Prosedur Medis untuk Operasi Tahi Lalat

Sebagian orang merasa kurang percaya diri memiliki tahi lalat sehingga menginginkan operasi tahi lalat demi menghilangkannya. Meski nyatanya, operasi tahi lalat tidak hanya dilakukan atas alasan kecantikan ataupun estetika semata.

Dokter spesialis kulit atau ahli dermatologi menganjurkan operasi tahi lalat apabila mendeteksi adanya sel-sel abnormal pada tahi lalat. Alasan inilah yang membuat dokter menjalankan prosedur biopsi, prosedur pemeriksaan sel-sel tahi lalat melalui mikroskop.

mole surgery_compress

Prosedur Operasi Tahi Lalat yang Sesuai Kaidah Medis

Sejumlah cara bisa dilakukan untuk menghilangkan tahi lalat yang bergantung kepada bentuk, ukuran, dan lokasi tahi lalat. Langkah pertama adalah dengan berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit atau ahli dermatologi.

Dokter akan melihat terlebih dulu kondisi tahi lalat pasien. Jika tahi lalat tidak mengalami perubahan bentuk atau ukuran, umumnya dianggap tidak membahayakan bagi kesehatan.

Perlu diingat bahwa prosedur operasi tahi lalat hanya dilakukan apabila dokter mendeteksi adanya sel-sel kanker pada tahi lalat. Prosedur operasi tahi lalat umumnya dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  • Bedah pencukuran (Shave Removal)

Metode ini biasa dilakukan untuk tahi lalat yang kecil dan lebih tinggi dari kulit di sekitar. Awalnya, dokter akan membius area yang akan diangkat dengan menyuntikkan anestesi lokal. Kemudian, pisau bedah digunakan untuk mengangkat seluruh tahi lalat yang lebih tinggi dari kulit sekitar. Pembedahan ini tidak memerlukan jahitan pada lokasi pembedahan karena kulit biasanya segera sembuh dalam waktu 1-2 minggu. Akan tetapi, hasil operasi tahi lalat ini tidak menjamin sepenuhnya bahwa tahi lalat tidak tumbuh kembali.

  • Pembedahan eksisi

Operasi tahi lalat dengan eksisi dilakukan untuk menghilangkan tahi lalat yang berukuran lebih besar. Selayaknya prosedur bedah pencukuran, dokter akan menggunakan pisau bedah untuk mengangkat bagian tahi lalat hingga ke akar-akarnya. Terakhir, bagian kulit bekas ditumbuhi tahi lalat akan dijahit.

  • Laser

Cara ini umum digunakan untuk menghilangkan kondisi tahi lalat yang rata dengan permukaan kulit yang berwarna cokelat. Pemakaian laser diberikan dengan menembakkan sinar khusus ke daerah yang ditumbuhi tahi lalat untuk menghilangkan pigmen berwarna cokelat.

Pelaksanaan operasi tahi lalat di atas memungkinkan untuk meninggalkan bekas luka di kulit. Namun, operasi tahi lalat yang berukuran lebih kecil dinilai dapat sembuh dengan cepat dan hanya meninggalkan sedikit bekas luka.

Tips Mencegah Kemunculan Tahi Lalat

Keberadaan tahi lalat, salah satunya didasari faktor genetik. Namun, sebenarnya keberadaannya bisa dicegah melalui tips-tips berikut ini.

  • Menggunakan produk tabir surya SPF 50.
  • Memakai pakaian yang melindungi dari sinar matahari, misalnya topi, baju lengan panjang, jaket dengan penutup kepala, dan celana jeans.
  • Melindungi diri di tempat teduh dan menghindari paparan sinar matahari langsung di bawah cuaca terik, yaitu pada sekitar pukul 10.00-16.00.

Waspadai, apabila di tahi lalat terdapat tanda-tanda perubahan ukuran, bentuk, warna, terasa gatal, atau berdarah, maka harus diperiksakan langsung kepada dokter. Hal sama berlaku bagi Anda yang ingin menjalani operasi tahi lalat estetika, dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit atau ahli dermatologi terlebih dahulu.