Memanjangkan Rambut, Sekaligus Merawatnya

Rambut adalah mahkota bagi tiap perempuan. Rambut yang panjang dan indah dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi seorang perempuan agar terlihat cantik dan ayu.

Hampir tiap perempuan pasti mendambakan rambut panjang, tapi sayangnya ada yang dapat dengan mudah memanjangkan rambut, tapi ada pula yang kesulitan.

memanjangkan rambut, sekaligus merawatnya - alodokter

Pertumbuhan rambut juga dapat dipengaruhi oleh pola makan, hal ini dikarenakan rambut juga membutuhkan nutrisi dari dalam. Tiap helai rambut terdiri dari protein dengan jumlah besar. Oleh karena itu, rambut Anda membutuhkan cukup asupan protein untuk tumbuh.

Makanan yang Membantu Pertumbuhan Rambut

Agar dapat tumbuh dengan baik, rambut memerlukan nutrisi dari dalam yang didapatkan dari gizi makanan untuk menunjang pertumbuhan. Meski begitu, rambut tidak hanya membutuhkan protein, melainkan vitamin dan mineral lainnya juga. Berikut ini adalah makanan yang dapat menjaga kesehatan rambut dan membantu pertumbuhan rambut.

  • Daging ayam. Agar rambut dapat tumbuh dengan baik dan tidak rontok, maka dibutuhkan protein yang cukup. Daging ayam tanpa lemak dapat menjadi sumber protein untuk rambut Anda.
  • Telur. Tidak hanya daging ayam, ternyata telur juga dapat membantu pertumbuhan rambut karena mengandung protein, zat besi, dan vitamin B yang bagus untuk rambut.
  • Bayam. Seperti sayuran hijau lainnya, bayam bagus dikonsumsi untuk menjaga kelembapan kulit kepala sehingga rambut tidak mudah patah. Bayam mengandung folat, vitamin A, vitamin C, zat besi, dan beta karotin.
  • Salmon. Dengan kandungan asam lemak omega 3, salmon dapat membuat rambut Anda berkilau dan nampak sehat.
  • Jambu biji. Buah ini baik untuk rambut karena mengandung banyak vitamin C.
  • Kayu manis. Khasiat kayu manis dapat memperlancar sirkulasi peredaran darah dan membawa oksigen serta nutrisi ke folikel rambut.

Setelah mengonsumsi makanan yang dapat menunjang kesehatan dan pertumbuhan rambut Anda, tidak ada salahnya menggunakan perawatan alami sebagai tambahan perawatan rambut. Perawatan dengan menggunakan minyak kelapa dapat dilakukan di rumah sebelum tidur. Gunakan minyak kelapa pada rambut dan kulit kepala, lalu bungkus rambut Anda dengan penutup kepala untuk mandi, kemudian keramas pada keesokan harinya. Minyak kelapa memiliki struktur asam lemak dan dapat dengan mudah meresap ke batang rambut, sehingga dapat memperbaiki rambut yang rusak atau mudah patah.

Penghambat Pertumbuhan Rambut

Agar pertumbuhan rambut tidak terhambat, tentu selain menjaga kesehatannya dari dalam, kita juga perlu memperhatikan kebiasaan sehari-hari yang mungkin dapat merusak rambut dan menghambat pertumbuhannya. Contoh kegiatan yang dapat merusak rambut, seperti terlalu sering menggunakan pengering rambut, kebiasaan mencatok rambut, terlalu sering keramas, perawatan rambut dengan menggunakan bahan kimia, bahkan pewarnaan rambut.

Terlalu sering keramas dapat membuat rambut Anda kehilangan minyak alaminya sehingga rambut menjadi kering. Terlalu sering menyisir juga tidak baik untuk rambut Anda karena gesekan yang timbul pada saat menyisir berisiko membuat rambut patah. Menyisir rambut pada saat basah juga dapat merusak rambut Anda karena selain mudah patah, dapat merusak kutikula pada rambut. Jika Anda menggunakan pengering rambut atau catok tiap kali usai keramas, ada baiknya Anda mengurangi penggunaannya atau berhenti sama sekali. Hal tersebut bisa membuat rambut rusak, rapuh, dan kering. Jika Anda terpaksa harus menggunakan pengering atau catok rambut, sebaiknya gunakan panas yang paling rendah untuk meminimalkan kerusakan pada rambut.

Rambut memiliki tiga siklus pertumbuhan. Pada siklus tersebut, rambut akan mengalami pertumbuhan selama 2-8 tahun yang mana tiap tahun setidaknya rambut tumbuh sepanjang 15 cm. Selanjutnya folikel rambut akan mulai menyusut selama 2-3 minggu, lalu pada fase terakhir rambut akan beristirahat selama sekitar 2-4 bulan.

Jika Anda memiliki panjang rambut sebahu dan sulit untuk memanjangkannya lagi, hal tersebut bisa disebabkan karena Anda memiliki fase aktif pertumbuhan rambut yang singkat. Sedangkan jika Anda dengan mudah dapat memanjangkan rambut, maka artinya Anda memiliki fase aktif pertumbuhan rambut yang panjang.

Memanjangkan rambut bisa saja menjadi hal yang mudah jika kesehatan rambut terus terjaga dengan baik. Meski belum banyak penelitian mengenai makanan tertentu dapat dengan cepat memperpanjang rambut, setidaknya rambut membutuhkan kulit kepala yang sehat agar dapat terus tumbuh. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menjaga asupan gizi kita dan menghindari hal-hal yang sekiranya dapat merusak rambut.