Selain produk pelembap bibir yang beredar di pasaran, pelembap bibir alami juga bisa menjadi pilihan Anda untuk mencegah bibir kering. Anda bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan alami yang dapat dengan mudah Anda temukan di rumah.

Bibir merupakan salah satu bagian tubuh yang tidak memiliki kelenjar minyak, sehingga mudah kehilangan kelembapannya dan tampak kering serta pecah-pecah. Bibir kering tidak hanya dapat mengganggu penampilan, tetapi juga memicu terjadinya infeksi bibir.

4 Pilihan Pelembap Bibir Alami yang Mudah Didapat - Alodokter

Berbagai Bahan untuk Pelembap Bibir Alami

Agar masalah bibir kering teratasi dengan baik, ada beberapa bahan yang dapat Anda gunakan sebagai pelembap bibir alami, di antaranya:

1. Madu

Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam madu diketahui dapat menjaga dan mengembalikan kelembapan kulit bibir, sehingga bisa dijadikan sebagai pelembap bibir alami. Bahkan, mengoleskan madu pada bibir kering juga dapat mencegah terjadinya infeksi.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga memiliki sifat melembapkan, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pelembap bibir alami. Sama seperti madu, Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa secukupnya ke bibir menggunakan jari.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, Anda disarankan untuk mengoleskannya secara rutin setiap selesai mandi atau setelah membersihkan wajah.

3. Minyak zaitun

Mengoleskan minyak zaitun ke bibir juga diyakini mampu mengatasi masalah bibir kering. Jenis minyak ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Caranya adalah dengan mencampurkan minyak zaitun dengan sedikit gula, lalu oleskan ke bibir sebagai scrub bibir.

4. Lidah buaya

Lidah buaya juga bersifat melembapkan, sehingga dapat mengatasi bibir kering  Kandungan antiradang di dalam lidah buaya juga dapat mengatasi bibir pecah-pecah.

Kebiasan yang Dapat Menyebabkan Bibir Kering

Selain menjaga kelembapan bibir dengan pelembap bibir alami, ada beberapa kebiasaan yang sebaiknya Anda hindari karena bisa memicu bibir kering, seperti:

Jilat bibir

Saat bibir terasa kering, banyak orang yang memilih untuk membasahi bibir dengan cara menjilat bibir. Padahal, ini merupakan cara yang salah karena air liur yang menempel di bibir justru dapat membuat bibir menjadi lebih kering dari sebelumnya.

Kurang minum

Saat tubuh tidak cukup cairan, masalah bibir kering dan pecah-pecah bisa saja terjadi. Oleh karena itu, cukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter sehari agar bibir tetap lembap dan tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Pakai lipstik tanpa pelembap

Pemakaian lipstik bisa menyebabkan iritasi kulit bibir dan memicu bibir menjadi kering serta pecah-pecah. Untuk mencegahnya, Anda dianjurkan untuk menggunakan lip balm atau pelembap bibir sebelum memakai lipstik.

Namun, Anda sebaiknya tidak sembarangan memilih pelembap bibir. Perhatikan kembali kandungan di dalamnya, karena beberapa pelembap mengandung fenol, mentol, atau asam salisilat, yang bisa memicu bibir menjadi kering.

Napas melalui mulut

Kebiasaan bernapas melalui mulut bisa menyebabkan bibir semakin kering. Tak hanya bibir kering, kebiasaan ini juga dapat memudahkan kuman masuk ke dalam tubuh dan memicu berbagai penyakit.

Pelembap bibir alami diharapkan dapat menjadi solusi untuk membantu mengatasi dan mencegah bibir kering. Namun, jika penggunaan pelembap bibir alami membuat bibir menjadi iritasi atau muncul reaksi alergi, hentikan penggunaannya.

Bila perlu, Anda bisa konsultasikan ke dokter mengenai pelembap bibir alami atau pelembap bibir lain yang cocok dengan masalah bibir kering yang sedang Anda alami.