Anda mungkin sudah tidak asing dengan video mukbang. Tren makan dalam porsi besar yang berasal dari Korea Selatan ini menjadi sangat populer di internet beberapa tahun terakhir. Nah, bila Anda penonton setia mukbang, ternyata ada dampak positif dan negatif dari menonton video ini, lho.

Mukbang berasal dari kata meokneun yang artinya makan dan bangsong yang berarti siaran. Dengan demikian, mukbang dapat diartikan sebagai aktivitas makan yang disiarkan melalui platform video daring atau internet.

Dampak Positif dan Negatif dari Menonton Video Mukbang bagi Kesehatan - Alodokter

Variasi hidangan dan kemampuan makan dalam waktu singkat menjadi tontonan menarik dan dianggap menghibur bagi sebagian orang. Di sisi lain, terlalu sering menonton tayangan mukbang ternyata bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Jadi, apa saja dampak positif dan negatif dari menonton video mukbang?

Dampak Positif dari Menonton Video Mukbang bagi Kesehatan

Ada beberapa dampak positif dari menonton video mukbang yang bisa Anda peroleh, di antaranya:

Mengatasi kesepian

Kesepian bisa dialami oleh siapa saja dan terjadi kapan saja, apalagi dalam situasi pandemi seperti saat ini. Pandemi membuat banyak orang merasa sepi dan terisolasi. Hal ini berisiko menyebabkan gangguan psikologis, seperti stres berat hingga depresi.

Untuk mengatasi kesepian, menonton tayangan mukbang bisa menjadi pilihan, terutama di waktu makan. Saat menonton video tersebut, Anda bisa merasa seperti memiliki teman makan sehingga tidak merasa sendiri.

Mengurangi stres

Stres bisa disebabkan oleh banyak faktor mulai dari tekanan pekerjaan, masalah keluarga, atau masalah pribadi dengan pasangan. Untuk mengatasinya, Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk menonton video di internet.

Menurut penelitian, menonton hiburan di internet atau televisi, misalnya acara mukbang, bisa membuat Anda merasa bahagia dan terhibur. Hal ini dikarenakan otak menghasilkan hormon serotonin, dopamin, dan endorfin yang membuat suasana hati menjadi lebih baik, sehingga stres pun berkurang.

Meningkatkan nafsu makan

Penurunan nafsu makan dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti stres, penyakit tertentu, hingga efek samping obat-obatan.

Jika tidak segera diatasi, nafsu makan yang menurun akan berpengaruh pada berat badan dan menyebabkan gangguan kesehatan. Untuk mengatasinya, cobalah menonton video mukbang.

Menurut beberapa riset, orang-orang yang menonton video mukbang dapat mengalami peningkatan nafsu makan. Hal ini diduga disebabkan oleh pelepasan hormon serotonin, endorfin, dan dopamin, yang menyebabkan penontonnya merasa bahagia dan termotivasi untuk makan lebih banyak.

Dampak Negatif dari Menonton Video Mukbang bagi Kesehatan

Di samping dampak positif yang dapat diperoleh, menonton video mukbang ternyata juga bisa memberikan dampak negatif bagi penontonnya. Berikut ini adalah beberapa dampak negatif dari menonton video mukbang yang mungkin bisa terjadi:

Memicu gangguan makan

Tren mukbang dinilai menampilkan cara makan berlebihan yang dapat memicu gangguan makan berlebihan atau binge eating disorder. Gangguan makan ini membuat penderitanya sulit mengatur porsi makan atau memilih jenis makanan yang dikonsumsi.

Lama-kelamaan, binge eating disorder bisa menimbulkan masalah kesehatan, seperti obesitas. Selain itu, gangguan makan berlebihan juga dikhawatirkan dapat menyebabkan bulimia. Hal ini bisa saja terjadi jika penderita gangguan makan berlebih merasa terobsesi untuk memperoleh berat badan ideal.

Mendorong penonton mengonsumsi makanan tidak sehat

Dampak negatif mukbang lainnya adalah mendorong penontonnya untuk mengonsumsi makanan yang dikonsumsi oleh kreator mukbang. Bahkan, tak jarang jenis makanan yang dikonsumsi pada acara tersebut adalah makanan yang tidak sehat, misalnya junk food atau makanan yang terlalu pedas.

Jika Anda mengonsumsi makanan cepat saji dalam porsi banyak dan terlalu sering, hal ini tentu membuat Anda lebih berisiko mengalami obesitas dan penyakit lain, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit kardiovaskular.

Menonton video mukbang memang memiliki manfaat, terutama bagi Anda yang mencari hiburan untuk mengatasi kesepian atau stres. Jika Anda merasakan peningkatan nafsu makan setelah menonton, pastikan Anda mengonsumsi makanan dalam porsi secukupnya dan menghindari makanan cepat saji, ya.

Perlu Anda ingat pula bahwa makan dalam jumlah banyak dan waktu singkat tidaklah baik untuk kesehatan. Kunyahlah makanan hingga cukup halus sebelum ditelan, sehingga tubuh dapat mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi.

Apabila setelah menonton mukbang Anda justru merasakan gangguan makan seperti binge eating disorder atau bulimia, janganlah ragu berkonsultasi ke psikolog atau psikiater agar dapat ditangani dengan tepat.