Saat terserang flu, ibu menyusui tidak boleh sembarangan minum obat, terlebih obat yang dijual bebas di pasaran. Akan tetapi bila tidak segera diobati, flu mungkin saja dapat menulari bayi, lho. Lalu, obat flu seperti apa yang aman dikonsumsi oleh ibu menyusui?

Flu atau influenza adalah penyakit yang ditularkan oleh virus. Anda bisa saja tertular virus ini melalui percikan air liur di udara, yang dikeluarkan oleh penderita ketika bersin dan batuk, atau saat tidak sengaja menyentuh benda yang telah terpapar virus flu. Bila mengalaminya, Anda akan merasakan gejala-gejala seperti demam, pilek, hidung tersumbat, dan sakit kepala.

Ketahui Obat Flu untuk Ibu Menyusui di Sini - Alodokter

Cara Memilih Obat Flu yang Aman untuk Ibu Menyusui 

Sebenarnya, bila Anda istirahat yang cukup dan mencukupi asupan cairan harian, flu bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi bila flu yang Anda alami sangat berat hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, Anda dianjurkan untuk minum obat agar gejala cepat mereda, sehingga Anda bisa mengurus bayi Anda lagi.

Berikut ini adalah beberapa pilihan obat flu untuk ibu menyusui yang aman dikonsumsi:

1. Paracetamol

Paracetamol aman dikonsumsi oleh ibu menyusui ketika flu karena tidak memengaruhi pasokan ASI. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi produksi zat penyebab peradangan, yaitu prostaglandin.

Dengan menurunnya kadar prostaglandin di dalam tubuh, maka akan membuat demam dan nyeri mereda. Namun bila Anda minum obat flu lainnya, maka pastikan bahwa obat yang diminum tidak mengandung paracetamol juga, ya, agar dosis yang Anda minum tidak berlebihan.

2. Dekongestan

Obat dekongestan yang mengandung pseudoephedrine atau phenylephedrine digunakan untuk melegakan hidung yang tersumbat saat flu. Bagi ibu menyusui, obat dekongestan dalam bentuk tetes lebih dianjurkan karena dipercaya tidak berpengaruh pada pasokan ASI dan aman untuk bayi.

3. Ibuprofen

Meskipun obat ini masuk ke dalam ASI, Anda tidak perlu khawatir karena obat ini tidak berbahaya untuk Anda dan juga bayi. Ibuprofen tidak memberikan efek samping pada buah hati Anda. Obat ini bisa mengurangi gejala demam, nyeri otot, dan sakit kepala saat flu.

4. Antihistamin

Bila flu yang Anda alami timbul karena reaksi alergi, Anda memerlukan obat flu yang mengandung antihistamin. Akan tetapi, obat jenis ini cenderung memiliki efek samping mengantuk setelah diminum. Jika ingin minum obat antihistamin, pilihlah loratadine atau ceritizine karena kecil kemungkinannya untuk membuat Anda mengantuk.

Selain dengan keempat jenis obat di atas, flu juga bisa segera sembuh bila Anda mengonsumsi makanan sehat, minum air yang banyak, melembapkan udara di rumah dengan menggunakan humidifier, serta beristirahat yang cukup.

Mengantisipasi Penularan Melalui Kontak Fisik dengan Bayi     

Meski sedang mengidap flu, bukan berarti Anda absen dari kewajiban menyusui bayi, ya. Anda tidak perlu takut untuk tetap menyusui. Sebab ketika sakit, bayi akan mendapatkan antibodi atau zat kekebalan tubuh melalui ASI. Hal ini sangat berguna untuk menangkal serangan penyakit yang sedang diderita oleh Anda.

Agar Si Kecil tidak tertular flu yang sedang diderita oleh Anda, beberapa langkah berikut bisa dilakukan, di antaranya:

  • Janganlah bersin di hadapan bayi, dan gunakan masker selama Anda sakit.
  • Cuci tangan dengan sabun setiap akan menyentuh atau memegang bayi.
  • Pakaikan selimut bersih pada bayi saat Anda memangkunya.
  • Jangan berbagi alat makan, seperti gelas, piring, dan mangkok bersama dengan bayi.
  • Bersihkan payudara Anda dengan air hangat dan sabun saat hendak menyusui.

Itulah keempat obat flu untuk ibu menyusui yang boleh saja diminum ketika flu melanda. Akan tetapi bila Anda ragu, jangan sungkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter terkait obat flu jenis apa yang sesuai dengan kondisi Anda.