Bunda mungkin ragu untuk menyusui saat flu karena khawatir Si Kecil akan tertular. Padahal, menyusui saat flu aman untuk dilakukan, kok, asalkan dengan cara yang tepat. Mari simak apa saja tips yang bisa Bunda lakukan agar aman menyusui Si Kecil.

Bukan saja aman, menyusui saat flu bahkan sebenarnya baik untuk dilakukan. Pasalnya, hal ini bisa membuat bayi memperoleh antibodi dari tubuh Bunda untuk melawan flu. Hanya saja, menyusui saat flu memang harus dibarengi dengan tindakan pencegahan agar virus tidak menular kepada Si Kecil.

Bunda, Yuk, Ketahui Tips Aman Menyusui Saat Flu - AlodokterTips Aman Menyusui Saat Flu

Berikut adalah beberapa tips aman menyusui saat flu yang bisa Bunda terapkan:

1. Cuci tangan dengan rutin

Hal pertama yang perlu Bunda lakukan bila ingin menyusui saat flu adalah mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, baik sebelum dan sesudah menyusui. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus penyebab flu ke Si Kecil dan payudara Bunda.

Agar lebih aman dan bersih, Bunda juga bisa membersihkan payudara dengan sabun dan air hangat sebelum mulai menyusui, ya.

2. Kenakan masker

Saat sedang flu, Bunda juga dianjurkan untuk memakai masker ketika hendak menyusui Si Kecil. Ini bermanfaat untuk menghindari penyebaran virus dan kuman melalui percikan air liur (droplet), saat Bunda bersin, batuk, atau berbicara.

Selain itu, Bunda disarankan untuk membatasi kontak fisik dengan Si Kecil, misalnya menciumnya. Pemakaian masker dan pembatasan kontak fisik juga penting untuk mencegah penularan virus Corona dari ibu menyusui kepada bayinya, lho.

3. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup, penting untuk Bunda lakukan agar cepat pulih dari flu. Hal ini bisa Bunda lakukan, misalnya dengan menyusui sambil berbaring. Selain itu, Bunda juga bisa memompa ASI, kemudian meminta bantuan kepada orang terdekat untuk memberikan ASI perah kepada Si Kecil.

Dengan begitu, Bunda bisa mendapatkan waktu lebih untuk mencukupi kebutuhan istirahat saat flu agar bisa cepat pulih.

4. Cukupi kebutuhan cairan

Kondisi tubuh yang sedang kurang fit atau sakit bisa membuat jumlah ASI berkurang pada sebagian ibu menyusui. Nah, untuk menjaga tubuh tetap fit, mencegah dehidrasi, sekaligus meningkatkan jumlah ASI, Bunda dianjurkan untuk minum air putih yang cukup.

Asupan cairan yang dibutuhkan oleh ibu menyusui adalah sekitar 3,5 liter per hari atau setara 14–15 gelas air putih. Namun, jika Bunda bosan minum air putih, kebutuhan cairan juga bisa diperoleh dari minuman lain, seperti jus buah segar, susu, teh, infused water, atau makanan berkuah.

5. Hubungi dokter sebelum mengonsumsi obat flu

Flu biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari atau minggu. Namun, bila Bunda ingin mengonsumsi obat flu agar cepat sembuh, sebaiknya Bunda berkonsultasi dulu dengan dokter, ya.

Pasalnya, tidak semua obat aman untuk dikonsumsi saat menyusui, Bun. Beberapa obat bahkan bisa menyebabkan berkurangnya suplai ASI. Jadi, Bunda perlu lebih hati-hati, ya.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Bunda tetap dapat menyusui saat flu tanpa perlu khawatir Si Kecil akan tertular. Nah, selain untuk mencegah penularan flu kepada Si Kecil saat menyusui, berbagai tips menyusui di atas juga bisa Bunda lakukan sebagai bagian dari protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19, lho.

Apabila Bunda masih takut atau tidak yakin untuk menyusui ketika flu, jangan ragu untuk berkonsultasi dan bertanya kepada dokter, ya, Bun.