Asam ursodeoksikolat atau ursodeoxycholic acid adalah obat untuk mengatasi batu empedu berukuran kecil yang tidak bisa dioperasi dan mencegah pembentukan batu empedu pada pasien obesitas yang sedang menjalani penurunan berat badan.

Asam ursodeoksikolat adalah derivat asam empedu yang bekerja dengan cara untuk menurunkan jumlah kolesterol yang diproduksi oleh hati dan diserap oleh saluran pencernaan. Obat ini juga digunakan untuk mengobati penyakit primary biliary cholangitis.

asam ursodeoksikolat - alodokter

Merek dagang asam ursodeoksikolat: Deolit, Estazor, Urdafalk, Urdahex, Urdex, Urlicon, Ursolic, Ursochol 300, Ursodeoxycholic Acid

Apa Itu Ursodeoksikolat

Golongan Obat resep
Kategori Derivat asam empedu
Manfaat Mengatasi batu empedu yang berukuran kecil, mencegah terbentuknya batu empedu pada pasien obesitas, dan mengobati penyakit primary biliary cholangitis.
Dikonsumsi oleh Dewasa
Asam Ursodeoksikolat untuk ibu hamil dan menyusui Kategori B: Studi pada binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.

Asam ursodeoksikolat belum diketahui apakah dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Bentuk obat Tablet dan kapsul

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Asam Ursodeoksikolat

Asam ursodeoksikolat hanya boleh digunakan sesuai resep dokter. Sebelum mengonsumsi asam ursodeoksikolat, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Jangan menggunakan asam ursodeoksikolat jika Anda alergi terhadap obat ini. Beri tahu dokter tentang riwayat alergi yang Anda miliki.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi suplemen, produk herbal tertentu, atau obat, termasuk ciclosporin, colestyramine, antasida, dan pil KB.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang menderita sumbatan pada hati dan kandung empedu. Asam ursodeoksikolat sebaiknya tidak digunakan pada kondisi tersebut.
  • Selama menjalani pengobatan dengan asam ursodeoksikolat, dokter akan meminta Anda untuk melakukan tes fungsi hati dan pemeriksaan darah lengkap secara berkala.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang atau pernah menderita penyakit hati, kelainan kandung empedu, selain batu empedu, radang usus, batuk atau muntah berdarah, atau baru menjalani operasi pada saluran pencernaan.
  • Segera ke dokter jika Anda mengalami overdosis, reaksi alergi obat, atau efek samping yang serius setelah mengonsumsi asam ursodeoksikolat.

Dosis dan Aturan Pakai Asam Ursodeoksikolat

Dokter akan menentukan dosis dan lama pengobatan dengan asam ursodeoksikolat sesuai kondisi pasien. Berikut adalah pembagian dosis asam ursodeoksikolat berdasarkan tujuan penggunaannya:

  • Tujuan: Mengobati batu empedu
    Dosisnya adalah 8–12 mg/kgBB, 1 kali sehari sebelum tidur atau dibagi dalam 2 jadwal konsumsi, pengobatan dilakukan selama 3–4 bulan. Pada pasien obesitas, dosisnya adalah 15 mg/kgBB per hari.
  • Tujuan: Mencegah terbentuknya batu empedu pada penderita obesitas yang sedang menurunkan berat badan
    Dosisnya adalah 300 mg, 2 kali sehari.
  • Tujuan: Mengobati primary biliary cholangitis
    Dosisnya adalah 10–16 mg/kgBB per hari yang dibagi dalam 2–4 jadwal konsumsi, atau dapat dikonsumsi 1 kali sehari pada malam hari setelah 3 bulan pertama.

Cara Mengonsumsi Asam Ursodeoksikolat dengan Benar

Pastikan Anda membaca dulu petunjuk yang terdapat pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter dalam mengonsumsi asam ursodeoksikolat. Jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Konsumsi asam ursodeoksikolat secara teratur pada waktu yang sama setiap harinya. Asam ursodeoksikolat dapat dikonsumsi sebelum tidur. Telan obat dengan bantuan segelas air putih. Telan obat secara utuh, jangan mengunyah atau menghancurkannya.

Jika lupa mengonsumsi asam ursodeoksikolat, segera konsumsi jika jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya belum terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Asam ursodeoksikolat biasanya akan dikonsumsi dalam jangka panjang. Lakukan kontrol dan ikuti anjuran dokter selama menjalani pengobatan dengan asam ursodeoksikolat. Jangan menghentikan pengobatan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Simpan asam ursodeoksikolat di tempat kering, tertutup, dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Jauhkan obat dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Asam Ursodeoksikolat dengan Obat Lain

Penggunaan obat-obatan tertentu bersama dengan asam ursodeoksikolat dapat menyebabkan terjadinya interaksi yang tidak diinginkan, seperti:

  • Penurunan penyerapan asam ursodeoksikolat jika digunakan bersama cholestyramine atau obat antasida
  • Peningkatan efektivitas dari obat ciclosporin
  • Penurunan efektivitas asam ursodeoksikolat jika digunakan bersama obat clofibrate, pil KB, atau obat hormon yang mengandung estrogen

Efek Samping dan Bahaya Asam Ursodeoksikolat

Efek samping yang mungkin timbul setelah mengonsumsi asam ursodeoksikolat adalah:

  • Pruritus atau rasa gatal
  • Sakit kepala atau pusing
  • Sakit perut
  • Mual, diare, atau konstipasi
  • Gejala flu, seperti hidung tersumbat atau bersin
  • Rambut rontok
  • Nyeri punggung

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika keluhan tersebut tidak kunjung membaik dan semakin memburuk. Segera ke dokter jika muncul reaksi alergi obat atau muncul efek samping yang lebih serius, seperti nyeri saat buang air kecil, urine berdarah, denyut jantung cepat, muntah terus-menerus, gatal dan kemerahan di seluruh tubuh, atau rasa lelah yang tidak biasa.