Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terhadap hidung Anda, dan juga menanyakan beberapa hal tentang gejala yang Anda alami. Polip hidung mungkin bisa terlihat dengan memakai senter sederhana. Berikut ini adalah beberapa cara diagnosis untuk memastikan polip hidung yang ada:

  • Endoskopi hidung. Sebuah pipa kecil dengan kaca pembesar atau kamera dan cahaya di ujungnya akan digunakan oleh dokter THT untuk memeriksa lebih detail bagian dalam dari hidung dan sinus.
  • Pencitraan. CT-scan atau MRI bisa dilakukan untuk mendapatkan gambaran pencitraan yang bagus untuk mengetahui ukuran dan lokasi polip hidung.
  • Tes alergi.Tes ini mungkin perlu dilakukan untuk mengetahui apakah alergi yang Anda alami berkaitan dengan inflamasi atau peradangan kronis yang terjadi. Dokter akan memeriksa tanda-tanda terjadinya alergi dari kulit Anda.
  • Tes fibrosis kistik. Anak kecil yang menderita polip hidung dapat melakukan tes fibrosis kistik. Ini adalah penyakit genetika yang memengaruhi kelenjar yang memproduksi cairan tubuh seperti lendir, keringat, dan cairan pencernaan.