Gatal pada selangkangan bisa disebabkan oleh beragam hal. Cara mengatasinya perlu disesuaikan dengan kondisi yang menjadi penyebabnya. Oleh karena itu, agar gatal pada selangkangan bisa ditangani dengan tepat dan dapat dicegah, kenali apa saja penyebabnya.

Bila Anda mengalami gatal pada selangkangan, ada beberapa gejala penyerta yang bisa membuat Anda merasa makin tidak nyaman, antara lain kulit di area selangkangan mengelupas, lecet, kemerahan, dan perih. Bukannya tidak mungkin juga kulit di selangkangan jadi luka dan infeksi akibat Anda sering menggaruknya.

Penyebab Gatal pada Selangkangan dan Cara Mengatasinya - Alodokter

Penyebab Gatal pada Selangkangan

Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan rasa gatal pada selangkangan:

1. Infeksi jamur

Infeksi jamur dermatofita atau yang disebut juga sebagai tinea cruris adalah salah satu penyebab gatal pada selangkangan yang paling umum. Kondisi selangkangan yang umumnya lembap dan hangat sangat mendukung jamur ini untuk berkembang biak dengan lebih cepat.

Perkembangbiakan jamur dermatofita akan menyebabkan kulit di sekitar selangkangan menjadi gatal, dengan ruam yang berwarna merah dan berbentuk seperti cincin, bersisik, dan terkadang juga terasa nyeri.

2. Molluscum contagiosum

Gatal pada selangkangan juga bisa disebabkan oleh virus Molluscum contagiosum. Infeksi virus ini bisa menyebabkan timbulnya benjolan seperti kutil, tetapi lebih keras dan terletak di bawah kulit lapisan atas.

Kondisi ini bisa terjadi akibat kontak langsung dengan orang yang juga terinfeksi Molluscum contagiosum atau bisa juga karena menyentuh benda yang terkontaminasi oleh virus, seperti handuk atau pakaian.

3. Infeksi menular seksual

Gatal pada selangkangan bisa terjadi akibat infeksi menular seksual, seperti herpes genital, klamidia, gonore, sifilis, infeksi kutu, dan kutil kelamin. Penyakit menular seksual tidak hanya membuat selangkangan terasa gatal, tetapi biasanya juga menyebabkan rasa nyeri dan sensasi terbakar pada kulit.

4. Iritasi atau alergi

Iritasi atau reaksi alergi juga bisa menjadi penyebab gatal pada selangkangan. Pemicunya bisa beragam, mulai dari pakaian dalam yang terlalu ketat, semprotan genital, tisu basah, hingga pembalut beraroma.

Selain kondisi-kondisi di atas, gatal pada selangkangan juga bisa disebabkan oleh kondisi peradangan, psoriasis, atau infeksi kutu kemaluan yang bersarang di rambut area kelamin.

Cara Mengatasi Gatal pada Selangkangan

Rasa gatal pada selangkangan bisa sangat mengganggu dan membuat Anda menjadi tidak nyaman saat beraktivitas. Untuk mengatasinya, lakukanlah beberapa cara berikut ini:

Gunakan obat antigatal

Untuk mengatasi gatal pada selangkangan, Anda bisa mengonsumsi obat antigatal yang dijual bebas di apotek, seperti antihistamin.

Selain itu, Anda bisa menggunakan krim atau losion antigatal, yang umumnya dapat memberikan sensasi dingin untuk menyamankan kulit. Krim atau losion ini juga bisa mengandung antihistamin dan antinyeri untuk mengurangi rasa gatal dan perih akibat iritasi.

Gunakan obat antijamur

Bila gatal pada selangkangan terlihat seperti infeksi jamur, Anda dapat menggunakan krim, salep, atau bedak antijamur yang bisa Anda beli secara bebas di apotek.

Namun, bila Anda tidak yakin apa penyebabnya atau bila rasa gatal tidak juga reda dengan obat antijamur, sebaiknya periksakan ke dokter. Bila memang penyebabnya adalah jamur, dokter akan meresepkan krim atau salep antijamur dan mungkin juga obat antijamur yang diminum.

Mengonsumsi obat antibiotik

Gatal pada selangkangan yang disebabkan oleh infeksi bakteri perlu diobati dengan antibiotik. Selain itu, area yang gatal dan sering digaruk bisa mengalami infeksi bakteri, walaupun penyebab awalnya bukanlah infeksi bakteri.

Pada kondisi ini, dokter akan meresepkan obat antibiotik untuk mengobatinya infeksi bakteri. Perlu Anda ingat bahwa penggunaan antibiotik harus sesuai resep dokter atau di bawah pengawasan dokter. Hindari menggunakan antibiotik secara sembarangan atau tidak sesuai anjuran dokter.

Menjalani operasi

Beberapa penyebab gatal pada selangkangan perlu diatasi dengan operasi sederhana. Misalnya, gatal pada selangkangan yang disebabkan oleh kutil atau Molluscum contagiosum memerlukan operasi untuk mengangkat kutil dari kulit. Dengan begitu, gatal pada selangkangan bisa teratasi.

Menghindari pencetus alergi atau iritasi

Gatal pada selangkangan yang disebabkan oleh alergi atau iritasi umumnya akan mereda bila Anda menghindari pencetusnya. Sebagai contoh, bila Anda menggunakan pembalut beraroma, coba hindari penggunaan pembalut tersebut dan ganti dengan pembalut tanpa pewangi.

Cara Mencegah Gatal pada Selangkangan

Gatal pada selangkangan bisa dicegah dengan berbagai cara, di antaranya:

  • Jaga area selangkangan tetap bersih dan kering.
  • Gunakan pakaian yang dapat menyerap keringat.
  • Gunakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun.
  • Hindari berbagi baju atau handuk dengan orang lain.
  • Hindari terlalu lama mengenakan pakaian atau celana lembap atau basah, misalnya setelah berolahraga atau berenang.
  • Hindari menggunakan pakaian dalam atau celana yang terlalu ketat.
  • Cuci pakaian, pakaian dalam, kaus kaki, atau handuk tiap kali setelah dipakai.
  • Gunakan kondom ketika berhubungan intim dengan orang yang tidak diketahui riwayat seksualnya.

Gatal pada selangkangan umumnya tidak berbahaya. Namun, bila keluhan ini sering terjadi atau berlangsung lebih dari 2 minggu, Anda perlu memeriksakannya ke dokter. Dengan begitu, penyebabnya bisa diketahui dan Anda bisa mendapatkan pengobatan yang sesuai.