Jadikan Kulit Putih dan Berseri di Rumah

Memiliki kulit putih berseri adalah dambaan tiap wanita. Mereka pun tidak ragu menghabiskan uang untuk membeli produk pemutih kulit atau melakukan perawatan mahal di salon dan klinik kecantikan.

Namun ada cara-cara alami yang tidak mahal. Memutihkan kulit bisa dilakukan di rumah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Siapkan saja bahan-bahan alami untuk menjadikan kulit putih sehat dan berseri.

jadikan kulit putih dan berseri di rumah - alodokter

Beberapa produsen kerap menambahkan bahan-bahan alami yang dipercaya mampu mencerahkan kulit. Daripada Anda memakai produk tersebut, yang mengandung bahan kimia juga di dalamnya, lebih baik Anda langsung mengaplikasikan bahan-bahan alami ke kulit.

Meski begitu, Anda harus sedikit bersabar. Khasiat dari bahan-bahan ini tidak seketika. Butuh proses untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Lalu apa saja bahan-bahan alami yang bisa membantu mencerahkan kulit?

Lemon

Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Di dalamnya juga mengandung alpha-hydroxy acids (AHA) yang bisa membantu pengelupasan kulit secara alami. Beberapa komponen keasaman pada lemon juga bisa mencerahkan kulit. Tidak heran jika banyak produk pemutih yang menyertakan lemon di dalamnya.

Pada dasarnya lemon aman untuk digunakan. Namun Anda tidak bisa menggunakan lemon pada kulit yang terluka atau pada kulit yang bulu-bulu halusnya baru dicukur. Lemon juga tidak bisa diterapkan di daerah anus karena bisa menyebabkan iritasi.

Pepaya

Anda pasti sering melihat produk pemutih kulit yang mengandung pepaya, seperti sabun pepaya. Pepaya memang dikenal sebagai bahan utama dalam produk pemutih karena mengandung enzim alami yang bernama papain. Enzim tersebut dipercaya bisa membantu pengelupasan kulit sehingga membuka jalan untuk sel-sel kulit baru untuk muncul. Hasilnya, kulit lebih cerah dan lembut.

Untuk hasil terbaik, gunakan pepaya hijau atau muda karena saat itulah zat papain sedang bekerja dengan efektif.

Bubuk kunyit

Kunyit memiliki bahan aktif bernama kurkumin yang dipercaya berfungsi sebagai anti-oksidan. Metode pemutihan kulit dengan bubuk kunyit telah dipakai selama berabad-abad. Kunyit dipercaya bisa menghambat produksi melanin, yaitu pigmen yang membuat kulit menjadi lebih gelap. Selama ini banyak yang puas dengan cara kerja kunyit, meski secara klinis belum teruji.

Yogurt

Yogurt mengandung AHA, khususnya jenis asam laktat. Menurut penelitian, asam laktat merupakan zat yang paling efektif diserap oleh kulit. Kandungan tersebut bisa membantu proses pengelupasan kulit.

Membuat Masker di Rumah

Siapkan bahan-bahan di atas beserta air, madu, bubur oatmeal, dan minyak zaitun. Dengan bahan-bahan ini, Anda bisa membuat berbagai macam masker alami yang sehat.

Masker lemon

Campur perasan air lemon, madu, dan dua sendok teh bubur oatmeal. Oleskan pada wajah dan bagian yang diinginkan lainnya. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air. Selama pembilasan, gosok kulit secara lembut dengan gerakan memutar. Di sini bubur oatmeal bekerja selayaknya scrub yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati.

Selain cara di atas, ada pula hal mudah yang bisa Anda lakukan dengan perasan air lemon. Caranya ambil kapas, lalu celupkan di perasan air lemon. Oleskan kapas ke kulit Anda dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Anda juga bisa menambahkan air dengan takaran yang seimbang demi meminimalisasi tingkat keasaman air lemon yang bisa mengiritasi kulit.

Setelah perawatan ini, gunakan pelembap karena air lemon bisa membuat kulit menjadi kering. Sebisa mungkin jangan dulu keluar rumah saat siang hari karena air lemon bisa membuat kulit menjadi sensitif jika terkena sinar matahari. Jangan lakukan metode ini tiap hari karena bisa membuat kulit mengalami iritasi. Lakukan perawatan ini seminggu tiga kali untuk hasil terbaik.

Masker kunyit

Siapkan sejumput bubuk kunyit, dua sendok teh bubur oatmeal, dan beberapa tetes air lemon. Campur semua bahan hingga membentuk sebuah pasta yang kental. Oleskan ke kulit dan biarkan mengering. Setelah kering, bilas dengan air sambil menggosoknya secara lembut menggunakan ujung jari Anda. Masker ini cocok digunakan jika Anda memiliki kulit berminyak.

Anda juga bisa membuat masker dari campuran bubuk kunyit dan minyak zaitun. Perhatikan takarannya agar keduanya bisa membentuk pasta yang kental.

Masker pepaya

Kupas kulit pepaya, kemudian potong-potong. Haluskan potongan pepaya menggunakan blender hingga menjadi pasta yang lembut. Oleskan pada kulit dan diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

Masker yogurt

Campur yogurt (tanpa pemanis) dengan bubur oatmeal. Aduk merata hingga menjadi pasta. Oleskan pasta ke bagian tubuh yang Anda inginkan. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Anda juga bisa mencelupkan kapas ke yogurt, lalu mengoleskannya pada kulit.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan tabir surya ketika beraktivitas di luar rumah pada siang hari. Pilih tabir surya yang bisa melindungi Anda dari sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB) dengan kadar SPF minimal 15. Anda juga bisa terlihat putih dalam sekejap dengan trik make-up. Gunakan lipstick berwarna gelap agar terlihat kontras dengan warna kulit. Jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih juga dan mengonsumsi sayur serta buah agar kesehatan kulit tetap terjaga.