Yang Mau Tahu Manfaat Daun Mint Cek di Sini

Daun mint memiliki cita rasa yang khas. Keunikan dari rasanya yang menyegarkan dan memberikan sensasi dingin di mulut membuat daun mint kerap dijadikan bahan tambahan untuk memperkaya rasa makanan dan minuman.

Selain biasa digunakan sebagai penghias sajian makanan, daun ini juga kerap dijadikan sebagai bahan pendukung pembuatan permen mint atau pasta gigi. Tidak hanya itu, daun mint yang termasuk kelompok tanaman herba ini turut memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

yang mau tahu manfaat daun mint cek di sini - alodokter

Bagi Anda yang menyukai aroma mint pada makanan, minuman atau bahkan produk-produk jenis lainnya, maka Anda adalah orang yang beruntung karena ternyata kebaikan daun mint untuk tubuh ada banyak, antara lain:

  • Baik untuk kesehatan gigi

Pasta gigi ataupun obat kumur yang diperkuat oleh dasar daun mint tentu mudah untuk Anda jumpai. Selain untuk memberikan efek segar, kandungan daun mint yang terdapat pada pasta gigi dan obat kumur memiliki fungsi membunuh bakteri jahat yang menempel di gigi, gusi, dan dinding mulut.

  • Melegakan pernapasan

Kandungan mentol yang terkandung di dalam daun mint mampu melegakan saluran pernapasan hidung dan mengencerkan lendir di hidung. Oleh karena itu, tanaman herba ini dapat digunakan untuk mengurangi gejala alergi terhadap partikel di udara seperti debu dan serbuk bunga.

  • Mengatasi masalah ketombe

Beberapa produsen produk kecantikan menjadikan mint sebagai bahan dasar sampo karena aromanya yang segar dan bersifat menenangkan. Tidak hanya itu saja, daun mint dapat mengatasi masalah ketombe pada rambut dan menyegarkan kulit kepala.

  • Meredakan sakit perut

Anda bisa coba meminum teh daun mint untuk meredakan sakit perut yang mengganggu. Cara membuatnya mudah, cukup dengan menyeduh satu sendok makan daun mint ke dalam air panas. Kandungan mint dalam teh daun mint dapat melemaskan otot-otot saluran pencernaan dan mengurangi kram perut.

  • Sebagai scrub untuk kaki

Minyak essensial yang terbuat dari daun mint dapat dijadikan sebagai scrub untuk kaki Anda. Cara membuatnya mudah, campurkan 6 tetes minyak esenssial mint dengan 1 gelas garam laut dan 1/3 cangkir minyak zaitun. Selain dapat mengangkat sel kulit mati, scrub yang terbuat dari minyak esensial daun mint ini dapat meredam nyeri otot kaki Anda.

  • Meredakan sakit kepala

Sakit kepala tegang biasanya muncul ketika Anda mengalami stres atau cemas berlebihan. Siapa yang menyangka bahwa Anda bisa mengatasinya dengan minyak mint. Dalam sebuah penelitian, mengoleskan minyak mint pada dahi dan pelipis dapat meredakan rasa sakit kepala.

Sakit kepala akibat konsumsi minuman beralkohol berlebihan juga bisa diredakan dengan olesan minyak mint di sekitar pelipis.

Daun mint memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Meski begitu, rupanya penggunaan daun mint juga dapat memberikan efek samping. Efek samping dari produk berbahan daun mint dapat berupa timbulnya rasa gatal-gatal, sesak napas akibat alergi, hingga menimbulkan rasa nyeri ulu hati. Segera konsultasikan kepada dokter jika timbul efek samping atau keluhan awal yang ingin diredakan justru menjadi makin parah.