Cara minum pil KB tidak boleh asal-asalan, lho. Jika pil KB dikonsumsi sembarangan, efektivitasnya dalam mencegah kehamilan bisa berkurang. Supaya tidak bingung, yuk, simak penjelasan mengenai cara tepat minum pil KB di artikel berikut.

Pil KB adalah salah satu alat kontrasepsi yang efektif dalam mencegah kehamilan. Metode ini dipilih oleh banyak wanita, karena pil KB tergolong praktis digunakan, mudah dibeli, dan memiliki tingkat keberhasilan tinggi hingga 99,7% jika dikonsumsi dengan benar.

Begini Cara Minum Pil KB yang Benar - Alodokter

Selain untuk mencegah kehamilan, pil KB juga kerap digunakan untuk membantu mengatasi gejala sindrom pramenstruasi (PMS), meringankan gejala perimenopause, meredakan gejala endometriosis, mengatur jadwal menstruasi, dan mengatasi PCOS.

Ini Cara Minum Pil KB

Berdasarkan dari kandungan bahan di dalamnya, pil KB dibagi menjadi 2, yaitu pil KB kombinasi dan pil KB progestin (pil mini). Kedua jenis pil ini memiliki aturan minum yang berbeda-beda.

Berikut adalah cara minum pil KB berdasarkan jenisnya:

Panduan minum pil KB kombinasi

Pil KB kombinasi umumnya mengandung hormon estrogen dan progesteron, serta beberapa pil non aktif (plasebo) yang tidak mengandung hormon.

Pil KB kombinasi dikonsumsi sebanyak 1 pil tiap hari dan bisa dimulai pada kapan saja. Namun, baiknya kamu mulai meminumnya dalam 5 hari setelah menstruasi dimulai. Jadi, setelah menstruasi selesai, pil KB kombinasi ini sudah bisa mencegah kehamilan.

Bila kamu mulai minum pil KB kombinasi di waktu lain ketika tidak menstruasi, kamu harus meminumnya selama 7 hari terlebih dahulu sebelum benar-benar bisa mencegah kehamilan. Selama 7 hari, kamu disarankan untuk menggunakan metode kontrasepsi lain, seperti kondom, ketika berhubungan intim agar tidak hamil.

Pil KB kombinasi hadir dalam banyak merek dengan paket yang bervariasi, yaitu paket pil KB kombinasi 21 hari, 28 hari, 91 hari, dan 365 hari. Untuk lebih jelasnya, ini pandungan cara minum pil KB yang benar berdasarkan paketnya:

  • Paket 21 hari
    Paket ini berisi 21 pil untuk diminum setiap hari selama 21 hari atau 3 minggu. Di minggu ke-4, kamu tak perlu minum pil KB, sebab itu adalah waktu menstruasimu. Setelah minggu ke-4, barulah kamu minum pil KB paket ini lagi, begitu seterusnya,
  • Paket 28 hari
    Paket ini berisi 28 pil untuk diminum setiap hari selama 28 hari atau 4 minggu. Pada hari ke-29, kamu bisa mengulanginya lagi, begitu seterusnya. Pada paket pil KB kombinasi 28 hari terdapat 4−7 pil palesbo (tidak mengandung hormon) untuk diminum di hari-hari terakhir sebagai waktu mestruasimu.
  • Paket 91 hari
    Paket ini berisi 91 pil untuk diminum setiap hari selama 91 hari atau 3 bulan. Sama seperti pil KB kombinasi paket 28 hari, pada paket ini juga terdapat 7 pil plasebo untuk diminum di minggu terkahir. Itu artinya, kamu hanya akan menstruasi setiap 3 bulan sekali.
  • Paket 365 hari
    Pil KB kombinasi paket 365 hari diminum selama 1 tahun panuh, dan berisi berisi pil aktif yang bisa mencegah menstruasi selama setahun. Konsumsi pil KB kombinasi paket ini dalam jangka waktu yang lama bisa membuat menstruasi menjadi lebih ringan atau bahkan menghentikannya.

Panduan minum pil KB progestin

Pil KB progestin hanya terdiri dari pil yang mengandung progestin atau hormon progesteron sintetik.

Biasanya, pil ini diminum oleh wanita yang memiliki efek samping terhadap hormon estrogen, menyusui, merokok, dan berusia lebih dari 35 tahun. Pil KB ini juga mungkin lebih dianjurkan untuk wanita dengan penyakit tertentu, seperti gangguan pembekuan darah, tekanan darah tinggi, dan dermatitis.

Dibandingkan dengan pil KB kombinasi, pil KB progestin memberikan perlindungan untuk mencegah kehamilan lebih cepat, yaitu setelah konsumsi hari ke-2. Pil ini dijual dalam bentuk paket 28 hari.

Pil KB progestin diminum sebanyak 1 pil setiap hari. Namun, pil ini harus diminum di waktu yang sama dengan toleransi keterlambatan selama 3 jam. Misalnya, kamu minum pil ini pertama kali pada pukul 7 pagi, maka kamu harus meminumnya keesokan hari dan seterusnya setiap jam 7 pagi atau paling lambat jam 10 pagi.

Nah, seperti itulah cara minum pil KB sesuai dengan jenisnya. Pastikan kamu menerapkannya dengan baik dan benar. Jangan sampai kamu lupa minum pil KB, sebab hal ini dapat mengurangi efektivitas pil KB.

Biar tidak kelupaan, kamu bisa mengatur alarm untuk memastikan kamu minum pil KB sesuai dengan panduan dan jadwal yang telah ditetapkan, terlebih jika kamu menggunakan pil KB progestin yang harus diminum di waktu yang sama.

Penting untuk diingat bahwa setiap jenis pil KB memiliki efek samping masing-masing dan kecocokannya berbeda pada setiap wanita. Jadi, sebelum meminum pil KB, kamu sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu, ya. Hal ini penting agar dokter dapat memastikan jenis pil KB yang cocok untukmu.

Apabila kamu tidak cocok dengan pil KB, dokter mungkin akan merekomendasikan pilihan alat kontrasepsi lainnya yang bisa kamu pakai.