Sehat dan Lezat, Buah untuk Penyakit Jantung Ini Patut Dicoba

Mengonsumsi buah untuk penyakit jantung bukan sulap atau sihir yang bisa langsung menyembuhkan. Namun, buah yang mengandung nutrisi tertentu dapat membantu melindungi kesehatan jantung, serta menurunkan risiko penyakit pembunuh nomor satu pada manusia yaitu serangan jantung.

Pola hidup sehat yang terdiri dari konsumsi makanan sehat dan bergizi, serta aktif berolahraga merupakan upaya mengurangi risiko penyakit jantung. Penyakit jantung tergolong penyakit kardiovaskular yang merupakan salah satu penyakit paling mematikan.

Fruit for heart disease_compress

Berikut beberapa jenis buah untuk penyakit jantung yang dapat menjadi pilihan :

  • Jeruk

Tidak hanya tinggi kandungan vitamin C, jeruk dipercaya mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini menurut beberapa penelitian, berkaitan dengan kandungan flavonoid, yang dapat menjaga kesehatan pembuluh darah agar terhindar dari risiko penyumbatan, termasuk di jantung. Anda bisa mengonsumsi jeruk segar atau diolah menjadi minuman jus tanpa tambahan gula.

  • Alpukat

Alpukat tergolong buah untuk penyakit jantung karena diperkaya lemak tak jenuh tunggal yang memiliki potensi untuk membantu mengurangi kadar kolesterol. Buah ini juga tinggi kandungan kalium yang berguna bagi kesehatan jantung dan sumber antioksidan yang baik bagi tubuh.

  • Pisang

Buah berwarna kuning ini merupakan jenis buah yang memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah sehingga dapat mengurangi risiko peningkatan kadar kolesterol, dan diperkaya kandungan kalium yang diharapkan membantu menurunkan tekanan darah, sehingga berfungsi menghindari risiko hipertensi yang merupakan salah satu faktor risiko serangan jantung.

  • Strawberry, blueberry, dan blackberry

Tiga buah ini mengandung senyawa antosianin yang memberi warna merah atau biru pada buah. Kandungan tersebut dipercaya mampu melebarkan pembuluh darah. Antosianin merupakan bagian dari senyawa antioksidan flavonoid. Penelitian menunjukkan, wanita berusia 25-42 tahun yang sering mengonsumsi buah ini memiliki risiko serangan jantung 32% lebih rendah, daripada mereka yang tidak mengonsumsinya.

  • Anggur

Anggur mengandung resveratrol yakni senyawa polifenol yang banyak terdapat pada bagian biji dan buahnya. Resveratrol bertindak sebagai antioksidan, yang juga membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah. Manfaat anggur yang sama bisa diperoleh dari minuman red wine. Namun, red wine tergolong minuman beralkohol yang dibatasi konsumsinya. Untuk itu, konsultasikan kepada dokter sebelum berkeinginan mengonsumsi red wine.

  • Tomat

Kandungan kalium pada tomat cukup tinggi untuk menjaga jantung tetap sehat. Tomat memiliki sedikit kandungan gula dan kalori. Buah merah terang ini juga merupakan sumber salah satu senyawa antioksidan, yaitu likopen. Likopen adalah karotenoid yang bisa membantu menghilangkan lemak jahat, mencegah tersumbatnya pembuluh darah, dan mengurangi risiko serangan jantung.

  • Delima

Penelitian menunjukkan, pemberian jus delima secara rutin per hari selama tiga bulan, bisa membantu melancarkan sirkulasi darah di jantung. Delima mengandung banyak antioksidan termasuk antosianin dan polifenol yang dapat menjaga kelenturan pembuluh darah. Jika sulit mencari buah delima, Anda dapat menggantinya dengan apel yang memiliki kandungan dan manfaat yang hampir mirip.

Meski masih membutuhkan penelitian klinis lebih lanjut dalam membuktikan kaitan dan efektivitas buah-buahan untuk jantung, namun sudah ada beberapa penelitian yang dapat menerangkan terdapatnya kaitan antara konsumsi buah-buahan dengan menurunnya risiko penyakit jantung.

Maka, ragam jenis buah untuk penyakit jantung di atas, bisa Anda coba untuk menjadi asupan sehat yang bermanfaat sebagai sumber nutrisi untuk menjaga stamina, daya tahan tubuh, dan juga menjaga kesehatan pembuluh darah, sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Selain mengonsumsi buah untuk penyakit jantung, Anda bisa menjaga berat badan ideal dan rutin melakukan kegiatan fisik seperti berolahraga demi menjaga kesehatan jantung.