Pinggang Kanan Sakit Jangan Sampai Mengganggu Aktivitas

Pinggang kanan sakit bisa disebabkan hal ringan, seperti kebiasaan membawa barang pada satu sisi tubuh hingga kemungkinan mengalami sakit ginjal. Membahas mengenai penyebab yang ringan, ada cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Sakit pada pinggang dan punggung bawah sebelah kanan sakit berisiko terjadi pada mereka yang berusia 30-an ke atas, terutama yang mengalami obesitas, sering mengangkat benda berat, dan juga tidak sering bergerak aktif. Daerah pinggang dan punggung bawah berperan melindungi jaringan tubuh, menyangga, dan menjadi poros pergerakan. Oleh karenanya, jika daerah ini sakit, maka pergerakan tubuh dapat terganggu.

pinggang kanan sakit-alodokter

Penyebabnya dapat beragam. Kebiasaan membawa barang hanya pada satu sisi tubuh, seperti tas hanya di pundak kanan, dapat menyebabkan peregangan pada otot punggung dan ligamen spinal sehingga memunculkan nyeri otot. Hal ini terutama jika berat benda tersebut terlalu berat. Selain itu Anda juga dapat merasakan pinggang kanan sakit saat olahraga dan menggerakkan tubuh secara berlebih sehingga menyebabkan otot pinggang tertarik. Ini lebih berisiko terjadi bagi Anda yang jarang berolahraga pada hari-hari kerja dan tiba-tiba berolahraga berjam-jam di akhir pekan.

Jika pinggang kanan sakit disebabkan oleh hal-hal ringan, Anda dapat mencoba melakukan cara-cara ini untuk meringankan gejalanya.

  • Jika Anda memang perlu membawa barang dalam jumlah banyak, barangkali dapat mempertimbangkan untuk menggunakan ransel yang dapat ditopang pada kedua pundak atau koper tarik beroda dibandingkan tas yang dibawa di satu pundak.
  • Seseorang yang tidak menjaga postur tubuh juga akan lebih berisiko mengalami pinggang kanan sakit. Oleh sebab itu biasakan untuk duduk dan berdiri dengan punggung tegak dan berpijak pada dua kaki secara seimbang.
  • Yoga dapat membantu meringankan gejala pinggang kanan sakit jika dilakukan secara teratur dalam jangka panjang. Informasikan kondisi Anda pada instruktur yang berpengalaman untuk mendapat penanganan khusus.
  • Pijat mungkin dapat meredakan pinggang kanan sakit.
  • Pada beberapa kasus, akupuntur dapat berperan mengatasi pinggang kanan sakit.
  • Jika dirasa sangat mengganggu, Anda dapat mengonsumsi obat pereda rasa sakit, seperti ibuprofen atau asetaminofen.
  • Duduk terlalu lama dalam posisi yang sama turut berisiko menyebabkan pinggang kanan sakit. Berdirilah setidaknya tiap 20 menit, misalnya untuk mengambil minum atau ke kamar kecil. Lebih baik lagi jika Anda dapat melakukan sedikit gerakan peregangan.
  • Gunakan meja dan kursi kerja yang ergonomis atau sesuai dengan posisi tubuh yang sehat.
  • Sepatu hak tinggi dapat meningkatkan risiko pinggang kanan sakit. Anda dapat mengganti sepatu hak tinggi Anda dengan hak yang lebih rendah.
  • Merokok dapat meningkatkan risiko seseorang terkena pengeroposan tulang atau osteoporosis.
  • Pertahankan berat badan untuk tetap ideal karena berat badan berlebih berisiko menyebabkan sakit pinggang.
Gerakan-gerakan olahraga sederhana juga dapat Anda lakukan di rumah untuk mengatasi sakit pinggan semacam ini. Berikut adalah beberapa gerakan yang dapat dilakukan secara rutin untuk meredakan pinggang kanan sakit. Satu hal yang perlu diingat, lakukan secara perlahan-lahan, terutama bagi Anda yang baru pertama kali melakukan gerakan ini.
  • Posisikan badan bertumpu di kedua lutut yang ditempelkan pada lantai dan kedua tangan di depan lutut, menyerupai posisi meja. Pastikan kedua tangan sejajar dengan bahu dan jaga punggung tetap lurus. Julurkan leher ke depan. Secara perlahan tarik pantat ke belakang hingga menyentuh tumit. Tahan selama satu tarikan napas panjang. Kemudian ulangi hingga 8-10 kali.
  • Berbaringlah dengan tangan terentang dengan kepala disangga bantal. Tekuk lutut dengan kedua telapak kaki menapak lantai. Perlahan gerakkan lutut ke samping sehingga tungkai kaki berada di sisi kiri/kanan badan dengan badan bagian atas masih menempel ke lantai. Tahan selama beberapa lama, lalu kembali ke posisi semula. Ulangi 8-10 kali.
  • Berbaringlah tengkurap dengan kedua tangan bertumpu pada siku. Secara perlahan-lahan, angkat tubuh bagian atas dengan menekan kedua tangan. Kedua kaki tetap menempel di lantai. Tahan selama 5-10 detik. Kembali ke posisi semula dan ulangi 8-10 kali.
Gerakan ini dapat juga diganti dengan berjalan kaki, berenang, atau bersepeda, sesuaikan saja dengan hobi yang Anda sukai. Namun perlu diingat bahwa ketika menjalani aktivitas ini, jangan berlebihan. Jangan sampai membuat tubuh kelelahan karena justru berisiko menambah cedera.

Pinggang Kanan Sakit, Tanda Sakit Ginjal?

Ginjal adalah sepasang organ penting seukuran kacang yang terletak pada bagian kiri dan kanan tubuh. Ginjal kanan terletak lebih rendah dibanding ginjal kiri karena terdapat organ hati. Posisinya yang dekat dengan pinggang membuat sakit pinggang dapat menjadi salah satu indikasi penyakit ginjal.

Pinggang kanan sakit yang disebabkan oleh sakit ginjal umumnya menimbulkan gejala berupa kemunculan rasa nyeri tiba-tiba yang tidak tertahankan pada sekitar area pinggang hingga di atas bokong. Pada beberapa kasus, pengidap mungkin akan merasakan demam, mual, muntah, nyeri saat buang air, dan adanya darah pada urine. Pinggang dapat terasa sakit pada kedua sisi atau kadang-kadang hanya pada salah satu sisi.

Biasanya nyeri ini disebabkan oleh batu ginjal. Selain itu, dapat pula oleh karena infeksi saluran kemih dan infeksi ginjal. Akan tetapi ada juga penyakit-penyakit lain yang gejalanya menyerupai sakit ginjal, seperti gangguan kandung kemih, cedera otot tulang belakang, herpes zoster, gangguan ginekologi, ataupun aneurisma aorta abdominal.

Maka dari itu, segera periksakan diri ke dokter jika sakit pinggang terasa parah dan tidak tertahankan sepanjang waktu, Anda tidak dapat mengontrol buang air kecil, atau sulit untuk berjalan dan berdiri. Kondisi-kondisi semacam ini bisa jadi menandakan kepada kondisi yang lebih serius dibandingkan sakit pinggang biasa.