebab itu, usahakan agar mereka tidak terlalu banyak mengonsumsi cemilan jenis ini. Selain cemilan, minuman yang diberikan usahakanlah mampu menghilangkan haus, namun tetap menyehatkan. Berikan air atau susu rendah lemak untuk dua fungsi tersebut.

Cemilan Sehat Untuk Anak Seperti Apa?

Jika peralihan yang dilakukan di atas sudah berjalan dengan baik, saatnya membuat anak mengonsumsi cemilan sehat yang sebenarnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengandaikan kepada mereka bahwa cemilan itu adalah makanan dalam porsi kecil.

Buatlah makanan ringan yang menyediakan karbohidrat, protein, serat, dan lemak sehat. Makanan kaya protein atau serat sendiri baik untuk anak-anak karena dapat membantu mereka merasa kenyang lebih lama. Akan lebih baik jika cemilan tersebut diperkaya dengan aneka nutrisi yang akan menunjang perkembangan mereka.

Cemilan yang baik juga harus mampu menunjang perkembangan dan pertumbuhan anak-anak. Penentuan sehat untuk anak disarankan mengandung sedikitnya 100 kalori. Bagi remaja yang aktif, kalori yang dibutuhkan berada di kisaran 300.

Selain mengikuti rambu-rambu di atas, beberapa hal di bawah ini bisa dijadikan patokan sebagai cemilan sehat untuk anak.

  • Buatlah mengemil menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Bentuk yang menarik dari makanan ringan untuk anak tentu saja akan lebih menarik bagi mereka. Misalnya saja membuat wajah lucu dalam puding atau buah. Selain itu, memakai cara baru dalam mengonsumsi makanan juga bisa dijadikan sarana untuk menarik minat anak. Misalnya saja yang biasanya memakai sendok dan garpu, maka cobalah ajarkan kepada anak untuk memakai sumpit atau alat makan lainnya.

  • Cemilan manis juga bisa menyehatkan.

Agar cemilan anak tetap sehat dan manis, buatlah puding rendah lemak dan yoghurt atau buah. Buatlah smoothie yang dibuat dari susu, yogurt tawar, dan buah-buahan.

  • Jauhkan anak dari junk food.

Jika sejak awal orang tua tidak menyediakan aneka cemilan yang tidak sehat alias junk food, maka anak-anak akan terhindar dari jenis makanan seperti itu seterusnya. Artinya, aturan orang tua sangat berperan dalam melindungi anak dari kelompok cemilan yang tidak sehat.

  • Perbanyak menu.

Jangan terpaku pada jenis makanan tertentu. Banyak buah yang bisa dijadikan cemilan sehat untuk anak-anak, seperti nanas, mangga, dan paprika merah atau kuning. Campuran dari beberapa buah tersebut mungkin akan lebih menarik bagi anak-anak untuk menyantapnya.

  • Kenalkan dengan biji-bijian utuh.

Biji-bijian utuh baik yang berbentuk sereal maupun kue baik untuk anak. Kandungan yang tinggi akan serat membuat energi dan daya tahan anak akan lebih lama.

Agar cemilan sehat untuk anak bisa dijadikan kebiasaan, maka orang tua harus menjadi teladan yang baik dalam hal ini. Anak biasanya akan mengikuti kebiasaan orang tua. Oleh karena itu, bijaklah dalam konsumsi cemilan karena hal itu juga akan ditiru oleh buah hati Anda.