Bibir sehat dan merah merona merupakan dambaan banyak orang. Untuk mendapatkannya, ada cara memerahkan bibir secara alami yang mudah dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Bibir merupakan bagian kulit yang memiliki banyak pembuluh darah dibandingkan area kulit lainnya. Adanya pembuluh darah inilah yang membuat bibir memiliki warna merah merona.

6 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami - Alodokter

Jika tidak dirawat dengan baik, bibir bisa menjadi kasar, kering, dan pecah-pecah. Hal tersebut bisa membuat bibir terlihat kusam dan gelap.

Beragam Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

Memerahkan bibir secara alami bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:

1. Lakukan eksfoliasi bibir

Membuang kulit bibir yang terkelupas bisa dilakukan untuk memerahkan bibir secara alami. Caranya, oleskan sedikit gula atau setetes madu pada bibir, kemudian gosok secara perlahan. Setelah itu, keringkan bibir dengan handuk atau lap bersih dan oleskan pelembap bibir.

Selain memerahkan bibir secara alami, membuang kulit bibir yang mengelupas juga akan memberikan tampilan bibir yang lembut dan merona. Namun, jangan lakukan eksfoliasi lebih dari dua kali dalam seminggu agar terhindar dari iritasi pada bibir.

2. Hindari kebiasaan menggigit bibir

Sebagian orang kerap menggigit bibirnya untuk memerahkan bibir. Padahal, kebiasaan tersebut justru bisa membuat bibir pecah-pecah, terluka, dan bahkan berdarah. Oleh karena itu, hindari kebiasaan menggigit bibir.

3. Hentikan kebiasaan merokok

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kebiasaan merokok bisa berdampak buruk bagi kesehatan kulit, termasuk bibir. Merokok juga dapat menyebabkan bibir hitam, sebab produksi zat melanin atau pewarna kulit pada bibir menjadi lebih tinggi.

Oleh karena itu, hentikan kebiasaan merokok mulai dari sekarang juga untuk mendapatkan kulit bibir merah merona dan tentunya tubuh yang sehat.

4. Penuhi asupan air putih

Cara lain untuk memiliki bibir merah merona dan sehat adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Untuk memenuhi asupan cairan tubuh, Anda bisa minum air putih setidaknya 2 liter atau setidaknya 8 gelas setiap harinya. Dengan demikian, bibir tidak kering dan terlihat warna merah alaminya.

5. Lindungi dari paparan sinar matahari

Perubahan warna pada bibir juga bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari. Untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan pelembap bibir dengan kandungan SPF 15 di dalamnya.

6. Pastikan bibir tetap lembap

Selain melindungi dari sinar matahari, pelembap bibir atau lip balm juga digunakan untuk menjaga kelembapan bibir sehingga bibir tidak kering, bersisik, dan pecah-pecah.

Anda pun bisa menggunakan pelembap alami, seperti minyak kelapa, madu, minyak zaitun, cocoa butter, dan petroleum jelly, agar bibir tetap lembap sepanjang hari.

Beberapa cara di atas, bisa menjadi alternatif Anda untuk memerahkan bibir secara alami dibandingkan menggunakan kosmetik yang mengandung bahan-bahan kimia.

Jika bibir Anda terlihat kering dan kusam meski telah melakukan berbagai cara memerahkan bibir secara alami seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.