Hingga kini, masih belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan munculnya polip hidung. Polip hidung adalah lesi yang muncul hasil dari inflamasi pada jaringan saluran hidung atau sinus. Peradangan ini menyebabkan terkumpulnya sel-sel berisi cairan pada dinding saluran pernapasan hingga akhirnya terbentuklah polip. Tapi mengenai kenapa inflamasi ini terjadi masih belum jelas.

Ada beberapa hal yang diperkirakan bisa menyebabkan terjadinya inflamasi atau peradangan pada dinding saluran hidung. Peradangan yang terjadi bisa disebabkan oleh alergi,  infeksi bakteri, virus, atau pun jamur.

Adanya kelainan dalam sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan hidung juga bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan. Faktor keturunan juga berpengaruh kepada munculnya polip hidung. Jika salah seorang orang tua menderita polip hidung, maka Anda berisiko lebih tinggi untuk terkena polip. Selain itu, gangguan pada saraf di sekitar hidung juga dapat mengganggu cairan untuk mengalir sehingga menyebabkan inflamasi.

Polip hidung bisa terjadi pada siapa saja, tapi lebih umum menimpa usia remaja hingga dewasa. Polip paling sering terjadi pada sinus di sekitar mata, hidung dan tulang pipi.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko Anda mengalami polip hidung:

  • Sinusitis alergi jamur. Alergi terhadap jamur yang ada di udara.
  • Intoleransi terhadap aspirin. Kondisi ini diduga terkait dengan pertumbuhan polip hidung. Orang yang alergi terhadap aspirin memiliki kecenderungan untuk alergi terhadap obat anti inflamasi non-steroid (OAINS) lainnya juga.
  • Asma.Penyakit yang menyebabkan terjadinya inflamasi dan penyempitan pada saluran udara.
  • Alergi rhinitis. Alergi terhadap materi seperti debu dan bulu binatang yang menyebabkan gejala menyerupai pilek.
  • Fibrosis kistikKelainan genetika ketika tubuh menghasilkan cairan yang kental dan berlebihan pada sistem pencernaan dan pernapasan, termasuk ingus kental dari hidung dan juga selaput sinus.
  • Sindrom Churg Strauss. Kondisi ini menyebabkan peradangan pada pembuluh darah. Hampir semua penderita sindrom Churg Strauss akan mengalami asma  dan/atau alergi rhinitis.
  • Faktor keturunan. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa variasi genetis yang berhubungan dengan fungsi sistem imunitas tubuh akan membuat seseorang lebih mudah mengidap polip hidung.