Ada beragam cara mengecilkan pori-pori yang bisa Anda lakukan melalui kebiasaan sehari-hari. Dengan begitu, kulit Anda pun terlihat lebih mulus, terawat, dan terbebas dari berbagai masalah kulit akibat pori-pori besar, seperti komedo dan jerawat.

Pori-pori adalah lubang kecil di kulit yang berfungsi untuk mengeluarkan minyak alami tubuh agar kulit tetap lembap. Nah, setiap orang memiliki ukuran pori-pori yang berbeda. Biasanya, orang dengan tipe kulit berminyak memiliki pori-pori yang lebih besar.

7 Cara Mengecilkan Pori-Pori Tanpa Merusak Kulit - Alodokter

Meski jumlah sebum atau minyak yang dihasilkan tubuh tidak dapat dikendalikan, Anda bisa menghilangkan kelebihan minyak dari permukaan kulit agar pori-pori tidak membesar. Hal ini karena pori-pori kulit yang besar rentan tersumbat oleh kotoran dan produksi minyak berlebih di kulit.

Ketika pori-pori tersumbat, pori-pori akan meregang dan mudah mengalami masalah kulit, seperti komedo dan jerawat. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki pori-pori besar, penting untuk mengetahui cara mengecilkan pori-pori yang tepat agar masalah kulit tersebut tidak Anda alami.

Beragam Cara Mengecilkan Pori-pori

Ada beberapa cara mengecilkan pori-pori yang dapat Anda coba agar kulit tampak lebih mulus, yaitu:

1. Memilih produk perawatan kulit yang tepat

Salah satu cara mengecilkan pori-pori yang terpenting adalah memilih produk perawatan kulit yang tepat. Agar Anda tidak salah pilih, carilah produk yang berlabel noncomedogenic, bebas minyak (oil free), bebas alkohol, dan berbahan dasar air.

Selain itu, pilihlah pembersih wajah yang mampu menghilangkan kotoran dan minyak berlebih tanpa menghilangkan kelembapan kulit sekaligus mengencangkan pori-pori. Salah satu kandungan produk perawatan kulit yang cukup efektif adalah asam glikolat.

Untuk pori-pori besar dan kulit berminyak, sebaiknya pilihlah produk pembersih wajah berbentuk gel. Sementara itu, untuk kulit normal dan kulit kering, Anda bisa memilih produk pembersih wajah berbentuk krim.

2. Membersihkan wajah dengan cara yang tepat

Selain teliti menggunakan produk perawatan kulit, Anda juga harus membersihkan wajah dengan tepat agar tidak memperlebar pori-pori. Berikut ini adalah cara membersihkan wajah yang bisa Anda terapkan:

  • Basuh wajah dengan air hangat.
  • Oleskan produk pembersih ke wajah secukupnya.
  • Pijat lembut wajah dan leher dengan gerakan melingkar selama 30–60 detik.
  • Hindari menggosok wajah dengan kencang untuk mencegah iritasi dan peradangan kulit yang dapat membuat pori-pori tampak lebih besar.
  • Bilas dan keringkan dengan cara menepuk-nepuk wajah menggunakan handuk berbahan lembut.

Anda juga disarankan untuk membersihkan wajah 2 kali sehari, setiap pagi dan malam sebelum tidur, agar pori-pori tetap bersih dan terhindar dari jerawat.

3. Melembapkan kulit secara rutin

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan oleh pemilik kulit berminyak adalah tidak menggunakan pelembap wajah karena takut wajah semakin berminyak. Padahal, penggunaan pelembap sangat penting untuk membantu minyak alami menyerap ke lapisan kulit lebih dalam.

Ini tentunya tidak hanya mengurangi produksi minyak pada kulit, tetapi juga mampu menghidrasi kulit dengan baik. Ketika sel-sel kulit terhidrasi dengan baik, pori-pori pun akan tampak lebih kecil karena pori-pori yang terbuka telah terisi oleh kandungan air dari pelembap.

Untuk mencegah pori-pori tersumbat, pilihlah produk pelembap wajah yang bebas minyak dan berbahan dasar air.

4. Menggunakan tabir surya setiap hari

Penggunaan tabir surya sangat bermanfaat untuk melindungi kulit, apalagi bagi Anda yang ingin mengecilkan pori-pori. Hal ini karena paparan sinar matahari bisa merusak kulit serta membuat kulit menjadi kering dan pori-pori pun lebih terlihat. Anda bisa memilih produk tabir surya berbahan dasar air dengan minimal SPF 30 atau lebih tinggi.

5. Melakukan eksfoliasi kulit

Cara mengecilkan pori-pori kulit yang juga penting dilakukan adalah melakukan teknik pengelupasan kulit atau eksfoliasi. Selain mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih di wajah, pengelupasan kulit wajah dengan teknik scrubbing juga bisa menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit.

Namun, sebaiknya lakukan teknik eksfoliasi hanya 2 kali seminggu dan pilihlah produk yang menggunakan asam glikolat, asam alfa-hidroksi (AHA), atau asam beta-hidroksi (BHA) yang juga dikenal sebagai asam salisilat.

Selain dapat memaksimalkan manfaat pengelupasan kulit, bahan-bahan tersebut juga dapat menembus jauh ke dalam pori-pori untuk mengobati jerawat.

6. Menggunakan masker wajah secara rutin

Penggunaan masker wajah juga perlu dilakukan sebagai cara mengecilkan pori-pori. Salah satu jenis masker yang cocok untuk mengatasi pori-pori besar adalah clay mask atau masker tanah liat.

Jenis masker ini mampu mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan minyak berlebih, sehingga pori-pori terlihat lebih kecil. Anda disarankan untuk menggunakan masker tanah liat 1–2 kali setiap minggu, tetapi tidak pada hari yang sama saat Anda melakukan eksfoliasi kulit karena dapat memicu iritasi.

7. Menjaga kulit tetap bersih selama tidur

Membersihkan riasan atau make up sebelum tidur penting untuk selalu dilakukan. Jika dibiarkan semalaman, tidur dengan make up yang masih menempel di kulit wajah tak hanya bisa membuat pori-pori tersumbat dan menjadi lebih besar, tetapi juga merusak kulit.

Itulah berbagai cara mengecilkan pori-pori yang bisa Anda lakukan. Jika berbagai cara tersebut belum mampu mengatasi keluhan yang Anda alami, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar bisa diberikan penanganan yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulit Anda.