Tidak hanya mencegah penyakit osteoporosis saja, konsumsi makanan yang mengandung vitamin D yang cukup juga membantu mengurangi risiko terjadinya berbagai penyakit, termasuk tekanan darah tinggi, penyakit kanker, penyakit jantung, dan depresi.

Vitamin D memang memiliki peran penting dalam membentuk dan menjaga tulang tetap kuat namun. Namun, ada pula manfaat lain vitamin D yang diperlukan tubuh, seperti mendukung jalannya sistem imun yang optimal.

Berbagai Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin D - Alodokter

Beragam Makanan yang Mengandung Vitamin D

Kita memang dapat memproduksi vitamin D dengan bantuan sinar matahari. Namun, kita juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin D lewat makanan. Berikut ini adalah makanan yang mengandung vitamin D, yang dapat ditemukan dengan mudah:

1. Kuning telur

Kuning telur merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D. Dalam satu buah kuning telur setidaknya terkandung sekitar 40 IU vitamin D. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan vitamin D dari telur, tetap batasi jumlah telur yang Anda konsumsi dalam satu hari.

Pasalnya, satu telur mengandung kira-kira 200 miligram kolesterol. Padahal, mengonsumsi lebih dari 300 miligram kolesterol per hari tidak direkomendasikan demi kesehatan jantung.

2. Jamur

Jamur bisa menjadi pilihan makanan yang mengandung vitamin D bagi Anda yang vegetarian. Sama halnya dengan manusia, jamur memproduksi vitamin D dari paparan sinar UV. Dalam 100 gram jamur jenis portobello misalnya, terkandung setidaknya 400 IU vitamin D.

3. Salmon

Salmon merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D, sumber protein, dan kaya akan kandungan Omega-3 yang dibutuhkan oleh tubuh. 100 gram ikan salmon yang sudah dimasak mengandung sekitar 447 IU vitamin D. Ikan lain yang juga memiliki kandungan vitamin D sama tingginya dengan salmon adalah ikan tenggiri dan ikan sarden.

4. Tuna dalam kemasan

Selain ikan segar, ikan tuna dalam kemasan juga dapat menjadi pilihan. Dalam 100 gram tuna kaleng, terkandung 236 IU vitamin D. Namun saat memutuskan untuk mengonsumsi tuna jenis ini, perhatikan jenis tuna agar terhindar dari tuna kalengan yang mengandung merkuri. Disarankan untuk memilih tuna dalam kemasan dengan label “light” atau batasi konsumsi tuna kaleng setidaknya 200 gram dalam seminggu.

Berapa Kebutuhan Vitamin D Setiap Hari?

Anak-anak, ibu hamil, dan orang dewasa rata-rata membutuhkan 600 IU vitamin D. Namun, kebutuhan vitamin D akan semakin banyak ketika berusia > 70 tahun. Kebutuhan vitamin D pada usia tersebut yaitu sekitar 800 IU per hari.

Jika kekurangan vitamin D, kesehatan Anda bisa saja terganggu. Pada bayi dan anak, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan pertumbuhan yang lambat, kerentanan terhadap infeksi, rakitis, dan kelemahan otot. Sedangkan pada orang dewasa, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan nyeri tulang, kelelahan, dan kerentanan terhadap osteoporosis.

Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin D untuk mencukupi kebutuhan akan vitamin ini. Bila perlu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin D. Namun, sebelumnya Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.