Sakit pinggang sebelah kanan dapat membuat penderitanya tidak leluasa bergerak, bahkan hingga menghambat aktivitas. Ada beberapa cara untuk mengatasi sakit pinggang sebelah kanan, baik yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah maupun secara medis oleh dokter.

Pengobatan atau cara mengatasi sakit pinggang sebelah kanan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara mengatasi sakit pinggang pada umumnya.

Inilah Cara Mengatasi Sakit Pinggang Sebelah Kanan - Alodokter

Sama halnya dengan sakit pinggang secara umum, sakit pinggang sebelah kanan juga dapat disebabkan oleh cedera otot maupun salah posisi saat duduk, berdiri, atau beraktivitas.

Namun, pada kasus yang lebih berat, sakit pinggang sebelah kanan juga bisa disebabkan oleh penyakit, seperti artritis, penyempitan tulang belakang, bursitis, tendinitis, atau batu empedu, sehingga membutuhkan penanganan medis.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Jika Anda sedang mengalami sakit pinggang sebelah kanan yang ringan hingga sedang, Anda bisa mencoba perawatan di rumah sebagai berikut:

1. Beristirahat

Hindari melakukan aktivitas yang mengharuskan Anda menekuk pinggang atau memberi banyak tekanan pada pinggang kanan. Selain itu, upayakan untuk tidak tidur miring pada pinggang yang terasa sakit atau duduk dalam waktu yang lama.

2. Memberikan kompres

Kompres panas dan kompres dingin juga bermanfaat untuk mengatasi sakit pinggang sebelah kanan, jika digunakan secara tepat. Kompres panas paling baik digunakan untuk membantu mengendurkan otot yang tegang dan sendi yang kaku.

Sementara itu, kompres dingin paling baik digunakan untuk mengurangi sakit pinggang sebelah kanan karena peradangan, seperti yang disebabkan oleh bursitis atau tendinitis.

3. Melakukan peregangan

Saat sakit pinggang mengangggu aktivitas, cobalah hentikan sejenak kegiatan Anda dan lakukan peregangan. Peregangan dapat membantu meningkatkan fleksibilitas untuk mengurangi ketegangan pada otot yang mengelilingi pinggang. Dengan demikian, Anda akan merasa lebih nyaman.

4. Rutin berolahraga

Melakukan tai chi dan yoga secara rutin juga bermanfaat untuk membantu mengatasi sakit pinggang sebelah kanan. Gerakan-gerakan pada kedua olahraga ini dapat membantu meningkatkan fleksibilitas otot dan memungkinkan sendi panggul bergerak lebih leluasa.

Selain tai chi dan yoga, melakukan olahraga aerobik dengan intensitas rendah, seperti bersepeda dan berenang, juga baik untuk mengurangi sakit pinggang.

5. Memperbaiki postur tubuh

Upayakan agar tubuh Anda tetap tegap saat duduk atau berdiri. Memiliki postur tubuh yang baik bermanfaat untuk menjaga tulang dan sendi berada pada posisi yang benar, mengurangi tekanan berlebih pada otot pinggang, membantu mencegah artritis, dan mencegah agar tubuh tidak cepat lelah.

6. Menjaga pola makan

Salah satu gejala batu empedu adalah sakit pinggang sebelah kanan. Jika Anda berisiko mengalami batu empedu, baik karena kondisi kesehatan maupun faktor keturunan, upayakan untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang kaya akan serat. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi akan karborhidrat, gula, dan lemak.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, lakukanlah secara bertahap. Penurunan berat secara drastis dalam waktu singkat dapat meningkatkan risiko terkena batu empedu.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Sebelah Kanan secara Medis

Apabila berbagai cara mengatasi sakit pinggang sebelah kanan di atas tidak berhasil mengurangi keluhan, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter. Dokter dapat melakukan beberapa pemeriksaan untuk mendiagnosis dan menentukan penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang Anda derita.

