Selain menyebabkan nyeri ulu hati, penyakit asam lambung juga bisa memicu batuk. Batuk karena asam lambung naik biasanya lebih sering muncul pada malam hari atau setelah banyak makan. Kondisi ini perlu diatasi dengan tepat agar tidak sampai mengganggu tidur atau aktivitas.

Meski bisa disebabkan banyak hal, batuk terus-menerus juga dapat dipicu oleh penyakit asam lambung atau GERD. Biasanya, batuk karena asam lambung muncul bersamaan dengan gejala lain, seperti nyeri ulu hati, suara serak, sulit menelan, dan bau mulut.

Begini Cara Mengatasi Batuk karena Asam Lambung - Alodokter

Alasan GERD bisa menyebabkan batuk belum diketahui secara pasti. Namun, naiknya asam lambung ke kerongkongan diduga menjadi pemicunya. Pasalnya, kondisi ini bisa menyebabkan kerongkongan mengalami iritasi sehingga memicu munculnya batuk.

Cara Mengatasi Batuk karena Asam Lambung

Batuk karena asam lambung biasanya berupa batuk kering. Jenis batuk ini bisa mengganggu penderitanya apalagi jika muncul menjelang tidur atau memerlukan fokus ketika beraktivitas.

Bila Anda mengalaminya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi batuk karena asam lambung, yaitu:

1. Minum air putih yang cukup

Batuk karena asam lambung naik bisa diatasi dengan minum air putih hangat. Dengan mengonsumsi air putih hangat, tubuh pun tetap terhidrasi dan iritasi tenggorokan bisa teratasi sehingga batuk berkurang.

2. Minum air jahe

Minuman untuk asam lambung yang juga bisa meredakan batuk adalah air jahe. Jahe bersifat antiradang, sehingga dapat meredakan peradangan pada lambung dan mengurangi produksi asam lambung. Dengan begitu, keluhan batuk karena asam lambung pun bisa teratasi.

Selain itu, minum air jahe saat asam lambung naik juga mampu mengurangi atau meminimalkan naiknya asam lambung ke kerongkongan. Meski manfaat jahe untuk asam lambung beragam, tetap batasi konsumsinya. Konsumsi jahe secara berlebihan justru dapat menyebabkan perut kembung hingga nyeri ulu hati.

3. Menggunakan pelembap udara atau humidifier

Penggunaan humidifier di ruangan ber-AC bertujuan untuk menjaga kelembapan udara. Hal ini dianggap efektif untuk meredakan batuk kering, tak terkecuali batuk karena asam lambung.

Namun, pastikan Anda menggunakan humidifier yang terjaga kebersihannya agar manfaat yang diperoleh dapat maksimal. Pasalnya, humidifier yang kotor justu bisa mengotori udara dalam ruangan dan membuat batuk semakin parah.

4. Mengonsumsi obat asam lambung

Anda dianjurkan untuk mengonsumsi obat asam lambung agar penyakit asam lambung yang diderita bisa segera teratasi. Dengan begitu, keluhan batuk karena asam lambung turut membaik.

Obat asam lambung yang bisa meredakan batuk karena asam lambung adalah obat dari golongan proton pump inhibitors (PPIs) atau antasida. Obat ini harus dikonsumsi sesuai saran dokter atau digunakan sesuai petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan.

Perubahan gaya hidup juga diperlukan guna mengatasi batuk karena asam lambung. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

Itulah cara mengatasi batuk karena asam lambung naik. Jika cara tersebut telah diterapkan tapi keluhan batuk masih muncul, Anda dianjurkan untuk melakukan konsultasi ke dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat.