Amil nitrit adalah obat golongan vasodilator yang digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat serangan angina. Di samping itu, obat ini juga bermanfaat sebagai antidot, guna mengatasi keracunan sianida.

Amil nitrit bekerja dengan melebarkan pembuluh darah, agar pasokan oksigen dan darah ke jantung meningkat. Kondisi tersebut akan mengurangi beban kerja jantung. Amil nitrit hanya boleh digunakan dengan resep dokter, karena pemakaian yang melebihi dosis dapat membahayakan penggunanya.

Amil nitrit-alodokter

Tentang Amil Nitrit

Golongan Vasodilator
Kategori Obat resep
Manfaat
  • Mengatasi angina
  • Menangani keracunan sianida
Digunakan oleh Dewasa
Kategori kehamilan dan menyusui Kategori C: studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.Belum diketahui apakah amil nitrit dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Bentuk obat Larutan dalam ampul, untuk dihirup (inhalasi)

Peringatan:

Hati-hati menggunakan obat ini apabila memiliki alergi pada nitrat organik, menderita anemia berat, gangguan otot jantung, hipotensi ortostatik, atau jika baru saja mengalami cedera kepala.

Obat ini dapat menyebabkan pusing dan pingsan, terutama saat bangun dari duduk atau berbaring. Bangun secara perlahan dapat membantu mengurangi pusing. Namun bila kondisi tersebut terus berlanjut atau makin memburuk, segera periksakan diri ke dokter

Hindari mengonsumsi minuman beralkohol selama menggunakan amil nitrit, karena dapat menyebabkan pusing dan pingsan. Selain itu, penurunan tekanan darah yang signifikan dapat terjadi.

Beri tahu dokter jika sedang menggunakan obat-obatan lainnya, termasuk suplemen dan produk herba.

Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis setelah menggunakan amil nitrit, segera temui dokter.

Dosis Amil Nitrit

Kondisi Bentuk Obat Usia Dosis
Angina Inhalasi Dewasa 0.3 mL (1 ampul). Hirup melalui hidung sebanyak 2-6 kali.Ulangi dalam 3-5 menit bila diperlukan.
Keracunan sianida Inhalasi Dewasa 0.3 mL (1 ampul). Hirup selama 15 hingga 30 detik, dengan jeda waktu 2 menit.

Menggunakan Amil Nitrit dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan baca petunjuk penggunaan pada kemasan obat, sebelum menggunakan amil nitrit.

Amil nitrit sangat mudah terbakar. Oleh karena itu, letakkan obat ini di tempat tertutup dengan suhu ruang, dan jauhkan dari panas dan api, terutama bila hendak digunakan.

Jauhkan amil nitrit dari jangkauan anak-anak, dan buang bila telah kedaluwarsa.

Interaksi Obat

Penggunaan amil nitrit bersama dengan sildenafil, dapat menyebabkan tekanan darah menurun, pusing, hingga pingsan. Dalam beberapa kasus, penggunaan sildenafil yang dikombinasikan dengan obat golongan nitrat dapat menyebabkan kematian.

Efek Samping Amil Nitrit

Sebagaimana obat-obat lain, amil nitrit juga berpotensi menyebabkan efek samping. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi setelah menggunakan obat ini adalah: