Kena Infeksi Jamur di Selangkangan Bukan Hal yang Mustahil

Selain virus dan bakteri, jamur merupakan jenis kuman yang bisa mengusik kesehatan manusia. Salah satu bentuk serangannya adalah jamur di selangkangan. Meski terdengar aneh, namun hal ini tidak mustahil terjadi pada seseorang.

Meski jamur biasanya tidak berbahaya, namun mereka bisa berkembang biak dengan leluasa dan kemudian menyebabkan infeksi. Hal ini akan terjadi terutama jika kondisi mendukung. Kondisi yang mendukung tersebut antara lain suhu yang hangat, lembap, dan pengap di sekitar kulit tempat jamur berada. Selangkangan merupakan tempat yang biasanya memenuhi syarat-syarat tersebut sehingga sangat berpotensi menyebabkan infeksi jamur.

kena infeksi jamur di selangkangan bukan hal yang mustahil - alodokter

Karakteristik Infeksi Jamur di Selangkangan

Infeksi jamur di selangkangan bisa menular melalui kontak langsung dengan penderita atau tidak langsung melalui objek yang membawa jamur. Kebanyakan dari mereka yang terkena infeksi jamur di selangkangan bisa langsung mengetahuinya saat kerap timbul rasa gatal dan ruam di lokasi tersebut.

Adapun gejala-gejala yang mungkin muncul antara lain:

  • Daerah yang terinfeksi jamur akan ditandai dengan adanya ruam timbul berbentuk lingkaran dan berwarna kemerahan. Biasanya disertai tepi yang meninggi dibanding bagian tengah.
  • Terdapat rasa gatal, luka lecet, atau perih pada paha atau
  • Kulit mengalami pengelupasan atau permukaan kulit tampak pecah-pecah.
  • Pada pria, infeksi bisa terjadi sepanjang pangkal paha hingga ke skrotum.
  • Kulit yang mengalami infeksi jamur bisa juga ditandai dengan adanya sisik.

Pada kondisi lebih lanjut dari infeksi di daerah ini, ruam bisa berkembang menjadi benjolan bernanah atau berair. Pada sebagian kasus, ruam berpotensi menyebar ke luar paha. Gatal dan ruam mungkin menyebar ke daerah organ-organ kelamin juga, termasuk ke labia, vagina, skrotum, penis, dan anus.

Jika infeksi jamur di selangkangan terjadi pada perempuan, maka berpotensi berkembang menjadi keputihan. Sementara pada pria, infeksi berkemungkinan untuk berkembang di ujung penis, terutama jika belum disunat. Pada kasus yang parah, bisa menimbulkan kondisi tidak nyaman dan mengalami komplikasi, seperti luka terbuka, borok, dan pada beberapa kasus, selulitis.

Terapi Rumahan yang Bisa Diterapkan

Pada umumnya, infeksi jamur di selangkangan bisa disembuhkan tanpa harus ke dokter. Beberapa cara yang bisa dilakukan dalam rangka mengobati infeksi jamur jenis ini antara lain:

  • Setelah selesai mandi atau berolahraga, upayakan untuk mengeringkan daerah yang mengalami infeksi terlebih dahulu secara menyeluruh.
  • Cuci daerah yang terkena infeksi memakai sabun dan air hangat.
  • Oleskan krim antijamur pada daerah yang mengalami infeksi. Obat sejenis ini biasa dijual bebas di apotek.
  • Pakaian yang dianjurkan adalah pakaian yang berbahan katun dan tidak ketat, alias longgar. Pastikan juga untuk berganti pakaian tiap hari.
  • Obati infeksi jamur lainnya jika ada.
  • Jangan mengobati infeksi jamur dengan kortikosteroid, karena hanya akan memperparah infeksi jamur.

Hubungi dokter jika setelah sekitar 14 hari menjalani perawatan di atas dan kondisi infeksi belum juga mengalami perbaikan. Hati-hati, infeksi kemungkinan bisa berkembang ke arah yang lebih parah sehingga memerlukan penanganan yang tepat dari dokter.