Katanya Tidur Siang Bikin Gemuk, Perhatikan Faktanya

Tidur siang bikin gemuk? Siapa bilang! Coba cek dulu berbagai manfaat tidur siang berikut ini yang tidak kalah pentingnya.

Mungkin Anda pernah mendengar selentingan omongan yang mengatakan jika tidur siang bikin gemuk. Nyatanya, tidur siang justru lebih banyak manfaatnya daripada sisi negatifnya. Tidur siang bisa membuat kita lebih santai alias rileks, meningkatkan suasana hati (mood), mengurangi kelelahan, meningkatkan kewaspadaan, dan bahkan meningkatkan kinerja tubuh. Mau tahu apa lagi manfaat tidur siang? Yuk, simak fakta-fakta penting dari tidur siang.

Katanya Tidur Siang Bikin Gemuk, Perhatikan Faktanya - alodokter

Tidur Siang dan Sulit Tidur

Menurut pakar tidur, tidur siang bisa dijadikan salah satu solusi untuk mengobati kurang tidur. Tidur siang selama 15-20 menit sudah cukup untuk membuat tubuh menjadi segar kembali serta meningkatkan kewaspadaan, energi, dan kinerja motorik tubuh.

Tidur Siang dan Kerja Otak

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa tidur siang selama 5 menit dapat meningkatkan fungsi memori. Satu penelitian juga mengatakan jika tidur siang kurang dari 30 menit dapat meningkatkan kewaspadaan tubuh, kinerja, dan kemampuan belajar.

Sedangkan menurut penelitian lain, tidur siang selama kurang lebih 30-60 menit membantu meningkatkan memori dan kreativitas serta membantu menghafal kosakata atau mengingat arah. Terakhir, tidur siang 60-90 menit dinilai berperan dalam membuat koneksi baru dalam otak dan memecahkan masalah kreatif. [-

Tidur Siang dan Tekanan Darah

Salah satu penelitian mengungkapkan bahwa bahwa tidur siang dapat menurunkan tekanan darah.

Tapi…

Namun ternyata, tidur siang juga tidak boleh asal apalagi berlama-lama. Menurut salah seorang dokter, tidur siang selama 30 menit justru dapat menyebabkan sleep inertia, yaitu merasa bingung dan lambat bereaksi sesaat setelah bangun tidur. Bahkan, menurut satu penelitian, tidur siang selama lebih dari satu jam diduga mampu meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 46 persen.

Sedangkan, satu studi lain mengungkapkan bahwa tidur siang lebih dari 90 menit diduga mampu meningkatkan risiko sindrom metabolik sebanyak 50 persen. Sindrom metabolik mencakup kondisi seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, gula darah tinggi, dan kelebihan lemak di sekitar pinggang.

Demi mendapatkan tidur siang yang maksimal, optimal, nyenyak dan tanpa menimbulkan rasa kantuk yang lebih dalam, ada trik-trik yang bisa Anda praktikkan:

  • Anda sebenarnya bisa tidur hampir di mana saja. Tapi disarankan untuk mencari dan menemukan tempat yang Anda rasa nyaman atau di ruangan gelap (bisa juga memakai masker mata). Tidak adanya cahaya dapat membantu Anda tertidur lebih cepat.
  • Tidur siang hanya sebentar. Disarankan untuk tidur siang selama 20 sampai 30 menit saja. Jangan lupa untuk mengatur alarm di telepon genggam atau jam tangan Anda agar tidur Anda tidak kebablasan.
  • Mulailah tidur siang antara pukul 13.00 hingga 15.00 dan sudah bangun antara pukul 16:00 atau 17:00. Bangun dari tidur siang lebih dari pukul 17.00 justru dapat membuat Anda sulit tertidur di malam hari.
  • Jika Anda sulit tertidur, disarankan untuk mendengarkan musik santai atau siaran radio yang membosankan.

Jadi belum tentu tidur siang bikin gemuk. Jika tidur siang Anda terkendali ternyata memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bila Anda merasa ngantuk di siang hari, tidak ada salahnya untuk berhenti dari aktivitas dan mulai memejamkan mata sejenak.