Teh daun kelor bisa jadi pilihan teh herbal yang pas untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tidak gampang sakit. Selain itu, teh herbal ini juga bisa membantu mengontrol gula darah, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Untuk tahu manfaat teh daun kelor lebih lanjut, yuk simak artikel ini.

Teh daun kelor dibuat dari rebusan atau ekstrak daun kelor (Moringa oleifera). Daun kelor kaya akan nutrisi penting yang diperlukan tubuh, seperti protein, vitamin A, vitamin C, vitamin B2, vitamin B6, zat besi, magnesium, dan kalsium.

11 Manfaat Teh Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh - Alodokter

Daun ini juga termasuk salah satu sumber antioksidan yang baik. Berkat kandungan nutrisi dan antioksidannya tersebut, daun kelor sering diolah dan dimanfaatkan sebagai teh herbal atau jamu.

Ini Manfaat Teh Daun Kelor

Ada banyak manfaat teh daun kelor yang bisa kamu peroleh, yaitu:

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Imunitas tubuh bisa ditingkatkan dengan konsumsi makanan atau minuman sehat, termasuk teh daun kelor. Hal ini karena kandungan protein, vitamin C, dan zat besi pada daun kelor dapat meningkatkan dan memperkuat sel-sel darah putih pembentuk imunitas tubuh.

Dengan sistem imun yang kuat, tubuhmu bisa melawan kuman, bakteri, atau virus penyebab penyakit dengan lebih baik, sehingga kamu pun tidak mudah jatuh sakit.

2. Mengontrol kadar gula darah

Teh daun kelor bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes untuk membantu mengontrol kadar gula darah. Pada orang yang sehat, kandungan nutrisi dan antioksidan pada ekstrak atau teh daun kelor juga bisa memberi efek yang serupa, sekaligus membantu mengurangi risiko terkena diabetes.

3. Mencegah anemia

Kandungan zat besi yang tinggi pada teh daun kelor dapat mendukung produksi sel darah merah, sehingga anemia bisa dicegah. Selain itu, vitamin C pada daun ini juga dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi di dalam tubuh.

Manfaat ini juga bisa dirasakan oleh ibu hamil, lho. Penelitian membuktikan bahwa minum teh daun kelor pada ibu hamil yang dibarengi dengan konsumsi suplemen zat besi dan asam folat bisa meningkatkan kadar hemoglobin di dalam tubuh.

4. Meningkatkan energi

Kalau kamu sering merasa cepat lelah, mungkin sudah saatnya kamu menambahkan teh daun kelor ke dalam rutinitasmu. Tubuh yang memiliki cukup sel darah merah juga akan lebih berenergi, sehingga kamu tidak mudah lelah saat beraktivitas.

5. Melancarkan pencernaan

Secara tradisional, teh daun kelor bisa dikonsumsi untuk membantu melancarkan pencernaan. Jamu atau teh herbal dari daun kelor diketahui bisa membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit dan perut kembung.

6. Menjaga kesehatan prostat

Prostat memiliki peranan penting dalam reproduksi pria. Makanya, kesehatannya tak boleh sampai terabaikan. Senyawa yang terkandung teh daun kelor bisa membantu menjaga kesehatan prostat dan mencegah benign prostatic hyperplasia (BPH). Kondisi ini dapat membuat penderitanya mengalami masalah saat buang air kecil.

7. Menjaga kualitas sperma

Teh daun kelor mengandung antioksidan dan beragam nutrisi, seperti protein, vitamin dan mineral, yang baik untuk mendukung produksi dan kualitas sperma. Hal ini menjadikan teh herbal sebagai salah satu minuman sehat untuk mendukung kesuburan pria.

8. Menambah libido pria

Secara tradisional, teh daun kelor juga kerap digunakan untuk meningkatkan libido dan membantu mengatasi masalah seksual pada pria, seperti disfungsi ereksi. Meski demikian, masih diperlukan studi lebih lanjut untuk memastikan efektivitas dan keamanan teh daun kelor sebagai obat kuat dan penyubur alami pada pria.

9. Menjaga kesehatan dan fungsi otak

Teh daun kelor mengandung aneka nutrisi dan antioksidan yang baik untuk mendukung fungsi otak. Riset menyebutkan bahwa konsumsi teh daun kelor secara rutin dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan berpikir.

Teh daun kelor juga disebut dapat membantu melancarkan aliran darah, sehingga bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit tertentu pada otak, seperti stroke dan demensia.

10. Memelihara kesehatan dan fungsi jantung

Sifat antiradang dan antioksidan pada daun kelor diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah. Perlu kamu tahu, kolesterol yang menumpuk bisa menyumbat pembuluh darah jantung, sehingga risiko terjadinya penyakit jantung bisa meningkat.

11. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Teh daun kelor kaya akan antioksidan dan glukosinolat yang memiliki sifat antikanker. Senyawa tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker prostat, paru-paru, payudara, dan pankreas. Konsumsi teh daun kelor juga diduga dapat meningkatkan efektivitas obat kemoterapi tertentu.

Selain berbagai manfaat di atas, teh daun kelor juga baik memiliki beberapa manfaat lain, seperti mengurangi peradangan di dalam tubuh, membasmi bakteri, serta menjaga kesehatan dan fungsi hati.

Meski memiliki banyak manfaat, tingkat keamanan dan efektivitas teh daun kelor untuk kesehatan masih perlu diteliti lebih lanjut. Pada beberapa kasus, konsumsi teh daun kelor bisa menimbulkan beberapa efek samping, seperti kadar gula darah dan tekanan darah turun drastis.

Teh herbal ini juga diduga dapat menurunkan efektivitas obat-obatan, misalnya obat diabetes dan obat penurun tekanan darah. Hal ini karena teh daun kelor berpotensi menimbulkan efek interaksi obat.

Oleh karena itu, sebelum kamu mengonsumsi teh herbal apa pun, termasuk teh daun kelor, berkonsultasilah dengan dokter dahulu. Hal ini penting guna memastikan keamanan konsumsi teh daun kelor dengan kondisi kesehatan dan pengobatan yang sedang kamu jalani.