Kemunculan varises sering kali mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Nah, untuk mengatasinya, ada cara menghilangkan varises yang dapat Anda coba lakukan, baik secara mandiri maupun medis. Dengan demikian, kaki indah bebas varises pun dapat Anda wujudkan.   

Varises dapat terbentuk saat tekanan dalam pembuluh darah meningkat. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kehamilan, sembelit, tumor, dan kelebihan berat badan atau obesitas. Jika tidak ditangani dengan tepat, varises dapat menimbulkan perdarahan, pembekuan darah, dan luka di kulit.

Cara Menghilangkan Varises secara Mandiri maupun Medis - Alodokter

Bahkan, varises dapat memicu luka kronis yang diduga bisa menjadi penyebab kanker kulit. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan varises guna mencegah berbagai komplikasi yang dapat terjadi.

Penanganan Varises secara Mandiri

Varises yang tergolong ringan dapat diatasi dengan melakukan perawatan secara mandiri di rumah. Perawatan ini dapat dilakukan dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat agar perkembangan varises melambat dan mencegah terjadinya komplikasi, seperti luka atau perdarahan.

Ada beberapa langkah menghilangkan varises yang bisa Anda lakukan secara mandiri, yaitu:

  • Hindari berdiri atau duduk terlalu lama.
  • Jaga berat badan tetap ideal.
  • Kenakan stoking kompresi.
  • Lakukan olahraga secara teratur.
  • Posisikan kaki lebih tinggi dari dada ketika berbaring.
  • Batasi penggunaan sepatu hak tinggi.

Bagi Anda yang sedang hamil dan menderita varises, jangan khawatir. Varises pada ibu hamil biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam 3–12 bulan setelah melahirkan.

Cara Menghilangkan Varises secara Medis

Jika kondisi tidak membaik dengan perawatan mandiri, ada beberapa cara menghilangkan varises melalui prosedur medis, di antaranya:

1. Operasi laser

Varises yang berukuran kecil dapat dihilangkan dengan operasi laser. Cara menghilangkan varises melalui operasi ini dilakukan dengan mengarahkan cahaya laser ke vena hingga varises memudar dan perlahan menghilang. Metode operasi laser ini tidak membutuhkan sayatan atau suntikan.

2. Mikroskleroterapi

Terapi untuk menghilangkan varises ini dilakukan dengan menyuntikkan cairan kimia dalam dosis kecil ke vena. Cairan kimia yang disuntikkan ini akan menimbulkan jaringan parut dalam pembuluh darah, sehingga menutup varises.

Cara menghilangkan varises dengan mikroskleroterapi perlu dilakukan beberapa kali hingga mencapai hasil yang diinginkan.

3. Terapi ablasi vena

Cara menghilangkan varises dengan terapi ablasi vena ini melibatkan sinar laser atau gelombang radio untuk menghasilkan panas. Panas yang dihasilkan nantinya digunakan untuk memanaskan bagian dalam vena dan menutupnya hingga varises memudar.

Sebelum prosedur dilakukan, dokter akan membuat area di sekitar vena mati rasa sehingga Anda tidak akan merasakan sakit. Meski demikian, terapi ini memiliki efek samping berupa nyeri, muncul memar, dan perubahan warna kulit.

4. Flebektomi

Flebektomi diawali dengan menempatkan cahaya yang disebut transluminator endoskopik di bawah kulit untuk melihat bagian vena yang perlu diangkat.

Selanjutnya, dokter akan membuat satu atau dua sayatan di kaki dan memotong vena yang akan diangkat. Efek samping yang dapat ditimbulkan dari prosedur ini adalah memar dan perdarahan.

5. Pengupasan vena

Untuk kasus varises yang parah, metode pengupasan vena atau ligasi akan digunakan oleh dokter. Metode ini diawali dengan mengikat vena, lalu membuat sayatan kecil untuk mengeluarkan vena tersebut.

Prosedur ini tergolong menyakitkan sehingga diperlukan bius total. Komplikasi yang dapat terjadi setelah prosedur pengupasan vena adalah infeksi, kerusakan saraf, memar, nyeri, dan perubahan warna kulit.

6. Bedah endoskopi vena

Bedah endoskopi vena dilakukan jika varises tergolong parah dan menyebabkan luka. Operasi ini diawali dengan membuat sayatan kecil di dekat vena yang terkena varises, lalu memasukkan tabung kecil dengan kamera di ujungnya.

Tabung dengan kamera ini dapat membantu dokter untuk melihat varises lebih dekat dan melakukan pengangkatan. Namun, prosedur bedah vena biasanya tidak memerlukan rawat inap.

Meski ada beragam metode mengatasi varises, alangkah baiknya bila Anda tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna menentukan cara menghilangkan varises yang tepat dan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.