Mencukupi kebutuhan asupan zinc merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, ada banyak manfaat zinc bagi tubuh, seperti memperkuat daya tahan tubuh, meredakan peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka.

Zinc adalah salah satu mineral yang memainkan banyak peran penting di dalam tubuh, tetapi sayangnya, tubuh kita tidak memproduksi mineral ini. Oleh sebab itu, Anda perlu mencukupi kebutuhannya dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zinc atau mengonsumsi suplemen zinc.

Ketahui 6 Manfaat Zinc bagi Tubuh - Alodokter

Beragam Manfaat Zinc bagi Tubuh

Berikut ini adalah beragam manfaat zinc yang dapat diperoleh bila asupannya cukup:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Zinc memiliki fungsi untuk mengaktifkan sel darah putih yang disebut limfosit sel T. Sel ini memiliki peran sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan mencukupi kebutuhan zinc, maka kekebalan tubuh dalam melawan dan menetralkan patogen yang masuk ke dalam tubuh, seperti bakteri, virus, dan jamur, akan meningkat. Dengan begitu, risiko menderita berbagai penyakit juga bisa menurun.

2. Mengurangi peradangan

Selain mampu meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh, zinc dapat meredakan stres oksidatif, sehingga peradangan yang terjadi di dalam tubuh bisa mereda.

Hal ini pada akhirnya juga dapat menurunkan risiko Anda mengalami berbagai penyakit kronis akibat peradangan, seperti penyakit jantung, kanker, pneumonia, dan degenerasi makula terkait usia.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Zinc juga dapat mempercepat penyembuhan luka. Mineral ini memainkan peran penting dalam produksi kolagen, yakni serat protein yang memberi kekuatan dan tekstur elastis pada kulit. Bila produksi kolagen maksimal, luka bisa menyusut dan menutup dengan lebih cepat.

Berkat manfaatnya ini, zinc kerap dijadikan bahan dasar obat untuk mengatasi luka bakar, bisul, dan luka lainnya.

4. Mengobati infertilitas pria

Zinc kerap dijadikan obat untuk menangani kondisi infertilitas atau gangguan kesuburan pada pria. Pasalnya, zinc bisa membantu meningkatkan produksi hormon seks pria, yakni testosteron.

Selain itu, zinc juga memiliki potensi untuk dijadikan obat guna mengatasi disfungsi ereksi dan meningkatkan kualitas sperma.

5. Mengobati jerawat

Zinc memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan pada kulit, menghambat bakteri Propionibacterium acnes, dan menekan aktivitas kelenjar minyak. Semua hal ini pada akhirnya bisa membantu mencegah dan mengobati jerawat.

Oleh sebab itulah, suplemen zinc, baik yang diminum atau dioles, kerap diresepkan untuk mengatasi jerawat.

6. Mendukung pertumbuhan anak

Selain bermanfaat bagi orang dewasa, zinc juga dapat mendukung tumbuh kembang anak. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang menyebutkan bahwa mencukupi kebutuhan zinc pada anak dapat membantu mereka memiliki tinggi dan berat badan yang ideal.

Sebaliknya, kekurangan asupan zinc dapat menghambat pertumbuhan anak serta menyebabkan keterlambatan kognitif dan motoriknya.

Pilihan Makanan dengan Kandungan Zinc yang Tinggi

Jumlah konsumsi harian zinc yang direkomendasikan adalah 8 mg untuk wanita dewasa dan 11 mg untuk pria dewasa. Guna memenuhi kebutuhan ini, Anda bisa mengonsumsi berbagai makanan berikut:

  • Makanan laut, seperti, kepiting, tiram, lobster, dan kerang
  • Daging, seperti daging sapi, kambing, dan domba
  • Unggas, seperti ayam dan kalkun
  • Ikan, seperti ikan sarden dan salmon
  • Kacang-kacangan, seperti kacang polong, lentil, kacang hitam, dan kacang merah
  • Biji-bijian, seperti biji labu dan biji rami
  • Sayur-sayuran, seperti kangkung, asparagus, dan buncis
  • Produk olahan susu, seperti susu, yogurt, dan keju
  • Jamur
  • Telur

Selain bahan makanan tersebut, ada juga makanan olahan yang diperkaya dengan kandungan zinc, seperti tepung, sereal, dan snack bar.

Umumnya mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zinc sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan zinc harian Anda. Kendati demikian, ada juga beberapa kelompok orang yang perlu mengonsumsi suplemen zinc, misalnya lansia atau orang dengan penyakit tertentu yang berpengaruh pada penyerapan zinc dalam tubuh.

Perlu diingat bahwa konsumsi suplemen zinc tidak disarankan tanpa adanya rekomendasi dan anjuran dari dokter, sebab konsumsi suplemen zinc yang tidak tepat bisa menyebabkan berbagai efek samping, seperti mual, muntah, diare, bahkan kerusakan ginjal.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan terkait manfaat zinc bagi tubuh, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, terlebih jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.