Melakukan aktivitas di rumah sambil ditemani segelas jus jambu biji terdengar nikmat, ya, Bumil? Selain memiliki rasa yang lezat, jambu biji menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan Bumil dan janin, lho. Penasaran apa saja manfaatnya? Cari tahu di sini, yuk!

Di Indonesia, jambu biji atau guava merupakan salah satu buah yang tergolong mudah ditemukan dan harganya pun cukup terjangkau. Jambu biji juga dikenal sebagai buah yang dapat membantu memperkuat imunitas tubuh. Hal ini karena jambu biji mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan untuk melindungi sel imun dari kerusakan akibat radikal bebas.

Beragam Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil - Alodokter

Ini Manfaat Jambu Biji yang Bisa Bumil Dapat

Dalam 100 gram (1 buah besar) jambu biji terkandung sekitar 87 mg vitamin C. Jumlah ini sudah mencukupi kebutuhan vitamin C harian ibu hamil yang dianjurkan. Selain vitamin C, jambu biji juga mengandung berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan selama kehamilan. Nutrisi tersebut antara lain adalah:

  • Karbohidrat
  • Serat
  • Mineral, seperti kalsium, fosfor, natrium, kalium, tembaga, dan seng
  • Beta karoten
  • Vitamin B1, B2, B3, dan B9

Melihat banyaknya nutrisi yang tekandung di dalam jambu biji, tidak heran lagi jika buah ini menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan, khususnya bagi perkembangan janin. Berikut ini adalah beragam manfaat jambu biji yang sayang untuk Bumil lewatkan:

1. Meningkatkan penyerapan zat besi

Selain menjaga imunitas, vitamin C yang terkandung dalam jambu biji dapat meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh Bumil. Zat besi diketahui memiliki peranan yang penting untuk membantu mengalirkan oksigen ke janin.

Perlu Bumil ketahui bahwa selama kehamilan, jumlah zat besi yang dibutuhkan bertambah 2 kali lipat. Jika kekurangan zat besi, Bumil berisiko mengalami anemia yang bisa membuat Bumil merasa pusing, lelah, dan lemah.

2. Mencegah cacat lahir bayi

Kandungan vitamin B9 atau asam folat dalam jambu biji memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Hal ini karena asam folat berperan penting dalam pembentukan, perbaikan, dan fungsi DNA, yang akan memengaruhi pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin.

Mencukupi nutrisi vitamin B9 atau asam folat selama hamil akan mengurangi risiko terjadinya kecacatan pada otak dan saraf bayi, seperti anensefali dan spina bifida.

3. Mengatasi masalah pencernaan

Masalah pencernaan merupakan hal yang umum terjadi selama kehamilan. Meski begitu, kondisi ini bisa membuat Bumil merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Nah, serat yang terkandung dalam jambu biji dapat membantu meringankan masalah pencernaan yang mungkin Bumil alami, seperti refluks, diare, dan sembelit. Selain itu, mencukupi asupan serat selama hamil akan mencegah Bumil mengalami sembelit.

4. Mengurangi tekanan darah tinggi

Semua ibu hamil berisiko untuk mengalami preeklamsia, yaitu komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi. Nah, Bumil bisa memanfaatkan jambu biji untuk menurunkan risiko terjadinya preeklamsia.

Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa rutin mengonsumsi jambu biji setiap hari bisa menurunkan tekanan darah pada orang yang mengalami tekanan darah tinggi. Walaupun memang harus dilakukan penelitian lebih lanjut, tidak ada salahnya Bumil mencobanya, kan?

5. Mendukung pembentukan organ tubuh janin

Kandungan tembaga dalam jambu biji berfungsi untuk membentuk sel darah merah lebih banyak guna mencukupi kebutuhan oksigen dan nutrisi janin. Tidak itu saja, mineral ini juga mendukung pembentukan jantung, pembuluh darah, serta sistem kerangka dan saraf bayi di dalam kandungan.

Manfaat jambu biji tidak hanya untuk mengatasi masalah kesehatan yang umum Bumil alami, tapi juga dapat mendukung perkembangan janin. Guna mendapatkan manfaat baik tersebut, Bumil disarankan untuk memasukkan jambu biji ke dalam menu makanan harian, ya.

Bumil bisa menyajikan jambu biji dengan cara memakan langsung potongan buahnya atau meminumnya sebagai jus. Pastikan Bumil sudah mencuci bersih dan mengupas kulitnya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya untuk menghindari bakteri yang mungkin menempel pada kulit buah.

Selain dari jambu biji, jangan lupa mencukupi kebutuhan nutrisi dari berbagai makanan sehat lainnya untuk mendukung perkembangan janin, ya. Bumil dapat berkonsultasi dengan dokter guna menentukan pilihan makanan yang baik dikonsumsi selama hamil.