Hidung tersumbat bisa terjadi pada kedua hidung maupun pada salah satu hidung. Cara mengatasi hidung tersumbat sebelah bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari cara sederhana dengan menghirup uap air hangat, hingga mengonsumsi obat-obatan.

Hidung tersumbat sebelah sebelah bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti tidur miring, deviasi septum, polip hidung, atau ada benda asing yang masuk ke dalam hidung. Untuk mengatasi kondisi yang ringan, Anda bisa melakukan penanganan mandiri di rumah sebelum memeriksakan diri ke dokter.

5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah - Alodokter

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah tanpa Obat

Cara mengatasi hidung tersumbat sebelah tidak selalu harus dengan obat-obatan. Ada beberapa penanganan ala rumahan yang mungkin cocok untuk mengatasi hidung tersumbat sebelah, yaitu:

1. Mengompres hidung

Rendam handuk kecil dalam air hangat lalu peras, kemudian tempelkan di atas hidung yang tersumbat atau di dahi. Ulangi cara mengatasi hidung tersumbat sebelah ini beberapa kali sesuai kebutuhan.

Kompres hangat dapat membantu meringankan hidung tersumbat sebelah dengan cara membuka atau melebarkan saluran hidung dari luar. Cara ini juga dapat mengurangi gejala peradangan pada lubang hidung, yang menjadi penyebab hidung tersumbat.

2. Membilas hidung

Membilas hidung dengan larutan air garam juga bisa menjadi cara mengatasi hidung tersumbat sebelah. Anda bisa membeli larutan air garam di toko obat atau membuat sendiri di rumah.

Jika membuat sendiri, campurkan saja 1 gelas air hangat dengan ½ sendok teh garam dan sejumput baking soda. Lalu tuang larutan dalam neti pot dan bilas hidung yang tersumbat dengan posisi kepala mendongak.

Lakukan beberapa kali sehari untuk membantu membersihkan hidung dan menjaga saluran hidung tetap lembap. Setelah digunakan, jangan lupa untuk mencuci dan mengeringkan neti pot agar tidak mudah terkontaminasi bakteri.

3. Minum banyak air

Jangan lupa untuk minum banyak air jika hidung Anda tersumbat. Minum air dapat membantu mengencerkan dan mengeluarkan lendir di saluran hidung. Tidak hanya minum air putih, Anda juga bisa mengonsumsi teh hangat atau jus buah sebagai cara mengatasi hidung tersumbat sebelah.

4. Mandi air hangat

Mandi dengan air hangat juga dipercaya dapat mengatasi hidung tersumbat sebelah. Uap panas yang dikeluarkan oleh air hangat dipercaya dapat mengencerkan lendir di hidung, mengurangi peradangan, dan membantu melancarkan pernapasan Anda walau untuk sementara waktu.

Selain mandi, Anda juga dapat menghirup uap air hangat dari baskom atau menggunakan pelembap udara (humidifier) jika memang udara di lingkungan Anda cenderung kering.

5. Menggunakan bantal tambahan

Tidur telentang bisa membuat lendir menggenang dan menyumbat jalan napas, terutama di hidung. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menggunakan bantal lebih dari satu agar posisi kepala sedikit lebih tinggi dari tubuh.

Cara mengatasi hidung tersumbat sebelah ini dipercaya dapat membantu melancarkan saluran pernapasan Anda.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah dengan Obat

Selain cara-cara di atas, hidung tersumbat sebelah juga bisa diatasi menggunakan obat medis yang dijual bebas di apotek atau toko obat, seperti antihistamin dan dekongestan.

Meski demikian, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk konsumsi obat tersebut sebagai cara mengatasi hidung tersumbat sebelah. Pasalnya, hidung tersumbat dapat membaik dengan dengan sendirinya.

Namun, bila hidung tersumbat sebelah terjadi selama lebih dari 2 minggu atau disertai dengan demam tinggi, kulit atau bibir menjadi kebiruan, dan kesulitan bernapas, Anda dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Hidung tersumbat sebelah yang berlangsung lama dan disertai gejala lain mungkin merupakan tanda infeksi atau kondisi serius yang membutuhkan penanganan medis langsung oleh dokter.