Ada berbagai cara mempertahankan ereksi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah disfungsi ereksi, mulai dari konsumsi makanan bernutrisi hingga berhenti merokok. Dengan demikian, hubungan Anda dan pasangan pun akan lebih harmonis.

Disfungsi ereksi adalah ketidakmampuan penis untuk mencapai atau mempertahankan ereksi saat melakukan hubungan seksual. Kondisi ini dapat menurunkan kepercayaan diri pria, bahkan bisa mengganggu keharmonisan hubungan dengan pasangan.

Berbagai Tips dan Cara Mempertahankan Ereksi bagi Pria - Alodokter

Berbagai Penyebab Gangguan Ereksi

Risiko terjadinya disfungsi ereksi biasanya meningkat seiring pertambahan usia. Selain itu, gangguan ereksi juga bisa terjadi karena beberapa hal, yaitu:

  • Penyakit atau kondisi medis tertentu, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, stroke, obesitas, dan penyakit saraf
  • Gangguan kesehatan mental, misalnya depresi
  • Riwayat operasi pada prostat atau penis
  • Efek samping obat-obatan, seperti antidepresan, antihistamin, obat penurun tekanan darah, kemoterapi, terapi hormon, dan obat untuk mengatasi gangguan prostat
  • Kebiasaan hidup yang kurang sehat, seperti jarang berolahraga, sering merokok, mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, atau memakai narkoba

Cara mempertahankan ereksi yang paling penting adalah mengetahui dulu penyebabnya agar bisa diobati atau dicegah.

Berbagai Cara Mempertahankan Ereksi

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara mempertahankan ereksi, sekaligus cara untuk meningkatkan performa seksual Anda:

1. Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Mengonsumsi makanan bernutrisi dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke area penis, sehingga ereksi pun dapat bertahan lebih lama. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat yang dapat Anda konsumsi untuk mempertahankan ereksi:

  • Buah-buahan, seperti alpukat, cabai, dan semangka
  • Rempah-rempah, seperti bawang putih, bawang bombay, dan lada
  • Makanan laut, seperti ikan salmon, tuna, dan kerang
  • Cokelat hitam
  • Kacang
  • Telur

2. Olahraga secara rutin

Olahraga seperti berjalan kaki, berlari, berenang, dan latihan aerobik, dapat membuat sirkulasi darah dalam tubuh lebih lancar. Beberapa riset menunjukkan bahwa pria yang rutin berolahraga dapat mengalami penurunan risiko untuk mengalami disfungsi ereksi hingga 41 persen.

Tak hanya baik untuk mempertahankan ereksi, olahraga secara rutin juga baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Rekomendasi waktu olahraga yang disarankan adalah 30 menit setiap hari atau minimal 3–5 kali per minggu.

Anda bisa mencoba berbagai jenis olahraga untuk meningkatkan performa seksual, tetapi tidak disarankan untuk bersepeda terlalu lama karena olahraga ini dapat mengurangi kelancaran aliran darah pada penis. Hal ini diduga dapat meningkatkan risiko terjadinya disfungsi ereksi.

3. Lakukan senam Kegel

Senam Kegel merupakan salah satu cara mempertahankan ereksi yang baik dan bahkan dapat mengatasi ejakulasi dini. Olahraga ini dapat memperkuat otot panggul, sehingga menjaga penis tetap mengeras pada saat ereksi.

4. Kurangi stres

Saat mengalami stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol. Sebagai dampaknya, Anda pun akan kesulitan untuk mempertahankan ereksi dan berisiko mengalami penurunan libido.

5. Jaga berat badan agar tetap ideal

Memiliki berat badan ideal juga termasuk salah satu cara mempertahankan ereksi yang baik. Sebuah studi menyatakan bahwa pria obesitas lebih banyak mengalami masalah disfungsi ereksi daripada pria dengan berat badan ideal.

Hal ini berdasarkan dugaan bahwa pria obesitas lebih rentan terkena diabetes dan kolesterol tinggi, sehingga ereksi sulit dipertahankan.

6. Batasi konsumsi minuman beralkohol

Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat mengganggu fungsi hati dan kelancaran aliran darah. Hal ini pun dapat mengganggu kemampuan Anda untuk mempertahankan ereksi.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk membatasi konsumsi minuman beralkohol sebagai salah satu cara mempertahankan ereksi.

7. Hentikan kebiasaan merokok

Kandungan nikotin di dalam rokok bisa menyebabkan aliran darah ke penis terganggu, sehingga membuat penis sulit ereksi. Mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok bisa dilakukan sebagai cara untuk mempertahankan ereksi.

Tak hanya itu, beberapa studi juga mengungkapkan bahwa performa seksual bisa meningkat dengan berhenti merokok.

Dengan mengikuti berbagai cara mempertahankan ereksi di atas, Anda dan pasangan bisa mencapai kenikmatan seksual secara maksimal dan hubungan pun menjadi lebih harmonis.

Namun, bila berbagai cara mempertahankan ereksi tersebut belum efektif dan Anda masih mengalami masalah disfungsi ereksi, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan pengobatan yang tepat, sesuai kondisi Anda.