Oil pulling atau berkumur dengan minyak sedang menjadi perbincangan banyak orang. Cara ini dipercaya memiliki beragam manfaat untuk menjaga kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut. Ketahui apa saja manfaat oil pulling dan cara melakukannya.

Oil pulling sudah sejak lama dikenal sebagai pengobatan Ayurveda dari India. Dalam praktiknya, oil pulling harus menggunakan minyak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan atau minyak nabati, seperti minyak kelapa, minyak wijen, minyak zaitun, atau minyak biji bunga matahari.

5 Manfaat Oil Pulling untuk Kesehatan Gigi dan Mulut - Alodokter

Berbagai Manfaat Oil Pulling

Berikut adalah beberapa manfaat oil pulling untuk kesehatan gigi dan mulut:

1. Menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut

Berkumur dengan minyak kelapa setiap hari selama 10–15 menit diketahui dapat membantu mengurangi jumlah bakteri di dalam mulut, termasuk bakteri Streptococcus mutans. Bakteri ini merupakan salah satu jenis bakteri yang sering menyebabkan  penumpukan plak dan kerusakan gigi.

2. Mencegah dan membantu mengobati radang gusi

Riset menyebutkan bahwa oil pulling dengan minyak kelapa atau minyak wijen memiliki efek yang hampir serupa dengan chlorhexidine, yaitu larutan antiseptik yang biasa terkandung dalam obat kumur untuk mengobati dan mencegah radang gusi (gingivitis).

Tak hanya itu, oil pulling dengan kedua minyak nabati tersebut juga mampu mengurangi pembentukan plak gigi di dalam rongga mulut.

3. Mencegah gigi berlubang

Selain dapat mengurangi plak gigi dan pertumbuhan bakteri di dalam mulut, oil pulling juga dinilai dapat membantu mencegah gigi berlubang. Namun, manfaat ini hanya bisa diperoleh, jika Anda juga rutin menyikat gigi 2 kali sehari, serta menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang masih tersangkut di sela-sela gigi.

4. Mengurangi bau mulut

Kebersihan mulut yang tidak terjaga sering kali menjadi penyebab utama timbulnya bau mulut atau halitosis.

Untuk mengatasi hal ini tidak cukup dengan rutin menyikat gigi. Anda juga dianjurkan untuk melakukan oil pulling dengan minyak wijen atau minyak kelapa. Ini karena minyak tersebut dapat membantu mengurangi jumlah bakteri penyebab bau mulut.

5. Memutihkan gigi

Oil pulling sering diklaim dapat membersihkan noda pada permukaan gigi sehingga menjadi salah satu cara memutihkan gigi secara alami. Namun, efektivitas oil pulling yang satu ini masih belum terbukti dan perlu diteliti lebih lanjut.

Berbagai manfaat oil pulling di atas memang baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Namun, secara umum, riset yang mendukung efektivitas dan keamanan oil pulling sebagai metode perawatan gigi dan mulut masih sangat terbatas.

Cara Melakukan Oil Pulling

Cara melakukan oil pulling terbilang sederhana dan mudah. Anda cukup berkumur seperti biasa, hanya saja bahan yang digunakan adalah minyak nabati. Namun, bagi Anda yang baru pertama melakukannya mungkin akan terkejut dengan sensasi berminyak di dalam mulut.

Jika tertarik untuk melakukan oil pulling, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Pilih salah satu minyak sesuai kebutuhan Anda, baik itu minyak kelapa, minyak wijen, atau minyak zaitun, kemudian takar satu sendok makan.
  • Mulai berkumur seperti biasa selama 15–20 menit. Bila Anda baru pertama kali melakukannya, cobalah berkumur selama 5 menit. Setelah terbiasa, baru Anda bisa berkumur selama 10 menit atau langsung 20 menit bila sanggup.
  • Setelah selesai berkumur, buang minyak ke tempat sampah. Hindari meludahkan minyak ke wastafel atau toilet karena dapat menyumbat saluran pembuangan.
  • Bilas mulut Anda dengan air setelah berkumur, kemudian tetap menyikat gigi seperti biasanya.

Hal yang perlu Anda ingat saat melakukan oil pulling adalah jangan menelan minyak saat berkumur dan lakukanlah dengan santai agar tidak menyebabkan nyeri pada otot-otot wajah.

Selain itu, beberapa orang mengatakan bahwa waktu yang terbaik untuk melakukan oil pulling adalah saat perut kosong dan sebelum menyikat gigi. Hal ini biasanya dilakukan saat mandi pagi.

Perlu Anda pahami bahwa aktivitas oil pulling tetap tidak bisa menggantikan peran menyikat gigi. Oleh karena itu, agar kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga dengan baik, Anda juga perlu menyikat gigi secara rutin 2 kali sehari yang dilanjutkan dengan pemakaian dental floss.

Oil pulling umumnya aman dilakukan. Namun, bila Anda ingin melakukan oil pulling sebagai salah cara pengobatan alami untuk mengatasi penyakit atau masalah tertentu pada gigi dan mulut, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter gigi.