Manfaat argan oil sebagai bahan alami untuk merawat dan mengatasi masalah kulit sudah terkenal sejak ratusan tahun lalu. Tak hanya baik untuk kecantikan, argan oil juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk tahu lebih banyak manfaat minyak argan, simak artikel berikut ini.

Argan oil merupakan minyak yang terbentuk secara alami dari biji buah pohon argan. Minyak argan murni telah digunakan selama berabad-abad sebagai pengobatan rumahan dan bahan masakan. Belakangan ini, argan oil juga banyak dimanfaatkan sebagai produk perawatan kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Argan Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan - Alodokter

Manfaat Argan Oil untuk Kesehatan

Argan oil mengandung antioksidan polifenol dan beragam nutrisi, seperti vitamin E, asam oleat, dan asam linoleat. Berkat kandungannya tersebut, argan oil memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan lemak sehat, antioksidan, dan vitamin E pada argan oil baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit, seperti flu dan COVID-19.

2. Meredakan peradangan

Argan oil mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan akibat cedera atau infeksi. Selain memiliki sifat antiradang, argan oil juga dipercaya mampu meringankan nyeri, misalnya nyeri sendi dan nyeri otot.

Meski demikian, manfaat argan oil sebagai antinyeri dan antiradang dalam pengobatan untuk penyakit tertentu masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Mengontrol gula darah

Sebuah riset di laboratorium menunjukkan bahwa argan oil juga bermanfaat untuk mencegah peningkatan kadar gula darah dan menurunkan risiko resistensi insulin. Manfaat argan oil ini baik untuk mencegah terjadinya diabetes.

Meski demikian, belum ada riset yang membuktikan bahwa argan oil efektif dan aman digunakan sebagai obat diabetes. Oleh karena itu, jika Anda menderita diabetes dan ingin menggunakan argan oil, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

4. Menjaga kesehatan jantung

Argan oil mengandung banyak lemak sehat dan antioksidan. Beberapa riset menunjukkan bahwa konsumsi argan oil dapat meningkatkan kadar lemak baik (HDL) serta menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

Efek ini menjadikan argan oil baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terjadinya penyakit kadiovaskular.

5. Mencegah penyakit kanker

Argan oil mengandung vitamin E, antioksidan polifenol, dan zat antiradang. Berkat kandungan tersebut, argan oil dipercaya mampu mencegah penyakit kanker. Beberapa riset sejauh ini juga menunjukkan bahwa argan oil terlihat dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Meski demikian, manfaat argan oil sebagai pengobatan kanker atau suplemen untuk mencegah kanker masih perlu diteliti lebih lanjut.

Agar terhindar dari kanker, Anda juga perlu menjalani gaya hidup sehat, yaitu dengan tidak merokok, membatasi konsumsi minuman beralkohol, mengontrol stres, dan menjalani pola makan sehat.

6. Membantu proses penyembuhan luka

Uji coba terhadap hewan di laboratorium menunjukkan bahwa argan oil dapat membantu proses pemulihan luka. Dalam penelitian tersebut, hewan yang mengalami luka bakar terlihat mengalami pemulihan luka lebih cepat setelah lukanya diberi argan oil.

Meski demikian, manfaat argan oil untuk membantu penyembuhan luka pada manusia masih belum banyak diteliti. Oleh karena itu, Anda perlu berkonsultasi ke dokter jika ingin memanfaatkan minyak argan sebagai obat untuk merawat luka.

Manfaat Argan Oil untuk Kecantikan

Manfaat argan oil untuk kecantikan dan kesehatan kulit juga cukup banyak, di antaranya:

1. Melembapkan kulit

Kandungan vitamin E di dalam argan oil diketahui mampu menjaga kelembapan kulit. Selain itu, kandungan antioksidan dan asam lemak omega-3 di dalam argan oil juga bisa meningkatkan produksi kolagen dan mencegah munculnya keriput atau kerutan pada kulit.

2. Mengobati jerawat

Argan oil mengandung sifat antiradang dan antioksidan yang baik untuk meredakan peradangan pada kulit, termasuk jerawat. Meski demikian, masih diperlukan studi lebih lanjut untuk memastikan manfaat argan oil sebagai obat jerawat alami.

Jika jerawat masih saja membandel meski Anda telah menggunakan argan oil, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

3. Memudarkan stretch mark

Argan oil juga kerap digunakan sebagai salah satu bahan alami yang dapat mengurangi peradangan dan membuat kulit lebih elastis, sehingga mampu memudarkan stretch mark.

Meski demikian, tak hanya menggunakan argan oil, Anda juga perlu menjaga berat badan agar tetap ideal guna mencegah dan mengatasi stretch mark.

4. Mencegah penuaan dini

Argan oil merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan sebagai produk perawatan kulit. Jenis minyak ini dapat mendukung perbaikan dan pemeliharaan jaringan kulit serta mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

5. Menjaga kesehatan rambut

Tak hanya baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit, argan oil juga bermanfaat untuk menyuburkan dan menjaga kelembapan rambut. Selain itu, jenis minyak ini juga diketahui dapat mengatasi ketombe di kulit kepala. Ini berkat kandungan vitamin E dan antioksidan yang terdapat pada minyak argan.

Meski diyakini memiliki beragam manfaat, penggunaan argan oil juga harus dilakukan dengan hati-hati. Segera hentikan penggunaan bila terjadi reaksi alergi, seperti muncul ruam kemerahan, gatal, dan bengkak pada kulit.

Jika ingin mengetahui lebih jauh manfaat argan oil untuk kesehatan dan kecantikan atau ingin menggunakan argan oil sebagai pengobatan untuk penyakit tertentu, Anda dianjurkan untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu.