Manfaat timun suri untuk kesehatan ada beragam. Meski tak banyak dibahas, perlu Anda tahu bahwa timun suri mengandung beragam nutrisi dan senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti kalium, kalsium, fosfor, vitamin C, flavonoid, hingga saponin.  

Timun suri termasuk ke dalam keluarga labu-labuan (Cucurbitacea) yang memiliki kemiripan dengan ketimun dan juga melon. Timun suri menjadi salah satu buah yang paling diburu ketika Ramadan karena buah ini nikmat untuk dijadikan sebagai hidangan berbuka puasa.

6 Manfaat Timun Suri bagi Kesehatan - Alodokter

Manfaat Timun Suri

Berikut adalah ragam manfaat timun suri untuk kesehatan tubuh yang sayang jika Anda lewatkan:

1. Menghidrasi tubuh

Timun suri termasuk ke dalam buah yang mengandung air cukup tinggi. Mengonsumsi timun suri dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Dalam timun suri juga terkandung kalium, yaitu mineral penting yang berperan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

2. Menghambat pertumbuhan bakteri

Kandung alkaloid, flavonoid, saponin, steroid, dan triterpenoid dalam timun suri diyakini dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa flavonoid dapat bermanfaat dalam melawan bakteri penyebab penyakit, misalnya Streptococcus sp. Namun, manfaat timun suri ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Beberapa sumber menyatakan bahwa vitamin C dan vitamin A yang terkandung dalam timun suri cukup tinggi, sehingga timun suri diduga bisa bermanfaat dalam meningkatkan imunitas tubuh. Kedua vitamin ini dapat membantu mendorong produksi sel darah putih, khususnya limfosit dan fagosit, yang berperan melindungi tubuh dari infeksi.

Vitamin C juga bersifat antioksidan sehingga dapat melindungi sel-sel imun dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C dibutuhkan tubuh untuk penyerapan zat besi, mengontrol tekanan darah, dan menurunkan kadar asam urat.

4. Menurunkan peradangan dalam tubuh

Selain berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin A diketahui dapat bermanfaat untuk meredakan peradangan. Sebuah penelitian pada hewan juga mengungkapkan bahwa vitamin A dari timun suri dapat menjaga kesehatan jaringan pada organ yang mengalami peradangan kronis. 

5. Membantu menjaga kesehatan tulang

Manfaat timun suri selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya.

Kalsium diketahui tidak hanya baik untuk kesehatan tulang dan gigi, tapi juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung, fungsi otot dan saraf, serta melancarkan aliran darah.

Sementara itu, fosfor bermanfaat untuk meningkatkan energi, mengurangi nyeri otot setelah olahraga, menyaring racun di ginjal, dan memelihara atau memperbaiki jaringan sel.

6. Mencegah anemia

Timun suri mengandung zat besi, sehingga konsumsinya dapat membantu mencegah anemia atau kelelahan. Hal ini karena zat besi merupakan komponen penting dari hemoglobin yang dibutuhkan untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Agar manfaat dari zat besi dapat diperoleh secara maksimal dan kebutuhan zat besi harian terpenuhi dengan baik, Anda sebaiknya juga mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi lainnya, seperti daging sapi, hati ayam, kerang, tiram, lentil, bayam, hingga kacang-kacangan.

Timun suri memang paling enak untuk disajikan dengan buah-buahan lain dan juga sirop atau susu kental manis. Namun, Anda sebaiknya tidak mencampurkan sirop dan susu kental manis terlalu banyak mengingat kandungan gulanya yang tinggi.

Jadi, jika mau berbuka puasa dengan minuman manis yang menggunakan campuran timun suri, sebaiknya hindari makanan atau minuman lain yang juga tinggi gula, agar asupan gula Anda tidak berlebihan.

Meski bermanfaat, tetap saja timun suri tidak dapat memenuhi semua kebutuhan nutrisi Anda. Di samping timun suri, Anda tetap perlu mengonsumsi makanan lain yang kaya akan protein, lemak sehat, dan serat. Bila perlu, tanyakan ke dokter mengenai pola makan dan jenis makanan yang sesuai untuk kondisi serta kebutuhan Anda.