Menjaga asupan nutrisi tidak hanya penting dilakukan saat hamil, namun juga usai melahirkan. Bunda perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya gizi demi menjaga kebugaran tubuh saat pemulihan.

Setelah melahirkan, kehidupan Bunda tentunya akan jadi lebih melelahkan. Selain karena harus mengurus bayi, rasa lelah bisa juga disebabkan oleh baby blues atau kekurangan zat besi. Oleh karena itu, Bunda membutuhkan asupan kaya nutrisi yang bisa membuat tubuh tetap fit.

Asupan Ini Penting Dikonsumsi Usai Melahirkan, Lho! - Alodokter

Ragam Asupan yang Dibutuhkan Usai Melahirkan

Berikut adalah beberapa asupan yang bisa membuat Bunda lebih fit dan bertenaga setelah melahirkan:

1. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks

Karbohidrat merupakan sumber tenaga utama bagi tubuh. Namun, konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, roti gandum, sereal dari biji-bijian utuh, sayuran, buah, dan kacang-kacangan.

2. Makanan berpotein

Makanan yang mengandung protein bisa membuat Bunda bertenaga dan kenyang lebih lama. Selain itu, protein juga dibutuhkan untuk pemulihan dan daya tahan tubuh. Contoh makanan berprotein yang bisa Bunda pilih antara lain adalah telur, makanan laut, daging tanpa lemak, keju, susu, dan yoghurt.

3. Makanan kaya zat besi

Tubuh membutuhkan zat besi untuk memproduksi hemoglobin, yaitu molekul pada sel darah merah yang mengikat dan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Nah, jika tubuh kekurangan zat besi, produksi hemoglobin bisa berkurang dan Bunda akan rentan mengalami anemia.

Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang kaya akan mineral ini. Beberapa contoh makanan yang banyak mengandung zat besi adalah daging merah, ikan, unggas, hati sapi, dan hati ayam.

4. Air putih

Jika kurang minum air putih, tubuh Bunda bisa jadi lemas. Maka dari itu, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih sebanyak 2 liter per hari, atau sekitar 8 gelas. Bila perlu bawalah botol air minum ke mana pun Bunda pergi, agar tidak lupa untuk minum.

Batasilah konsumsi minuman berkafein. Minuman ini memang bisa menambah energi seketika, namun saat efeknya hilang, Bunda justru akan merasa lebih lelah. Lagi pula, kafein dapat memengaruhi ASI dan membuat bayi lebih rewel dan sulit tidur.

Sesibuk apa pun mengurus Si Kecil, Bunda harus tetap memerhatikan asupan nutrisi agar tubuh Bunda tetap sehat. Awali hari dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat kompleks saat sarapan, seperti roti gandum, telur rebus, dan susu.

Jika Bunda sering merasa lemas, mudah sakit, atau mengalami keluhan kesehatan tertentu setelah melahirkan, konsultasikanlah ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.