Jangan Malas Bergerak, Yoga Ibu Hamil Menyehatkan

Masa kehamilan bukan berarti masa bermalas-malasan. Penting untuk tetap aktif dan berolahraga sesuai kemampuan tubuh. Yoga ibu hamil merupakan salah satu latihan yang aman dan bermanfaat.

Jika selama ini Anda belum sempat mencoba yoga untuk kesehatan, jangan lewatkan yoga ibu hamil. Gerakan-gerakan di dalamnya tidak sesulit yang dibayangkan.

jangan malas bergerak yoga ibu hamil menyehatkan - alodokter

Ambil Manfaatnya

Baik ibu hamil yang sudah biasa melakukan yoga ataupun yang belum pernah, yoga dapat membantu kondisi tubuh menjadi lebih baik.

Manfaat yoga ibu hamil yaitu dapat membuat tubuh lentur, memperbaiki sirkulasi darah, meningkatkan keseimbangan, serta membentuk otot. Yoga ibu hamil juga bermanfaat melatih pernapasan lebih dalam dan merasa rileks.

Selain itu, yoga dapat memperbaiki kualitas tidur ibu hamil. Yoga semacam ini juga mampu menekan rasa nyeri punggung bawah, sesak napas, sakit kepala, dan mual. Bahkan, yoga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah pada ibu hamil.

Beberapa studi mendukung yoga ibu hamil dapat menurunkan risiko komplikasi kehamilan, sekaligus menurunkan tingkat stres dan rasa sakit. Ada pula kemungkinan menekan risiko berat badan bayi lahir rendah.

Selain fisik, yoga ibu hamil yang dilakukan bersama-sama dengan ibu hamil lainnya, dapat mendukung kondisi emosional. Kelas yoga semacam ini juga dapat memotivasi ibu hamil untuk terus berlatih.

Waktu Memulai Yoga

Waktu paling tepat untuk memulai yoga ibu hamil yaitu pada kehamilan trimester kedua yaitu 14 minggu ke atas. Yoga yang dilakukan pada trimester pertama tidak disarankan,  terutama pada yang belum terbiasa melakukan yoga.

Beberapa jenis yoga yang dianjurkan untuk dipilih yaitu yoga khusus kehamilan, yoga hatha, dan yoga restorasi. Hindari yoga bikram yang umumnya dilakukan pada ruangan yang panas dengan pose yang sulit. Tipe yoga lain yang banyak menggunakan tenaga seperti yoga ashtanga juga tidak disarankan.

Yoga ibu hamil dapat dilakukan 3-5 kali per minggu selama 30 menit. Meski demikian, berlatih setiap hari juga diperbolehkan, asalkan tidak berlebihan.

Sesuaikan dengan Kemampuan Tubuh

Mulai yoga ibu hamil dengan perlahan dan lembut. Minta instruktur untuk memodifikasi gerakan sesuai usia kehamilan Anda. Dengarkan instruksi serta perhatikan kondisi tubuh Anda.

Melatih pernapasan merupakan awalan yang sangat baik dalam kelas yoga. Ibu hamil akan diajarkan untuk mengambil napas dalam secara perlahan melalui hidung, hingga udara memenuhi paru-paru dan membuangnya perlahan. Latihan pernapasan ini sangat diperlukan agar Anda tetap tenang dan mencegah rasa sakit berlebihan saat melahirkan nantinya.

Gerakan yoga didesain untuk meregangkan, bukan memicu ketegangan. Pada yoga ibu hamil, ingat untuk menghindari pose yang meregangkan otot berlebihan, terutama perut. Jika Anda merasa tidak nyaman atau sakit, segera hentikan latihan yoga Anda

Meski yoga ibu hamil tergolong tidak berat, namun jika Anda merasa kepanasan, mual, dehidrasi, sakit perut, keluar cairan atau darah dari vagina, Anda dianjurkan segera berhenti.

Pastikan untuk selalu menyediakan air minum yang cukup saat berolahraga dan hindari latihan yang berlebihan. Tanda Anda masih berlatih sesuai kapasitas yaitu masih dapat berbincang dengan normal, tanpa kehabisan napas

Jika perlu, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu mengenai rencana Anda untuk berolahraga, termasuk dalam hal yoga ibu hamil. Namun, jangan pernah memaksakan diri.