Sebagian bayi ada yang terlahir dengan rambut tipis dan pendek. Hal ini membuat sebagian orang tua berusaha untuk melebatkan rambut buah hatinya dengan rutin menggunakan minyak rambut bayi. Tapi, Bunda jangan asal pilih minyak rambut ya, karena hal ini bisa jadi berbahaya untuk bayi.

Bayi dengan rambut yang lebat dan bervolume cenderung tampak lebih menggemaskan ya, Bun. Karena itulah, wajar bila banyak orang tua yang melakukan berbagai cara untuk membuat rambut buah hatinya agar lebih tebal, salah satunya dengan rutin menggunakan minyak rambut.

8 Pilihan Minyak Rambut Bayi yang Boleh Bunda Coba - Alodokter

Umumnya, minyak rambut bayi yang aman dan boleh digunakan adalah yang berasal dari bahan-bahan alami yang tidak mengandung alkohol atau zat pewangi.

Bunda tidak dianjurkan untuk memberikan produk penumbuh rambut bagi orang dewasa kepada Si Kecil. Hal ini karena kandungan bahan di produk tersebut tidak cocok untuk kulit bayi, sehingga bisa membuat rambut dan kulit kepala bayi mengalami iritasi.

Ini Beragam Pilihan Minyak Rambut Bayi

Berikut ini adalah beberapa pilihan minyak rambut bayi yang bisa Bunda pilih:

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa dikenal sebagai minyak yang bisa mengurangi rambut kehilangan protein dan menjaganya agar terlihat lebih sehat.

Minyak ini dipercaya bisa meningkatkan pertumbuhan rambut dengan melancarkan sirkulasi darah ke kulit kepala, membuat rambut tumbuh lebih panjang dan tampak bercahaya, serta mencegah terjadinya rambut rontok.

Penggunaan minyak kelapa juga bisa membuat rambut Si Kecil jadi lebih halus dan membasmi ketombe bayi, lho, Bun. Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai pelembap alami untuk kulit dan bibir bayi.

2. Minyak kemiri

Kandungan asam linoleat dan asam oleat pada minyak kemiri memiliki fungsi penting dalam menutrisi rambut Si Kecil agar cepat tumbuh serta melembapkan dan memperkuat rambutnya. Minyak kemiri juga bisa membuat rambut bayi lebih berkilau.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan yang sama dengan minyak kelapa, yaitu lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Sama seperti minyak kelapa, minyak ini juga bisa mudah terserap oleh kulit kepala dan rambut bayi.

Minyak rambut bayi ini bisa membuat rambut bayi bisa lebih kuat, tidak kering, dan halus. Berkat kandungannya, minyak zaitun pun bisa membuat pertumbuhan rambut Si Kecil jadi lebih subur dan sehat.

4. Minyak almond

Minyak almond juga bisa menjadi salah satu pilihan minyak rambut bayi, Bun. Berkat kandungan asam lemak, protein, serta vitamin B, dan vitamin E di dalamnya, minyak almond mampu menjaga kelembapan rambut, melindungi dan memperkuat rambut, dan merangsang pertumbuhan rambut bayi.

5. Minyak bunga matahari

Minyak bunga matahari juga dianggap dapat membuat rambut bayi tumbuh lebih cepat, karena ujungnya tidak mudah patah. Minyak ini mengandung beragam nutrisi penting, yaitu vitamin E, asam oleat, asam linoleat, dan sesamol.

Vitamin E dan sesamol bertindak sebagai antioksidan yang bisa membantu memperbaiki kerusakan rambut akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan zat lainnya juga turut menyehatkan rambut dan menghidrasi rambut agar tidak kering.

6. Minyak argan

Minyak argan atau argan oil juga memiliki manfaat luar biasa untuk rambut buah hati, Bun. Minyak ini mengandung sejumlah asam lemak jenuh dan tidak jenuh, polifenol, squalene, serta alkohol triterpen. Berkat kandungannya tersebut, minyak argan mampu menyehatkan rambut dari akar sampai ke ujungnya.

Minyak argan dipercaya bisa memperkuat tekstur dan akar rambut, sekaligus menjaga jumlah pigmen alami rambut (melanin) tetap normal, sehingga rambut Si Kecil tidak mudah kusam. Minyak rambut bayi ini juga bisa mengatasi masalah rambut pada bayi, seperti rambut mudah rontok, patah, kusut, atau bercabang.  

7. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh mengandung aneka nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan, yang dapat mendukung pertumbuhan rambut bayi.

Selain itu, minyak rambut bayi ini juga mengandung eugenol yang memiliki efek antibakteri dan antikutu. Berkat kandungan zat ini, minyak cengkeh bisa Bunda gunakan untuk membantu mencegah dan mengatasi masalah kutu rambut pada Si Kecil.

8. Minyak kedelai

Minyak rambut bayi ini diekstrak dari kacang kedelai yang kaya akan protein, lemak sehat, serta aneka vitamin dan mineral. Berkat kandungannya ini, minyak kedelai baik digunakan untuk menyuburkan dan memperkuat rambut bayi.

Untuk menggunakan minyak rambut bayi, Bunda cukup mengoleskan sedikit minyak ke rambut bayi secara merata, sambil dipijat perlahan. Kemudian, diamkan selama sekitar 20 menit atau hingga mengering dan bilas sampai bersih dengan air hangat.

Bunda juga bisa mencampur beberapa jenis minyak rambut bayi, seperti minyak cengkeh dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Saat diberikan kepada Si Kecil, usahakan minyak rambut bayi tersebut tidak terkena wajah dan matanya ya, Bun.

Berbagai jenis rambut bayi di atas umumnya aman digunakan, tetapi sebagian bayi mungkin bisa mengalami reaksi alergi atau iritasi ketika kulitnya bersentuhan dengan minyak rambut. Untuk memastikan keamanannya, sebaiknya Bunda konsultasikan dulu ke dokter sebelum menggunakan minyak rambut bayi untuk Si Kecil, ya.