Sejak ribuan tahun lalu, ginkgo biloba telah dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional di berbagai negara, seperti Cina, Korea, dan Jepang. Tanaman ini dipercaya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat.

Penurunan fungsi otak dan gangguan memori tidak hanya disebabkan oleh faktor usia atau penuaan, tetapi bisa juga oleh kondisi medis tertentu, seperti demensia dan penyakit Alzheimer.

Mengenal Manfaat Ginkgo Biloba untuk Kesehatan Otak - Alodokter

Untuk mencegah dan meringankan gangguan tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu menjalani gaya hidup sehat dan menggunakan obat-obatan dari dokter.

Anda juga bisa memanfaatkan obat atau suplemen herba yang mengandung ginkgo biloba. Bahan ini diketahui berkhasiat untuk mengatasi gangguan ingatan, terutama pada para lansia.

Berbagai Manfaat Ginkgo Biloba bagi Kesehatan

Ginkgo biloba mengandung antioksidan yang cukup tinggi, sehingga berperan penting dalam mencegah dan memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan radikal bebas. Selain itu, ginkgo biloba juga memiliki efek pengencer darah yang dapat melancarkan aliran darah di dalam tubuh, termasuk di otak.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa manfaat ginkgo biloba bagi kesehatan, di antaranya:

1. Menjaga kesehatan otak

Ginkgo biloba diketahui mampu memperbaiki dan meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga kesehatan otak dapat terjaga. Efek tersebut membuat tanaman herba ini baik dikonsumsi untuk memelihara dan meningkatkan daya ingat serta konsentrasi.

Pada orang yang sehat, konsumsi ginkgo biloba juga dapat menurunkan risiko terjadinya pikun atau demensia.

2. Meningkatkan daya ingat pada penderita penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer merupakan gangguan otak yang berdampak pada menurunnya daya ingat dan kemampuan berpikir secara drastis. Kondisi ini umumnya terjadi pada lansia. Namun, bukannya tidak mungkin orang yang lebih mudah juga bisa mengalaminya.

Hingga saat ini, penyakit Alzheimer belum bisa disembuhkan. Namun, beberapa riset menunjukkan bahwa penggunaan suplemen ginkgo biloba dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan berpikir pada penderita penyakit ini, khususnya yang sudah berusia lanjut.

Pemberian suplemen ginkgo biloba juga dapat mencegah dan meringankan gejala pikun atau demensia ringan.

3. Memelihara fungsi dan kesehatan mata

Ginkgo biloba kaya akan kandungan antioksidan dan zat aktif yang dapat memperlancar aliran darah.

Selain baik untuk kesehatan otak, ginkgo biloba juga baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan mata dan menurunkan risiko terjadinya penyakit pada mata, seperti degenerasi makula, glaukoma, dan katarak.

4. Melancarkan aliran darah

Di dalam tubuh, ginkgo biloba dapat meningkatkan aliran darah dengan melebarkan pembuluh darah. Efek ini baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otak serta mengurangi risiko terjadinya penyakit tertentu, seperti penyakit kardiovaskular dan penyakit arteri perifer.

Selain yang sudah disebutkan di atas, ginkgo biloba juga dipercaya memiliki beberapa manfaat berikut:

  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Meredakan peradangan
  • Menenangkan pikiran dan meredakan kecemasan
  • Meredakan nyeri payudara akibat premenstrual syndrome (PMS)
  • Mengatasi sakit kepala dan migrain
  • Menghambat pertumbuhan sel kanker

Namun, data mengenai efektivitas dan efek samping ginkgo biloba sebagai pengobatan hingga saat ini masih terbatas, sehingga perlu diteliti lebih lanjut.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengonsumsi Ginkgo Biloba

Meski tergolong alami, bukan berarti ginkgo biloba tidak menimbulkan efek samping. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang bisa terjadi akibat konsumsi ginkgo biloba:

Selain itu, ada hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengonsumsi ginkgo biloba agar tidak membahayakan kesehatan, di antaranya:

  • Usahakan untuk mengonsumsi ginkgo biloba dalam bentuk obat atau suplemen dan telah terdaftar di BPOM RI.
  • Hindari konsumsi biji ginkgo biloba mentah, karena dapat menyebabkan keracunan.
  • Hindari konsumsi ginkgo biloba, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes, epilepsi, dan gangguan kesuburan.
  • Hindari pula menggunakan ginkgo biloba, jika sedang menjalani pengobatan tertentu, seperti obat pengencer darah.

Ibu hamil dan ibu menyusui juga tidak disarankan untuk mengonsumsi ginkgo biloba, karena herba ini berisiko menyebabkan kelahiran prematur atau perdarahan selama persalinan.

Ginkgo biloba memang dinilai baik bagi kesehatan, terutama untuk memelihara fungsi otak dan meningkatkan daya ingat. Namun, hal ini juga perlu disertai dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga, tidur yang cukup, melakukan senam otak, mengonsumsi makanan bergizi, dan tidak merokok.

Jika Anda ingin mengonsumsi ginkgo biloba, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter agar dokter dapat menyarankan dosis penggunaan suplemen ginkgo biloba sesuai dengan kondisi Anda.