Polip hidung adalah pertumbuhan jaringan pada dinding saluran pernapasan hidung atau pada sinus. Polip adalah jaringan yang lembut, tidak terasa sakit dan tidak bersifat kanker. Polip memiliki bentuk seperti anggur yang tergantung pada batangnya.

Polip hidung memiliki ukuran yang beragam dengan warna yang serupa. Polip dengan ukuran besar bisa menyumbat saluran hidung. Ini bisa menyebabkan munculnya gejala polip seperti hidung tersumbat, hidung berair, kesulitan bernapas, gangguan pada indera penciuman dan indera perasa. Sedangkan polip berukuran kecil mungkin tidak menimbulkan gejala apa pun. Polip tidak meningkatkan risiko penderitanya untuk menderita kanker hidung.

polip - Alodokter

Penyebab Polip Hidung

Hingga kini, penyebab dasar tumbuhnya polip belum diketahui. Polip hidung biasanya berisi cairan inflamasi. Pertumbuhan polip diduga adalah hasil dari inflamasi akibat alergi, infeksi, asma atau kelainan sistem kekebalan tertentu. Polip hidung yang besar juga bisa menimbulkan tumpukan lendir pada sinus hidung, sehingga menyebabkan infeksi.

Polip hidung bisa memengaruhi siapa saja, tapi lebih cenderung terjadi pada orang dewasa. Beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko menderita polip hidung adalah intoleransi terhadap aspirin, sindrom Churg Strauss, alergi rhinitis,sinusitis, dan fibrosis kistik.

Faktor genetika juga diperkirakan berperan dalam pertumbuhan polip. Seorang anak akan lebih berisiko mengalami polip hidung jika orang tuanya memiliki polip. 

Cara Mendiagnosis Polip Hidung

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik pada lubang hidung Anda, apakah terdapat polip hidung atau tidak. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan oleh dokter THT. Untuk memastikan diagnosis polip hidung serta letaknya, bisa dilakukan prosedur endoskopi. Selain itu, prosedur CT-scan dan biopsi bisa dijalankan jika memang diperlukan.

Pengobatan pada Polip Hidung

Kortikosteroid bisa digunakan sebagai obat untuk mengecilkan ukuran polip hidung. Obat ini bisa diberikan dalam bentuk tablet, infus, atau semprot. Selain memakai obat-obatan untuk polip hidung, kondisi ini juga bisa dihilangkan dengan cara operasi. Hal ini dilakukan jika polip tidak bereaksi terhadap obat-obatan yang diberikan. Polip hidung memiliki kecenderungan untuk muncul kembali, meski telah melalui pengobatan maupun operasi.