Seiring pertambahan usia, kemampuan mengingat dan konsentrasi bisa saja menurun. Untuk mengatasinya, ada cara meningkatkan daya ingat yang dapat Anda lakukan. Dengan demikian, kemampuan mengingat Anda tetap optimal dan tidak termakan usia.

Penurunan daya ingat atau pikun merupakan kondisi yang umum terjadi seiring bertambahnya usia. Namun, bukan berarti Anda harus pasrah menerima kondisi tersebut.

6 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi - Alodokter

Nah, agar daya ingat dan konsentrasi tetap terjaga, Anda dapat melakukan beberapa upaya dan salah satunya adalah dengan menjalani pola hidup sehat.

Cara Meningkatkan Daya Ingat dengan Pola Hidup Sehat

Daya ingat dan konsentrasi erat kaitannya dengan fungsi otak. Oleh karena itu, untuk memiliki daya ingat dan konsentrasi yang baik, kesehatan otak harus tetap terjaga dan terpenuhi nutrisinya.

Salah satu tips ampuh yang bisa Anda lakukan untuk menjaga dan meningkatkan daya ingat adalah dengan menjalani pola hidup sehat, seperti:

1. Perhatikan asupan nutrisi

Otak tentu memerlukan asupan makanan bergizi agar dapat berfungsi dengan optimal. Perbanyak konsumsi makanan, seperti sayuran hijau, ikan, teh hijau, dan kacang-kacangan, agar fungsi otak lebih terjaga.

Selain itu, kurangi atau batasi konsumsi minuman beralkohol. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah berlebihan, bisa berdampak buruk pada fungsi kognitif atau proses berpikir dan memori seseorang.

2. Rutin olahraga

Olahraga secara rutin juga dinilai sebagai cara yang tepat untuk menjaga daya ingat dan konsentrasi tetap optimal. Ada beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan otak, antara lain:

  • Melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh dan meningkatkan suplai darah ke otak
  • Mengurangi peradangan
  • Mendorong perkembangan sel saraf baru
  • Mengurangi resistensi insulin
  • Merangsang pelepasan zat biokimiawi yang berpengaruh pada kesehatan otak

Anda disarankan untuk melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, lari, atau berenang selama kurang lebih 30 menit setiap harinya.

3. Lakukan senam otak

Selain menjaga nutrisi dan berolahraga, otak juga perlu dilatih agar kemampuannya tetap terjaga. Senam otak dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu mengisi teka-teki silang, bermain puzzle, membaca, bermain catur, menguji ingatan dengan menghafal gambar, atau belajar memainkan alat musik.

4. Biasakan diri mengorganisir hal-hal kecil

Sering sekali seseorang lupa akan barangnya karena diletakkan di sembarang tempat. Oleh karena itu, cobalah merapikan barang-barang pribadi di sekitar Anda.

Mulai dari hal-hal sepele, seperti menaruh barang kembali pada tempatnya, menulis agenda harian, dan membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai. Hal tersebut akan membuat otak lebih fokus, sehingga daya ingat tetap terjaga.

5. Cukupi istirahat

Istirahat yang cukup berperan penting dalam menjaga fokus dan kemampuan mengingat. Saat tidur, ingatan seseorang akan menyusun kembali informasi dari hal-hal yang sudah terjadi.

Cukup istirahat akan membuat tubuh terasa bugar dan terhindar dari stres. Biasanya, orang dewasa membutuhkan sekitar 7–9 jam untuk tidur. Selain itu, tidur yang berkualitas juga dapat membantu Anda untuk mengingat dan mempelajari sesuatu hal yang baru.

6. Aktif bersosialisasi

Aktif bersosialisasi dan menjalin komunikasi, misalnya dengan teman, sahabat, dan orang-orang terdekat adalah salah satu cara meningkatkan daya ingat yang efektif.

Berkumpul dengan mereka memungkinkan Anda terbebas dari stres dan depresi. Kedua kondisi tersebut sangat erat kaitannya dengan penyebab menurunnya daya ingat.

Untuk beberapa kondisi, penggunaan obat-obatan atau suplemen juga dapat dilakukan untuk meningkatkan daya ingat. Namun, konsultasikan lebih dulu ke dokter untuk memastikan efektivitas dan risiko yang dapat muncul.

Beragam Cara Meningkatkan Konsentrasi

Selain daya ingat, konsentrasi juga berperan penting dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Dengan konsentrasi yang baik, produktivitas dapat meningkat dan kesalahan dalam pekerjaan pun dapat dihindari.

Nah, ada beberapa cara meningkatkan konsentrasi yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  • Perhatikan dengan saksama setiap informasi dan hal yang sedang Anda lakukan. Anda tidak dapat berkonsentrasi melakukan suatu hal jika Anda tidak memperhatikan dan menyimak apa yang ditugaskan untuk Anda.
  • Buatlah prioritas tugas atau pekerjaan dan lakukan satu pekerjaan pada satu waktu. Hal ini dapat membantu konsentrasi Anda tidak terganggu.
  • Buatlah catatan tentang hal-hal penting apa saja yang harus Anda lakukan. Catatan ini bisa menjadi pengingat Anda.
  • Matikan telepon genggam agar tidak mengganggu konsentrasi Anda ketika bekerja atau belajar.
  • Istirahatkan pikiran Anda sejenak setelah beberapa waktu bekerja untuk meningkatkan konsentrasi Anda.

Terapkanlah cara-cara di atas sebagai bagian dari kebiasaan sehari-hari untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi Anda.

Namun, jika daya ingat dan konsentrasi Anda tak kunjung membaik atau bahkan menurun drastis, segera konsultasikan hal tersebut ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan penanganan sesuai keluhan yang Anda alami.