Cara menghilangkan bekas luka yang membandel sebenarnya mudah. Tidak hanya dengan menggunakan krim penghilang bekas luka, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami atau menjalani prosedur medis.

Muncunya bekas luka pada kulit bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari luka lecet karena terjatuh, tergores, teriris benda tajam, luka bakar, hingga luka karena iritasi pada kulit.

Ragam Cara Menghilangkan Bekas Luka Membandel - Alodokter

Bekas luka, terutama yang muncul di bagian wajah, umumnya bisa mengganggu penampilan dan membuat orang yang memiliki masalah kulit ini merasa kurang percara diri. Namun, tidak perlu khawatir. Bekas luka bisa diatasi dengan sejumlah cara.

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan bahan alami untuk menghilangkan bekas luka, berikut adalah beberapa pilihan yang mungkin bisa Anda coba di rumah:

1. Lidah buaya

Lidah buaya termasuk salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Selain bisa mengatasi kulit kering dan mencerahkan kulit, lidah buaya juga bisa membantu menyamarkan dan menghilangkan bekas luka membandel.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bekas luka cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke area bekas luka, kemudian diamkan selama sektiar 30 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air besih.

Untuk mendapat hasil yang maksimal, gunakan gel lidah buaya sebanyak 2 kali sehari.

2. Madu

Di balik rasanya yang manis, madu bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka, sekaligus menghilangkan bekas luka yang membandel. Ini karena madu mengandung efek antibakteri, antiradang, dan antioksidan yang baik untuk proses pemulihan luka di kulit.

Anda cukup mengoleskan madu ke area bekas luka, lalu balut dengan perban. Setelah itu, diamkan semalaman dan lepaskan perban di pagi hari. Bersihkan kulit dengan air hangat.

3. Minyak kelapa atau minyak zaitun

Tingginya kandungan antioksidan di dalam minyak kelapa, minyak jojoba, atau minyak zaitun dipercaya mampu menghilangkan bekas luka, terutama akibat jerawat atau dermatitis.

Anda cukup mengoleskan langsung minyak zaitun atau minyak kelapa ke bekas luka, sambil memijit secara perlahan selama sekitar 10 menit. Selanjutnya, biarkan kulit menyerap minyak selama minimal satu jam.

4. Bawang putih

Bawang putih sudah lama dikenal sebagai obat herbal untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan, termasuk masalah pada kulit. Tidak hanya mampu menghilangkan bekas jerawat, bawang putih juga dipercaya bisa membantu menghilangkan bekas luka akibat psoriasis.

Anda cukup mengoleskan bawang putih yang telah dihaluskan pada area bekas luka, kemudian diamkan beberapa menit. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan bawang putih dengan campuran lidah buaya atau madu.

5. Cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung zat asam yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati, mencegah infeksi bakteri, mengurangi produksi sebum, dan mengurangi peradangan. Oleh karena itu, cairan ini dinilai efektif dalam membantu menghilangkan bekas luka membandel, terutama bekas luka akibat jerawat.

Untuk menghilangkan bekas luka, Anda perlu mencampurkan 2 sendok teh cuka apel dengan 2 atau 3 sendok makan air putih, kemudian oleskan campuran cuka sari apel tersebut menggunakan bola kapas ke kulit.

Jika kulit Anda sensitif, Anda perlu membuat larutan air cuka yang lebih encer, yakni dengan 2 sendok teh cuka apel dan 5–7 sendok makan air bersih.

6. Baking soda

Meski sering digunakan untuk membuat adonan kue agar dapat mengembang, baking soda juga menjadi salah satu bahan alami yang dipercaya bisa menghilangkan bekas luka.

Anda cukup mencampurkan baking soda dengan air suling sedikit demi sedikit hingga berubah menjadi kental. Setelah itu, oleskan ke area bekas luka. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Meski beberapa bahan alami alami di atas dinilai dapat membantu menghilangkan bekas luka membandel, ada baiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

Pasalnya, sebagian orang, terutama yang memiliki kulit sensitif atau riwayat alergi, mungkin bisa mengalami iritasi setelah menggunakan bahan-bahan di atas.

Cara Menghilangkan Bekas Luka secara Medis

Jika cara alami tak bisa menghilangkan bekas luka, Anda dapat menempuh cara medis untuk menghilangkannya. Biasanya prosedur yang disarankan akan berbeda-beda, tergantung pada jenis luka dan lokasinya. Di antaranya:

1. Dermabrasi

Dermabrasi bisa dilakukan untuk mengatasi bekas luka di kulit yang membuat permukaan kulit tampak tidak rata. Prosedur ini dilakukan dengan cara mengikis bagian permukaan kulit bekas luka dan merangsang pertumbuhan jaringan kulit baru, sehingga lapisan kulit tampak lebih halus dan merata.

2. Mikrodermabrasi

Prosedur ini biasanya dilakukan pada bagian luka yang lebih kecil atau dangkal, seperti luka bekas jerawat yang ringan, garis halus, bintik penuaan, dan wajah kusam. Baik dermabrasi maupun mikrodermabrasi dapat dilakukan oleh dokter kecantikan atau dokter spesialis kulit.

3. Suntikan kortikosteroid

Suntikan kortikosteroid cocok bagi Anda yang memiliki bekas luka hipertrofi atau luka keloid. Suntikan ini dapat membantu melunakkan jaringan bekas luka dan mengecilkan benjolan di kulit yang muncul akibat bekas luka.

Namun, cara menghilangkan bekas luka ini perlu dilakukan beberapa kali dan membutuhkan waktu cukup lama agar hasilnya bisa terlihat.

4. Laser resurfacing

Laser resurfacing hampir sama dengan dermabrasi, dan membutuhkan waktu pemulihan yang lebih singkat dibandingkan perawatan dengan jenis laser terdahulu.

Penggunaan laser jenis baru dalam perawatan kulit ini dapat memberikan hasil yang lebih halus, karena bekerja pada jaringan kolagen dalam dermis tanpa menghilangkan lapisan atas kulit.

5. Balut tekan bersilikon

Jika Anda memiliki luka bekas cangkok kulit atau luka bakar besar, Anda dapat menggunakan balut tekan bersilikon di atas bekas luka. Dengan menggunakan balut ini, bekas luka akan terlihat lebih rata dan lembut. Prosedur ini harus dilakukan di bawah pengawasan dokter spesialis kulit.

Cara menghilangkan bekas luka memang cukup beragam. Metode apa pun yang Anda pilih, baik menggunakan bahan alami maupun prosedur medis, pastikan Anda telah berkonsultasi dulu dengan dokter kulit untuk mendapatkan rekomendasi penanganan bekas luka yang tepat.