Dokter akan menyarankan pemeriksaan fisik untuk memeriksa adanya tanda-tanda cedera atau infeksi, seperti pembengkakan di pinggang. Selain itu, dokter mungkin juga akan menyarankan pemeriksaan penunjang, seperti tes darah, tes urine, USG, foto Rontgen, CT scan, maupun MRI.

Setelah penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang Anda derita diketahui, barulah dokter memberikan penanganan yang sesuai. Berikut adalah pengobatan yang dapat diberikan dokter untuk mengatasi sakit pinggang sebelah kanan:

 1. Obat pereda nyeri

 Jika nyeri pinggang sebelah kanan disebabkan oleh ketegangan otot atau tendon, artritis, atau tendinitis, dokter biasanya memberikan obat pereda nyeri, seperti paracetamol, ibuprofen, atau naproxen.

Selain itu, dokter juga dapat merekomendasikan krim dan salep yang mengandung capsaicin untuk dioleskan pada area yang sakit.

2. Disease Modifying Antirheumatic Drugs (DMARD)

DMARD umumnya digunakan sebagai cara mengatasi sakit pinggang sebelah kanan yang disebabkan oleh rheumatoid arthritis. Obat ini bekerja dengan cara menghentikan atau memperlambat sistem imun yang menyerang sendi.

3. Kortikosteroid

Obat golongan kortikosteroid, seperti prednison dan kortison dalam bentuk obat minum atau obat suntik, berguna untuk mengurangi peradangan di dalam sendi panggul atau jaringan lunak di sekitarnya.

4. Obat batu empedu

Jika sakit pinggang sebelah kanan disebabkan oleh batu empedu, dokter akan meresepkan obat yang mengandung ursodiol atau chenodiol untuk meluruhkan batu empedu.

5. Hidroterapi

Hidroterapi adalah metode fisioterapi yang memanfaatkan tekanan dan suhu air untuk melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Air bertekanan akan memudahkan penderita sakit pinggang untuk menggerakkan dan melatih anggota tubuh, sedangkan suhu air yang hangat bermanfaat untuk meredakan nyeri.

6. Chiropractic

Chiropractic menjadi salah satu metode alternatif atau pengobatan pendamping sakit pinggang sebelah kanan. Pengobatan ini dilakukan dengan cara memberikan tekanan pada sendi dan tulang belakang menggunakan tangan atau alat bantu khusus. Chiropractic dapat mengurangi gejala sakit pinggang, tetapi tidak bisa mengatasi penyebabnya.

7. Operasi

Pada kasus sakit pinggang sebelah kanan yang berat, atau jika sakit pinggang tidak membaik dengan berbagai pengobatan di atas, pembedahan mungkin diperlukan. Jenis pembedahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit pinggang sebelah kanan adalah:

  • Hip replacement, untuk mengganti sendi panggul yang rusak dengan sendi baru buatan (prostesis)
  • Hip resurfacing, untuk mengurangi nyeri yang disebabkan oleh degradasi tulang rawan dengan melapisi kepala atau ujung tulang yang bermasalah
  • Hip revision, untuk memperbaiki sendi prostesis yang mengalami kerusakan karena cedera atau infeksi
  • Operasi pengangkatan kantung empedu (kolesistektomi), untuk mengatasi sakit pinggang sebelah kanan yang disebabkan oleh batu empedu

Jika cara mengatasi sakit pinggang sebelah kanan secara mandiri tidak berhasil mengurangi nyeri Anda, atau jika keluhan berlangsung lebih dari 2 minggu, jangan menunda untuk berkonsultasi dengan dokter.

Anda juga disarakan untuk pergi ke dokter jika sakit pinggang sebelah kanan yang Anda derita disertai dengan kesulitan menggerakkan pinggang dan kaki, kesulitan berjalan, atau tanda infeksi seperti kemerahan, bengkak, dan demam.