Cara menghilangkan mabuk alkohol dapat dilakukan untuk mengatasi berbagai keluhan, seperti mual, muntah, dan sakit kepala, akibat terlalu banyak minum minuman beralkohol. Dengan mengetahui cara efektif menghilangkannya, Anda pun bisa kembali beraktivitas dengan lebih nyaman. 

Mabuk alkohol dapat dialami akibat konsumsi minuman beralkohol terlalu banyak. Efek alkohol ini awalnya ditandai dengan pusing dan mual. Bila dikonsumsi terus-menerus, minuman beralkohol bisa memicu muntah dan menimbulkan efek hangover di keesokan harinya, seperti sakit kepala, tubuh lemas, dan nyeri ulu hati. 

5 Cara Menghilangkan Mabuk Alkohol yang Efektif - Alodokter

Berbagai Cara Menghilangkan Mabuk Alkohol 

Mabuk alkohol sebenarnya bisa membaik dengan sendirinya dalam waktu 24 jam. Meski begitu, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meredakan mabuk berat dan efek alkohol lain yang menyertai, seperti: 

1. Minum air putih

Cara menghilangkan mabuk alkohol yang paling mudah dilakukan adalah dengan minum air putih. Air putih dapat memperlambat penyerapan alkohol oleh tubuh, sehingga dapat menjaga kadar alkohol dalam darah tetap rendah. 

Selain itu, alkohol bersifat diuretik sehingga dapat memicu lebih sering buang air kecil dan mengurangi efek alkohol yang muncul.

2. Makan makanan berkarbohidrat

Minum minuman beralkohol dalam jumlah banyak bisa menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh menurun. Hal ini diketahui menjadi salah satu penyebab munculnya rasa pusing setelah mengonsumsi alkohol. 

Agar kadar gula darah kembali normal, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, oatmeal, dan roti. Selain itu, asupan karbohidrat juga bisa membuat energi di dalam tubuh kembali meningkat.

3. Mengonsumsi ginseng

Mengonsumsi ginseng juga dapat menjadi salah satu cara menghilangkan mabuk alkohol. Tanaman herbal ini memang kerap digunakan untuk pengobatan beberapa kondisi medis tertentu, seperti stres dan peradangan. 

Sebuah penelitian menunjukan bahwa ginseng merah dapat mengurangi berbagai gejala mabuk akibat konsumsi alkohol, seperti pusing, sakit kepala, dan sakit perut. Ini karena ginseng dapat mengontrol kadar gula darah dan tekanan darah di dalam tubuh.

4. Tidur yang cukup

Saat mengonsumsi minuman beralkohol berlebihan, tubuh akan terasa lemas seiring efek alkohol yang dapat menurunkan gula darah. Dengan tidur yang cukup, tubuh akan bekerja untuk mengembalikan energi yang terbuang sehingga Anda merasa lebih segar di keesokan harinya.

5. Mengonsumsi vitamin B6

Mengonsumsi vitamin B6 juga dapat mengurangi gejala mabuk akibat alkohol. Terdapat penelitian yang menunjukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak makanan dan minuman dengan kandungan zinc dan vitamin B memiliki tingkat mabuk yang lebih ringan. 

Penting untuk diingat bahwa beberapa cara menghilangkan mabuk alkohol di atas sebenarnya tidak benar-benar dapat menyembuhkan gejala mabuk sepenuhnya, melainkan hanya sebagai upaya agar terhindar dari mabuk berat dan gejala hangover di pagi harinya. 

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa satu-satunya cara yang dapat menghilangkan mabuk adalah waktu. Tubuh dengan sendirinya akan memproses alkohol dan kembali pada keadaan normal seiring berjalannya waktu.

Saat Anda berada di bawah efek alkohol, hindari aktivitas yang memerlukan fokus, seperti menyetir dan mengoperasikan mesin berat. Hal ini penting untuk dihindari karena berisiko menyebabkan kecelakaan yang membahayakan diri Anda dan orang lain. 

Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan tidak hanya dapat menimbulkan efek yang tidak nyaman, tetapi juga menimbulkan kecanduan alkohol. Oleh karena itu, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsinya terlalu sering agar terhindar dari berbagai komplikasinya, seperti penyakit liver, gangguan pencernaan, dan masalah kehamilan.

Namun, jika Anda merasa sulit untuk menghentikan kebiasaan minum alkohol atau mengalami gangguan kesehatan tertentu meski sudah melakukan berbagai cara menghilangkan mabuk alkohol, segera konsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda.